20 November 2010

BISNIS MEMBUAT'' WATTERBOOM DAN KOLAM RENANG DARI FIBERGLAS: UNTUNG NYA WAH''

INDONESIA PLASA BY: TONI.S


BAHAN NYA SAMA DENGAN CARA BIKIN KAPAL DARI FIBERGLASS
LIHAT DISINI..http://radarjambi.blogspot.com/2010/11/lihat-orang-buat-kapal-dari-fiberglas_19.html


Semua orang tau jalan-jalan ke puncak Bogor pasti menyenangkan… udara segar, kebun teh… dll. Dan salah satu dari ratusan hotel disana ada sebuah hotel bintang 4 yang cukup Mantap…
Cerita punya cerita, gua diajak untuk berdiskusi tentang fasilitas tambahan apa yang cocok untuk Hotel Yasmin. Yaa… area kolam renang masih standart kebanyakan hotel. Lihat aja seperti gambar ini…
Hotel Yasmin kondisi awal

Hotel Yasmin kondisi awal
Setelah beberapa hari sekembalinya dari lokasi, kami… ( endo & juni ) berpikir tentang konsep & ide apa yang cocok untuk merubah kolam yang ada menjadi luar biasa… dan hasilnya seperti ini…
Hotel Yasmin dengan Water Slide baru
Hotel Yasmin dengan Water Slide baru
Dengan Slide Spiral & Slide Race…. berubah view diarea Hotel Yasmin sekarang. Slide Spiral diketinggian 10 meter nampak gagah dan mewah apalagi ditambah Slide Race yang memancing andrenalin…..
Dengan penambahan water slide di Hotel Yasmin, bikin Hotel Yasmin lebih berkelas…… Nah lihat lagi perubahan pada restorannya, kebayangkan sambil makan liat orang-orang bermain di waterboom.
Sekarang sudah ngga jaman lagi klo ada kolam renang ngga ada seluncuran atau waterboom nya …… berasa garing

Located at Puncak Mountain Resort area of West Java. Travelling time from Soekarno-Hatta International Airport is 3 hours, from Jakarta is 2 hours and 1 hours 30 minutes to Bandung City.
YASMIN is also close to several tourist attraction such as the Presidential Cipanas Summer Palace, Cibodas Botanical Garden, Ciloto Telaga Warna (multi-coloured lake) and Cisarua Safari Zoological Park.



Waterpark bisnis masa depan, tidak hanya kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Bali dll yang rame2 bikin waterpark, kota-kota kecil sekarang juga sudah mulai melirik bisnis ini.
Kita semua butuh hiburan, kita juga perlu penyegaran. Waterpark adalah salah satu alternatif hiburan dimasa depan.




Namun ada hal yang penting dalam membangun bisnis ini….. dan tidak semua orang pebisnis ini tahu hal tersebut. Investasi yang besar terkadang tidak sesuai dengan harapan… karena apa.?
…”mari kita sama2 cari jawabannya..”

Dibutuhkan orang2 yang special dalam membangun Waterpark, karena uniknya disini, kita harus dapat memadukan antara Art/seni, Estetika, Kontruksi dan Teknologi. Maka dari itu… KONSEP dan Imajinasi menjadi titik nadi dalam membangun waterpark.

Tanpa adanya konsep, tak ubahnya kita seperti membeli barang perabotan rumah yang kita taro sesuka hati kita, kadang ngga me’cing, kadang bocor sana-sini, kadang ngga sesuai fungsinya, malah kadang2 ngga nyambung…..
Alhamdulillah, saat ini kami dipercaya untuk terlibat dalam project Queen Star Waterpark di kab. Siak Riau. sekitar 2,5jam perjalanan dari kota Pekanbaru.
Seperti biasa, kebiasaan awal site visit dulu sebelum mulai ………..


Dari site visit barulah kita pikirin konsep yang tepat…………………
Gua coba angkat tema kodok, dunia kodok menurut gua sangat menarik dan lucu baik utk anak-anak juga dewasa. ada kodok maen musik, ada kodok maen air… wah… pokoknya fantastik
ini gambar skesa-nya:






Rencana Desain
Tinggi menara : 6 meter
Diameter Slide: 70 cm
Terdiri dari : 1 Menara, 2 Slide spiral, 1 Slide bentuk L


Tahap Produksi

Tahap Installasi Finishing Waterslide









Lokasi : Villa Tjokro Cisarua Puncak Bogor
Slide Waterpak tidak harus jatuh ke kolam, ada beberapa cara yang dapat dibuat untuk mengoptimalkan Slide Water park jika lokasi atau area tidak cukup luas.
Ya salah satu caranya adalah Slide jatuh di lokasi taman.
“makanya slide water boom ngga selamanya jatuh ke kolam, ditaman kering pun dapat di buat slide water boom”
Berikut Tahap Installasi Slide water park di Villa Tjokro Cisarua Puncak Bogor Jawa Barat:




Tahap Installasi Slide





tahap konstruksi pemasangan tiang-tiang support untuk dudukan water slide


DESAIN WATER SLIDE



Rencana gua akan ada proyek di Garden Green For Bukit Takal Waterpark, Kemaman, Terengganu, Malaysia. Lokasinya 3 jam lebih dari Kuala Lumpur (KL). Konsep yang sangat unik menurut gua. Dengan area ditengah hutan dibuatlah waterpark. Dan ini bener-bener the Jungle karena slide-slide ada diantara pohon2 di hutan dengan kontur daerah yang berbukit2.
berikut cuplikannya………… site survey




Rencana Desain Slide:


Pembuatan Patung binatang seperti Burung, Gajah, Kuda, Kodok, Pinguin, Jerapah, Beruang dan lain-lain banyak gua temui dijalan-jalan raya. Tapi kebanyakan mereka bikin dari bahan dasar semen dengan rangka besi.
Gua coba sedikit cerita pembuatan patung binatang dari bahan Fiberglass. Seperti yang udah-udah gua buat sebelumnya. Sebagai catatan Pembuatan Patung dari Fiber banyak keuntungannya:
1. Bahannya Ringan
2. Bentuknya lebih baik, karena klo semen… sekali salah harus dibobok
3. Pembuatannya relatif mudah
4. Harganya Relatif Mahal dibanding Patung semen …… “ini yg ngga enak”
Berikut cuplikan Pembuatan Patung Beruang dari Fiberglass:
A. PEMBUATAN MODEL


pembuatan model bisa dari bahan apa aja, mulai dari polyuretan, gips, kayu pokoknya bebas aja sesuai kebiasaan dan keyakinan masing-masing …..
B. Finishing Model & Pelapisan dasar Fiberglass


Model yang udah dibuat, lalu di finishing sekaligus dibentuk sesuai keinginan, setelah itu baru dilapisi dasar fiberglass biar ngga berubah bentuknya….
abis itu di lapisi dempul mobil sekaligus dibentuk lagi….
seperti gambar ini:

Setelah proses pendempulan selesai, Patung beruang diamplas (difinishing) sambil dibentuk lagi… trus di buat moulding cetakan
terakhir tinggal dicetak…. jadi deh



Dalam mendisain slide untuk waterpark bisa dibilang susah-susah gampang…………….. dibilang gampang kenyataannya susah, dibilang susah yaaaa… emang susah… (bingung deh..)
Kebayangkan slider yang tinggi, berkelok-kelok, muter2… lurus trus jebur, gimana bikinnya..?
gambarnya aja udah pusing apalagi bikinnya….
Ada beberapa problem yang sering terjadi dalam pembuatan Slider yang akibatnya bisa sangat fatal..????? Orang meluncur dari ketinggian keluar dari jalur slide….. (serem… bisa game over)
ini hal2 yang prinsip yang harus dicatat:
  • Ngga semua disain / gambar engineering / shop drawing …. apalah itu nama sebutannya, blom tentu bisa diterapkan dilapangan (diproyek), So… gambar/disain slide yang BAIK adalah disain yang simple, Slide fiberglass-nya mudah dikerjakan, installasinya gampang dan ekonomis.
  • Disain yang rumit tanpa mengerti prinsip dasar pembuatan Slide Fiberglass bisa bikin “stress” biasanya disain2 slide seperti ini gua dapet dari Architect2 yang baru buat slide.
  • Problem-problem yang Bikin “Stress” dalam pembuatan Slide Waterpark:
  1. Dimana Menara harus diletakkan..?
  2. Berapa ketinggian saat pertama kita meluncur?
  3. Berapa diameter slider..?
  4. Berapa kedalaman kolam..?
  5. Berapa derajat kemiringan Slide..?
  6. Gimana bentuk Slide… terbuka..? tertutup…?
  7. Pola disain Slide.. belok-belok, lurus… muter2….?
  8. Ketebalan Fiber..? System support utk fiber…?
  9. Penentuan titik support………….
  10. dan masih banyak lagi………………………………
Jadi kebayangkan… nge-disain Slide Waterpark bisa dibilang Susah-susah gampang..
Susahnya klo disainernya ngga tau prinsip & cara bikin fiberglass
Gampangnya klo antara disainer orang fiberglass sama-sama paham ilmunya
Harga Slide Waterpark bisa Jadi sangat mahal dikarenakan pemaksaan orang disain yang mengharuskan Fiberglass mengikuti gambar, Namun harga bisa jadi ekonomis klo disainnya ngerti banget prinsip dasar difiberglass
Makanya gua juga bingung, knapa yang berlaku dipasaran adalah harga per-meter lari… biar gampang kali yaaaaaaaaaaa…..
Cuma yang harus gua sampaikan dalam penentuan harga adalah:
1. Bentuk / pola disain Slide…. ini menyangkut masalah pembuatan
difiberglass-nya (biasanya gua minta gambar disain sebelum kasih harga)
2. Panjang lintasan…….. makin panjang ya discount-nya makin banyak
3. Diameter Slide dan bentuk Slide (terbuka / tertutup)
4. Kwalitas Bagus berbanding lurus dengan Harga (..ini yg sulit bos…)
5. Waktu pengerjaan…. smakin mepet, yaaa Harga lebih mahal dikit
kaya cuci photo kilat aja…

Cukup segini dulu……….
Dari pada pusing2, klo ada order/job bikin Slide yang jelas kita bisa bantu-bantu kok..
KLIK - DetailDi lingkungan tempat kerjanya, Sofiah diakui sebagai perintis usaha patung fiberglass. Setelah ia berhasil, banyak warga sekitarnya melakukan usaha sejenis. "Ada sekitar 10 perajin. Tapi saya tak menganggap mereka saingan. Malah senang, kok. Memang mereka belum besar dan masih beli bahan baku dari saya." Justru kehadiran perajin ini menguntungkan Sofiah. "Kalau banyak pesanan, mereka bisa saya mintakan bantuan."
Seperti usaha lainnya, bisnis patung Sofiah pun sempat mengalami pasang surut. Tiga tahun terakhir ini, "Lagi turun dibanding tahun sebelumnya. Pesanan, sih, tetap ada, tapi enggak seramai dulu," ujar Sofiah yang terus berusaha mencari model patung baru. "Kalau lihat gambar bagus, saya coba bikin. Misalnya, bentuk kuda atau lumba-lumba."
Patung-patung produksinya, dijual dengan harga Rp 5.000 - Rp 20.000. Yang paling laris dan tetap disukai sampai sekarang adalah patung kecil yang sekaligus berfungsi sebagai asbak. "Kebanyakan, sih, patung kuda. Mungkin karena bisa dijadikan suvenir, jadinya laris," ujar Sofiah yang sudah memetik banyak buah manis dari usaha kerasnya.
Kini ia memiliki 6 rumah dan 4 mobil. Juga pergi berhaji. "Syukur alhamdulillah, orang buta huruf seperti saya, bisa kayak sekarang ini." Toh, ia tetap Sofiah yang sederhana. "Saya ini, kan, orang kampung. Yang penting, anak-anak bisa makan. Saya juga senang karena bisa kasih pekerjaan ke orang-orang sekitar.
Masih ada keinginan Sofiah yang belum terlaksana. "Saya ingin bikin maneken. Itu, lho, boneka untuk memamerkan pakaian di toko-toko. Pesanan, sih, sudah ada. Tapi belum bisa bikinnya.
SEHARI SEBAR SEKOTAK KARTU NAMA
Salah satu perajin yang mengikuti jejak Sofiah adalah Hadijah (44). Bersama suaminya, Harsono Sanuri (40), ia mengelola usahanya, tak jauh dari bengkel kerja Sofiah. Perjalanan Hadijah mirip Sofiah. "Saya lihat usaha ini cukup menguntungkan. Makanya, sejak 97, saya mulai usaha dengan modal Rp 2 juta. Awalnya, saya hanya bikin asbak," kisah Hadijah yang juga sempat dagang keliling.
KLIK - Detail Suatu saat, Hadijah kulakan bahan di sebuah toko kimia dan dapat ide dari si pemilik toko untuk membuat patung fiberglass. "Katanya, ada jenis bahan kimia yang bisa dipakai bikin patung. Dia juga kasih contoh gambar burung. Setelah saya coba, ternyata berhasil," kata wanita yang juga rajin ikut pameran ini. Sebelum pameran, ia pesan beberapa kotak kartu nama. "Di pameran, sehari saya bisa nyebar satu kotak kartu nama. Untung ada hasilnya. Beberapa hari kemudian, ada yang pesan."
Menurut Hadijah, ia tak perlu repot-repot membuat model patung karena pemesan sudah membawa contoh. Kendati begitu, ia terus putar otak mencari desain unik. Seperti beberapa waktu lalu, setelah menonton film serial India Shakalaka Boom Boom, "Saya coba-coba bikin patungnya. Eh, ternyata laku keras. Sampai ribuan, lho, saya membuatnya. Karena permintaan sangat besar, perajin lain juga membuat. Tapi itu hanya jalan beberapa bulan. Setelah itu tak ngetren lagi."
Meski belum sebesar Sofiah, usaha Hadijah relatif berhasil. "Kalau dihitung-hitung, produk saya sudah dikirim ke seluruh kota besar di Indonesia," ujar Hadijah yang berpenghasilan bersih tak kurang dari Rp 6 juta per bulan. Ibu lima anak ini pun berhasil punya tiga rumah dari usahanya. Yang lebih membahagiakan hati wanita ini, "Dulu kawasan ini banyak penganggur yang suka judi dan mabuk. Sekarang sudah tidak lagi. Mereka kerja di bengkel-bengkel patung."

1 komentar:

  1. BioSeven Online - INDONESIA
    JKT: (021) 502 88 232
    SBY: (031) 78 400 430 / 40 222 511
    Cell: 0888 0370 8872
    Email: biosevens@gmail.com
    Website: www.bioseven.net
    Green Environmentally Friendly Products

    BioSeven Fiberglass manufacturers: BOLTED PANEL TANK - TANGKI PANEL BioSeven, SQUARE PANEL - KOTAK, CYLINDER - SILINDER

    BULAT, ROOFTOP TANK, TANGKI ATAS - ATAP BioSeven, GROUND TANK-TANGKI TANAM BioSeven, BIOSEPTIC TANK BioSeven, ATAP PENERANGAN

    (ROOFLIGHT) FIBREGLASS BioSeven, TALANG AIR FIBERGLASS (GUTTER) BioSeven, LINING FRP BioSeven, PELAPISAN TANGKI BioSeven,

    BioSeven BRIDGE PLAYGROUND (JEMBATAN GANTUNG), WATER SLIDE (TANGGA PELURUTAN) FIBERGLASS BioSeven, BioSeven WATER BOOM &

    WATER PARK KIDS ZONE, BioSeven KIDS PLAYGROUND, BSV IRON METAL COATING BUNKBED (RANJANG SUSUN BESI) BioSeven, SEPTIC TANK

    (TANGKI SAPTIK-SEPITENG)-BIOTECH & BIOFIL TRATION, SEWAGE TREATMENT PLANT BioSeven, BIO STP IPAL RAMAH LINGKUNGAN BioSeven,

    STP ( SEWAGE TREATMENT PLANT ) BioSeven, WWTP ( WASTE WATER TREATMENT PLANT ) BioSeven, IPAL ( INSTALASI PENGOLAHAN AIR

    LIMBAH ) BioSeven, WTP ( WATER TREATMENT PLANT ) BioSeven, GREASE TRAP-FAT TRAPPERS (SARINGAN PENJEBAK LEMAK) BioSeven,

    NEUTRALIZED TANK (TANGKI NETRALISASI) BioSeven, SEPTIC TANK SCREENER BOX (KOTAK PENYARING TANGKI SEPTIK) BioSeven, TANGKI

    REMBESAN-RESAPAN 3IN1, BioSeven BAKTERI PENGURAI, LAMELA-HONEY COMB-SARANG TAWON-TUBE SETTLERS BioSeven, TANGKI MINYAK SAYUR

    BioSeven, TANGKI AIR MODEL SILINDER BioSeven, TANGKI AIR (WATER STORAGE TANK) BioSeven, TANGKI KIMIA (CHEMICAL TANK)

    BioSeven, TOILET PORTABLE BioSeven, SHOWER PORTABLE BioSeven, WATER PROOFING BioSeven, RC TANK BioSeven, GAS TANK BioSeven,

    OIL TANK (TANGKI OLI) BioSeven, FISH TANK (BAK IKAN) BioSeven, FUEL TANK (TANGKI SOLAR) BioSeven, ARMY TANK BioSeven,

    REINFORCEMENT PLASTIC FRP KNOCK DOWN PANEL BioSeven, TANGKI FILTER FILTRATION TANK), BioSeven FRP MULTI MEDIA FILTER TANK,

    BalasHapus

INDONESIA PLASA