15 Oktober 2010
KAPAL BUATAN INDONESIA YANG TERBAIK DI DUNIA
"Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT adalah produk unggulan PT PAL Indonesia. Kapal ini menggunakan kandungan lokal 35 persen hingga 45 persen dengan bahan-bahan berkualitas tinggi," kata Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar saat peluncuran Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT di Galangan Kapal Divisi Niaga PT PAL Indonesia, Surabaya, Jumat (15/10/2010).
Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT dirancang untuk memenuhi persyaratan operasi dan didesain dengan menggunakan kelas Det Norske Verits (DNV Class). Menurut Direktur PT PAL Indonesia Harsusanto, dari desain, kecepatan Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT memiliki kecepatan maksimal 14,5 knot. Tapi, setelah diuji coba di lautan, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 16,5 knot.
"Kualitas kehalusan bodi kapal ini tak kalah dengan kapal-kapal asing. Ini adalah salah satu kapal terbaik di dunia," kata Harsusanto.
Kapal jenis niaga ini adalah pesanan Azurite Invest Ltd, British Virgin ILand, Singapura . Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT adalah kapal kesembilan dari kapal kelas DSBC yang berhasil diekspor ke sejumlah negara. Beberapa negara yang pernah mengimpor kapal jenis ini adalah Hongkong (empat unit) , Jerman (dua unit), Turki (dua unit), dan Singapura (satu unit).
MENKO HATTA HERAN RAKYAT PAPUA MASIH MISKIN
"Seharusnya dana-dana itu cukup dan membuat pendapatan per kapita di Papua tertinggi di Indonesia karena APBN disalurkan ke situ," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Kamis, 29 Juli 2010.
Indeks Pembangunan Manusia merupakan salah satu indikator yang sering digunakan untuk mengukur kemajuan suatu bangsa. Dengan indeks tersebut, dapat diketahui masyarakat masih terbelakang, miskin atau sudah maju.
Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengungkapkan Papua selama ini memperoleh dana dari pemerintah pusat dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Otonomi Khusus, dan Dana Inpres Nomor 5 Tahun 2007 tentang percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.
Setiap tahun pemerintah mengganggarkan dana Otsus yang nilainya terus meningkat. Tahun ini dana Otsus Papua dianggarkan sebesar Rp13,86 triliun atau lebih tinggi dibandingkan 2008 sebesar Rp12,92 triliun. Sementara dana Inpres tahun ini dialokasikan sebesar Rp8,5 triliun.
Hal berbeda dialami di Papua Barat. Dana Otsus Papua Barat tahun ini dialokasikan sebesar Rp4,2 triliun sedangkan 2009 sebesar Rp4,3 triliun. Sedangkan alokasi dana Inpres tahun ini sebesar Rp5,8 trliun.
Hatta mengatakan melihat konsisi demikian, pemerintah mengaku bakal melakukan evaluasi terhadap Inpres tersebut. Dalam Inpres tersebut pemerintah menekakan pada 5 fokus pengembangan yaitu masalah ketersediaan pangan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan keberpihakan pada putra/putri Papua di berbagai aspek.
"Kalau ada keluhan tentu harus cek, apakah dana tepat sasaran ke situ, atau apakah lebih banyak services atau pembangunan," ujar Hatta.
Sejauh ini, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk miskin masih sangat tinggi, bahkan naik yakni dari 37,08 persen pada Maret 2008 menjadi 37,53 persen pada Maret 2009.
Padahal, Papua memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk tambang emas dan tembaga yang mendatangkan keuntungan besar bagi PT Freeport Indonesia yang dikendalikan oleh Freeport MacMoRan, investor asal Amerika Serikat.
Dari hasil pertemuan tadi pagi, Hatta mengungkapkan bahwa Pemda setempat sampai saat ini masih menganggap butuh Inpres. "Kita melakukan monitoring agar berjalan dan bisa efektif," katanya.Hatta berharap masalah infrastruktur dan 5 fokus pemerintah agar nantinya dapat disinkronkan dengan Rencana pembangunan. Sedangkan untuk penggunaan dana, Menko berharap agar monitoring terus dilakukan dan melibatkan Pemda.
HIDUP DENGAN SATU PEMASUKAN INI TRIK DAN CARA NYA
Masalahnya sekarang, berhenti bekerja berarti sekarang keluarga kecil Anda mengandalkan satu penghasilan saja, yaitu penghasilan suami. Kenyataan ini memaksa Anda dan suami untuk bertanya jujur pada diri sendiri: sanggupkah Anda mengurangi pengeluaran dan menurunkan gaya hidup Anda selama ini?
Bagi Anda yang telah memiliki usaha sampingan, atau suami yang penghasilannya lebih dari cukup, tentu tak masalah. Bagaimana dengan keluarga yang masih mengandalkan gaji karyawan?
Tentu Anda bisa menjalani kehidupan baru ini selama Anda melakukan perencanaan dan kesediaan untuk membuat pilihan-pilihan.
1. Bicarakan dengan suami
Sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja, tentu Anda harus membicarakannya dulu dengan suami. Rasa memiliki penghasilan bisa menjadi konflik khusus pada keluarga yang mengandalkan satu sumber penghasilan. Suami atau istri yang memiliki uang tersebut akan merasa lebih berhak membelanjakannya.
"Pastikan untuk menyampaikan semua aspek dari keputusan ini supaya terjadi kesepakatan yang nyaman dan menguntungkan semua pihak," kata Judy Lawrence, konsultan keuangan di Albuquerque, NM, yang juga penulis buku The Budget Kit: The Common Cents Money Management Workbook.
2. Petakan kebutuhan Anda dengan cermat
Jangan membuat keputusan apa pun sebelum menyusun budget secara detail untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Menurut Lawrence, segera setelah menyadari kewajibannya, pasangan suami-istri bisa melihat daftar kebutuhan yang ada dan menentukan apa yang harus dikurangi. Misalnya, berlangganan dua majalah sebulan atau menggunting semua kartu kredit Anda untuk menghindari keinginan berbelanja.
"Saat menyusun budget untuk kehidupan sehari-hari, Anda juga perlu memasukkan pengeluaran ekstra untuk asuransi atau pengeluaran mendadak," demikian saran Ben Gilbert, perencana keuangan untuk Silver Oak Advisory Group di Portland, Oregon. Buat prioritas mengenai kebutuhan mana yang harus diutamakan, lalu evaluasi kembali pengeluaran tetap seperti tagihan telepon, tagihan internet, atau TV berbayar.
3. Kurangi pengeluaran rutin yang besar
Hanya mengurangi kebiasaan Anda membeli kopi di gerai kopi premium tidak akan mampu menebus hilangnya satu sumber penghasilan. Memotong pengeluaran Anda untuk perawatan rumah, mobil, atau kebutuhan bulanan lain akan lebih menyisakan ruang di dalam budget Anda. Hal ini tidak mudah memang. Oleh karena itu, Anda harus cermat melihat pengeluaran apa yang bisa dikurangi.
Mencuci mobil, misalnya, tak perlu lagi membawanya ke tempat snow wash. Suami bisa mencucinya sendiri di rumah. Untuk mengurangi ongkos bensin, Anda bisa menggunakan alat transportasi yang lebih hemat, seperti kereta api atau transjakarta. Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada untuk menambah penghasilan. Bila ada kamar kosong di rumah, misalnya, Anda bisa menyewakannya untuk kos.
4. Selamat tinggal gaya hidup
Ketika Anda dan suami sama-sama bekerja, bukankah Anda menjalankan gaya hidup berdasarkan dua penghasilan? Hal itu terasa lebih jika masing-masing dari Anda memiliki teman-teman, dan masing-masing punya kebutuhan untuk bersosialisasi. Tentu, ada pengeluaran ekstra untuk itu. "Saat Anda mengundurkan diri dari perusahaan, jangan berharap untuk memiliki semua kemewahan tersebut," saran Gilbert. Kecuali, tentunya, gaji suami mampu mengakomodasi semua kebutuhan tersebut.
"Anda bisa membicarakan hal ini dengan teman-teman Anda dan mengatakan bahwa sekarang Anda tidak bisa sering-sering makan di restoran atau melakukan kegiatan bersama karena memilih untuk hidup lebih hemat," katanya.
5. Jangan mengurangi terlalu banyak
Anda memang harus berhemat, tetapi jangan terjebak menghilangkan tabungan jangka panjang. Menurut Gilbert, tabungan pensiun itu tidak langsung terlihat sehingga banyak pasangan yang terdorong untuk memotongnya.
Hal yang sama berlaku untuk kebutuhan lainnya. Anda mungkin bertekad untuk memasak sendiri dengan hidangan utama dari sayur-sayuran. Bila hal ini bukan sesuatu yang Anda sukai, lama-kelamaan Anda akan bosan dan memutuskan untuk jajan di luar lagi. Penuhi kebutuhan Anda secukupnya. Sebaliknya, bila makan di luar itu menjadi cara untuk memperluas jejaring, tak ada salahnya Anda memotong pengeluaran yang lain lebih dulu.
6. Memperbaiki cara menabung
Meskipun Anda sudah memutuskan untuk berhenti bekerja, tidak berarti Anda tidak boleh mencari penghasilan dengan cara lain. Bahkan, bila Anda bisa membuka usaha kecil-kecilan, maka Anda bisa menggunakan penghasilan dari usaha tersebut untuk ditabung, investasi, dijadikan modal usaha, dan lain sebagainya.
"Banyak orang yang menggunakan satu penghasilan untuk berbagai kewajiban, seperti cicilan rumah, transportasi, atau makan sehari-hari," kata Lois Backon, Senior Vice President Families and Work Institute. Kemudian, mereka menggunakan penghasilan yang lain untuk hal-hal lain.
7. Lakukan uji coba
Anda bisa melakukan latihan untuk mengelola kebutuhan sehari-hari hanya dari satu penghasilan. Lakukan hal ini sebelum Anda memutuskan resign untuk melihat bagaimana Anda dan suami mampu berhemat.
Gilbert menyarankan untuk mengatur transfer otomatis dari bank untuk menarik dana dalam jumlah tertentu sehingga sebagian penghasilan Anda akan berkurang selama beberapa bulan. Kemudian, sisihkan juga sebagian uang untuk tujuan lain, seperti menabung atau berlibur.
"Sekarang ini, untuk memanjakan diri secara instan, ditambah lagi ada dorongan dari media untuk hidup konsumtif, kemampuan untuk menabung dan menyesuaikan gaya hidup (yang lebih sederhana) menjadi sangat berarti daripada yang Anda sadari," kata Lawrence.
DUA AKSI KORPORASI LPKR JADI ENERGI BARU
PT Lippo Karawaci Tbk menempuh dua aksi korporasi senilai Rp 4,51 triliun. Langkah tersebut semakin mengukuhkan Lippo Karawaci atau LPKR sebagai perusahaan properti terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan, laba bersih, total aset, kapitalisasi pasar, dan permodalan.
Aksi tersebut meliputi penjualan saham kepada 30 investor senilai Rp 2,25 triliun secara tunai dan penambahan modal LKPR senilai Rp 2,25. “Untuk saham dananya ditempatkan dan dikelola oleh Bank of America Merrill Lynch, CLSA Asia-Pacific Markets, Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas. Untuk tambahan modal dananya akan diterima oleh LKPR pada 22 Oktober mendatang,” kata Ketut Budi Wijaya, Presiden Direktur LPKR, saat mengumumkan aksi tersebut di Jakarta, Kamis (14/10/2010).
Menurutnya, jumlah saham yang diterbitkan untuk 30 investor tersebut mencapai 4,1 miliar saham baru dengan harga Rp 550 per saham. “Perlambatan prospek ekonomi Amerika Serikat dan dunia barat selama tiga tahun ke depan membuat portofolio investasi berpindah ke negara-negara berkembang. Indonesia menjadi salah satu pilihan favorit,” ujarnya.
BANK MUTIARA SIAP DI JUAL
Ketua Dewan Komisioner LPS Heru Budiargo menjelaskan, saat ini sudah ada empat sampai lima investor dari dalam negeri dan luar negeri yang mulai mendekati LPS terkait rencana pembelian Mutiara. Namun, status mereka masih menjajaki alias belum ada kesepakatan apa-apa. "Sesuai aturan, Mutiara akan mulai ditawarkan pada November 2011 atau tiga tahun setelah proses penyehatan," ujarnya kepada INDONESIA PLASA Kamis (14/10/2010).
Mengutip Pasal 25 tentang Penjualan Saham PLPS Nomer 5/PLPS/2006 tentang Penanganan Bank Gagal Berdampak Sistemik, LPS wajib menjual semua saham bank dalam waktu penanganan paling lama tiga tahun. "Kalau belum laku, nanti masa penawarannya diperpanjang dua kali masing-masing satu tahun," ungkap Heru.
Jika dalam rentang tersebut masih belum juga laku sebesar biaya penyehatan, maka LPS diperbolehkan menjual di bawah nilai suntikan penyehatan. Biaya penyelamatan Bank Mutiara adalah sebesar Rp 6,7 triliun. Jadi, nilai penjualannya harus di atas itu dengan pemberian waktu lima tahun penawaran. Saat ini, Heru menjelaskan, aset Mutiara mencapai Rp 8,7 triliun.
EMBRAER GANDENG PREMIAIR
Kapten Manfred Baudzus menyatakan dengan tegas kalau Asia Pasifik, termasuk Indonesia, adalah pasar yang potensial bagi industri penerbangan. "Soalnya, Asia Pasifik bangkit lebih cepat setelah krisis pada 2009," kata Direktur Pengembangan Bisnis untuk Jet Eksekutif Embraer Asia Pasifik ini, Rabu (14/10/2010).
Pernyataan Baudzus memang terkesan sejalan dengan Wakil Presiden Eksekutif untuk Jet Eksekutif Embraer Luis Carlos Affonso hampir sebulan lalu. Kala itu, dalam keterangan persnya, Luis Carlos juga mengatakan pihaknya bakal membidik pemasaran di Indonesia.
Alhasil, Embraer yang merupakan pabrik pesawat jet asal Brasil itu merealisasikan rencananya tersebut. Menurut Baudzus pihaknya menggandeng maskapai penerbangan carter lokal Premiair. "Kami menjadi perwakilan layanan penjualan Embraer," kata General Manager of Commercial Premiair Lingga Sadoko.
Dalam kesempatan itu pula, Embraer memperkenalkan dua pesawat baru yakni Phenom 100 dan Phenom 300. Seri ini merupakan bagian dari tujuh pesawat eksekutif perusahaan yang lebih dari 40 tahun berkecimpung di industri penerbangan tersebut. Lima lainnya adalah Legacy 450, Legacy 500, Legacy 600, Legacy 650, dan Lineage 1000.
Phenom 100 yang telah memperoleh sertifikasi pada Desember 2008 ini dapat mengangkut sekitar delapan penumpang. Jarak tempuh pesawat ini hingga 2.182 kilometer. Sementara, banderol harganya di kisaran 4 juta dollar AS per unit. Di seluruh dunia, menurut catatan Embraer, sudah beroperasi 160 unit Phenom 100.
Lalu, Phenom 300 adalah pesawat jet yang mampu mengangkut 11 penumpang. Jarak tempuhnya mencapai 3.650 kilometer. Harga jual per unitnya mencapai 8,9 juta dollar AS. Saat ini, ada 170 Phenom 300 yang sudah melayani penerbangan sedunia.
Sampai kini, menurut data laman Premiair, maskapai penerbangan itu mengoperasikan delapan pesawat seperti Cessna Grand Caravan, Fokker F-100, dan Gulfstream. Separuh dari jumlah itu adalah pesawat buatan Embraer yakni Legacy 600 dan Brasilia 120.
Lebih lanjut, Lingga menambahkan pihaknya mematok tarif penerbangan carter mulai dari 4.500 dollar AS hingga 8.500 dollar AS tiap jam operasional. Rencananya, terang Lingga, selain mempertimbangkan membangun fasilitas layanan penjualan di kawasan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta tahun depan, Premiair yang berdiri sejak 1989 ini bakal menjual dua hingga tiga unit pesawat seri Phenom sampai dengan akhir tahun 2010.
INDOFOOD BUKAN BERARTI TAIWAN BERSIH
Perbedaan standar ini membuat anggota DPR mempertanyakan rendahnya standar di Indonesia jika dibandingkan Taiwan.
Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang mengungkapkan bahwa standar di Taiwan dan Indonesia memang berbeda terkait boleh tidaknya bahan pengawet masuk ke dalam bahan makanan.
Namun, ia menyangkal apabila dikatakan standar di Indonesia tidak baik. "Bukan berarti Taiwan itu bersih. Mereka juga ada bahan pengawetnya, hanya beda jenisnya. Di sini bisa nipagin, di sana berbeda. Di sini methyl, di sana harus ethyl. Jangan sampai seolah-olah di Indonesia itu enggak bagus," ujar Franciscus, Kamis (14/10/2010) di Gedung DPR RI, Jakarta.
Menurutnya, selama ini masyarakat salah persepsi bahwa methyl p-hydroxybenzoate atau nipagin atau methylparaben itu tidak bagus. Padahal, ethylparaben yang dijadikan standar di Taiwan adalah merupakan turunan dari bahan yang digunakan pada Indomie di Indonesia.
"Adanya salah persepsi kalau di Taiwan bersih-bersih amat. Padahal, mereka pakai standar yang berbeda jenis produknya tapi satu turunan dengan standarnya (ethyl). Lagi pula, tidak hanya Indomie, banyak mi instan di sana yang juga kena imbas," ujar Franciscus.
Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Kustantinah juga mengungkapkan hal senada. "Semua bahan ada positif dan negatifnya. Mereka menggunakan turunan yang sama. Kalau dia tidak aman, pasti tidak akan digunakan," ujarnya.
Akan tetapi, nyatanya kandungan bahan pengawet nipagin yang ada dalam kecap Indomie dinyatakan tidak berbahaya di Indonesia. Hal ini karena kadar nipagin dalam kecap tersebut tidak lebih dari batas maksimum, yakni 250 mg/kg.
WAPRES USULKAN BANDARA HALIM DI FUNGSIKAN
Yopie Hidayat selaku Juru Bicara Wapres Boediono saat ditemui seusai mengikuti rapat tentang peningkatan keselamatan transportasi yang dipimpin oleh Wapres Boediono mengatakan, untuk memfungsikan kembali Bandara Halim Perdanakusuma merupakan rencana jangka pendek guna mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta sambil menunggu perluasan bandara tersibuk di Indonesia itu rampung.
"Ini merupakan langkah jangka pendek untuk mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta. Aturannya sedang disiapkan. Perubahan fungsi Bandara Halim ini merupakan salah satu langkah yang diminta Wapres Boediono dalam meningkatkan keselamatan transportasi udara," kata Yopie di Istana Wapres, Kamis (14/10/2010).
Yopie menambahkan, beban Bandara Soekarno-Hatta sudah melampaui batas. Jumlah penumpang per tahun mencapai 30 juta. Tahun depan diperkirakan bisa mencapai 40 juta penumpang, dari kapasitas 22 juta penumpang per tahun.
"Adapun rencana perluasan Bandara Soekarno-Hatta baru bisa diwujudkan pada 2013-2015 karena masih memerlukan pembebasan lahan. Wapres menugaskan instansi terkait untuk melakukan negosiasi dengan TNI Angkatan Udara dan instansi lainnya untuk membuka penerbangan komersial di Halim Perdanakusuma itu," imbuhnya.
Selama ini Bandara Halim Perdanakusuma hanya diperuntukkan bagi penerbangan militer, kepresidenan, pesawat sewa serta penerbangan jarak pendek. "Kemungkinan akan dibuka untuk beberapa penerbangan domestik ke luar Jawa," kata Yopie.
Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan, pihaknya akan membuka peluang bagi investor swasta dan asing untuk mempercepat perluasan Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai melalui skema kemitraan pemerintah swasta.PERBANKAN SULIT KEMBANGKAN BISNIS DI LUAR NEGRI
Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri Pahala N Mansury disela-sela Media Training Bank Mandiri di Bandung, Kamis (14/10/2010), mengatakan, pemerintah Malaysia misalnya, menetapkan tidak ada lagi bank asing yang berdiri sejak tahun 1983.
Contoh lain di China, pihak asing yang ingin membuka bank disyaratkan memiliki kantor perwakilan minimal dua tahun dan kondisi politik serta ekonomi negara asal pemohon harus stabil. Pemodal asing juga harus memiliki hubungan baik dengan Chin a Banking Regulatory Commission.
Di Uni Emirat Arab, bank asing tak diperkenankan melakukan transaksi dengan nasabah ritel beraset kurang dari 1 juta dollar AS. Transaksi dengan nasabah institusi beraset kurang dari 5 juta dollar AS juga tak diperkenankan.
"Lalu, bank asing tak diizinkan menerima simpanan dari nasabah lokal. Bank asing tak diperkenankan menerima simpanan atau memberikan pinjaman dalam dirham," katanya.
Adapun pemerintah Indonesia hanya memberlakukan ketentuan seperti bank asing dapat berbentuk cabang, anak perusahaan, dan kantor perwakilan. Bahkan, maksimum kepemilikan asing terhadap bank di Indonesia bisa mencapai 99 persen.
"Ketentuan lain yakni, persetujuan diberikan gubernur Bank Indonesia. Perbankan kita sudah tidak menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata Pahala.
DI BUTUH KAN BANYAK TKI
“Kemampuan tenaga kerja yang dicari adalah untuk konstruksi dan untul pelaut,” kata Endang Sulistyaningsih, pelaksana tugas Deputi Promosi dan Kerja Sama Luar Negeri Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di Jakarta, Kamis (14/10/2010). Endang menyebutkan, tingginya minat tersebut membuat BNP2TKI kesulitan untuk memenuhinya.
“Terus terang saja, untuk permintaan kapten kapal, kami kekurangan,” kata Endang yang rutin membuka stan pameran semenjak tahun 2007. Permintaan tenaga kerja banyak berdatangan dari negara non-tradisional (Malaysia dan Arab Saudi), negara tersebut adalah Beirut Timur, Lebanon, Kurdistan, dan Tanzania.
Sementara untuk permintaan pelaut termasuk di dalamnya kapten kapal untuk armada angkutan atau komersial berdatangan dari Panama yang memang banyak memiliki armada kapal komersial. Sementara untuk armada kapal pengangkut lebih banyak di Singapura. “Sedangkan untuk konstruksi, tenaga kerja yang dibutuhkan adalah tukang kayu dan tukang batu,” kata Endang.
Endang menilai, dalam sehari saja jumlah transaksi sudah mendekati nilai transaksi TEI pada tahun lalu. Pada tahun lalu, selama pameran TEI, BPN2TKI mendapatkan order sebanyak 10.000 orang dengan nilai remitansi senilai 62,9 juta dollar AS. “Realisasinya pengiriman TKI tersebut sudah 60 persen sampai saat ini ,” kata Endang.
SBY'BANGUN DUA KAWASAN INDUSTRI DI PAPUA
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan pembangunan dua kawasan industri di tanah Papua, yang harus rampung dalam waktu empat tahun ke depan.
Dua kawasan industri yang menitikberatkan pada bidang industri manufaktur dan pertanian itu akan dibangun di Manokwari, Papua Barat; dan Timika, Papua. Keduanya diorientasikan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat Papua dan meminimalkan ketergantungan terhadap barang/produk dari luar Papua.
Pembahasan awal terkait rencana ini telah dilakukan Presiden dengan Gubernur Papua Barat dan Papua, Abraham Atururi dan Barnabas Suebu, di sela-sela kunjungannya ke Wasior, Papua Barat. "Selain membahas penanganan tanggap darurat dan rehabilitas dan rekonstruksi pascabanjir, kami juga membicarakan peningkatan ekonomi melalui pembangunan dua kawasan industri," kata Presiden.
Keterangan tersebut disampaikan Presiden di ruang VIP Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat, Jumat (15/10/2010), sebelum lepas landas menuju Kendari, Sulawesi Tenggara, guna menunaikan ibadah shalat Jumat. Setelah itu Presiden dan rombongan akan langsung menuju Jakarta.
Presiden menjelaskan, pembahasan khusus akan dilakukan antara Presiden dan kedua gubernur di Jakarta dalam waktu dekat. Ia berharap kedua gubernur bisa menindaklanjuti rencana tersebut.
Kawasan Industri PAPUA
Melalui penelitian telah diidentifikasi beberapa daerah yang mempunyai potensi untuk dijadikan daerah kawasan industri seperti tampak pada gambar.
Kawasan industri/export processing zone pertama di Papua didirikan di Biak, yaitu sebuah pulau dengan luas 3.130 Km2 yang terletak di sebelah utara pulau Papua. Kawasan industri Biak merupakan bagian dari Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Biak yang daerah pendukungnya mencakup Biak Numfor, Mimika, Yapen Waropen, dan Nabire.
Beberapa alasan dipilihnya Biak sebagai kawasan industri antara lain sebagai berikut :
- Memiliki airport international dengan alat navigasi pendaratan segala cuaca.
- Arealnya datar dengan curah hujan yang mencukupi.
- Beberapa bagian dari pulau Biak terlindungi oleh karang yang bertindak sebagai pemecah ombak sehingga aman sebagai pelabuhan samudera.
- Lokasinya strategis, mudah menjangkau pasar Pasifik, Amerika, Australia, New Zealand maupun negara Asia lainnya.
- Mudah dijangkau dari kota-kota di Papua yang akan berperan sebagai pensuplai bahan baku industri.
PENGUNJUNG YANG RAMAI UNTUK MENGETAHUI INFO LOWONGAN KERJA
Apa bedanya Kompas Karier Fair dengan pameran kerja lainnya? Sebagian pengunjung menjawab, Kompas Karier Fair 2010 atau KKF 2010 lebih nyaman dibanding pameran kerja lainnya dilihat dari segi tempat dan pengaturan arus keluar masuk pengunjungnya.
"Lebih nyaman ya, dari sistem registrasinya sampai pengamanannnya, juga tempatnya kan lebih luas," ujar Hengky (30), pengunjung yang datang dari Bekasi di lokasi KKF, JITEC, Mangga Dua, Jakarta, Jumat (15/10/2010).
Area pameran KKF 2010 tampak luas sehingga pengunjung tidak perlu berdesakan mengunjungi stan perusahaan yang satu ke lainnya. Selain itu, di area tersebut terdapat banyak kursi dan meja yang disediakan untuk pengunjung menulis formulir atau istirahat sejenak.
Pengaturan arus keluar masuk pengunjung-pun tampak cukup tertib. Dalam papan informasi yang diletakkan di pintu masuk, diinformasikan bahwa sebelum masuk ke area pameran, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp 25.000 di loket yang tersedia.
Kemudian, pengunjung akan mendapat formulir yang harus diisikan data diri. Setelah itu, pengunjung mengantri untuk mengembalikan formulir sekaligus menyerahkan soft copy curriculum vitae (CV) mereka kepada petugas. Lalu, CV mereka akan disimpan dalam bentuk ID Barcode yang kemudian digunakan untuk melamar di stan-stan perusahaan yang tersedia.
"Tapi sayangnya tetap ada perusahaan yang minta hard copy, tetap minta foto ijazah. Saya pikir sudah bisa hanya dengan soft copy," kata Hengky.
Meskipun demikian, Hengky tetap berharap agar KompasKarier.com lebih sering menyelenggarakan acara pameran kerja seperti KKF.
Pengunjung lain, Isaura (21) juga mengatakan hal senada. Isaura yang baru lulus kuliah itu menyarankan agar KKF selanjutnya digelar di universitas-universitas.
"Terus kalau di kampus, disesuaikan perusahaannya dengan fresh graduate, yang menyediakan magang," katanya.
General Manager Bussines Kompas.com, Edi Taslim selaku pihak penyelenggara menyampaikan bahwa pihaknya berencana menyelenggarakan KKF di beberapa daerah di Indonesia.
"Rencana di luar daerah, tentu, kami rencanakan di beberapa daerah setelah ini," katanya.
Adapun Kompas Karier Fair 2010 berlangsung pada 15-16 Oktober dari pukul 09.00 hingga 17.00 dengan harga tiket masuk Rp 25.000.
ID' BERKODE ITU MEMUDAHKAN PENCARI KERJA
Setidaknya demikian yang disampaikan Sodikin (24) pengunjung KKF 2010 yang datang dari Cipete, Jakarta. "Lebih enak, nggak repot sih, biasanya kan datang bawa lamaran, berkas, tapi kalau ini cuma bawa flashdisk," ujar Sodikin di area pameran kerja KKF 2010, JITEC, Mangga Dua, Jumat (15/10/2010).
Hal senada disampaikan pengunjung lainnya, Isaura (21). Menurutnya, dengan ID Barcode pencari kerja dapat lebih cepat melamar. "Lebih cepat, lebih gampang, nggak usah nyebutin nama, data diri lagi, sudah langsung terdaftar," kata gadis yang mengincar posisi akuntan itu.
General Manager Bisnis Kompas.com, Edi Taslim sebagai pihak penyelenggara KKF 2010 menyampaikan, sistem ID Barcode digunakan untuk mempercepat proses melamar kerja di KKF 2010.
Selain menggunakan ID Barcode, penyelenggara menyediakan sarana wawancara digital bernama Bank of Interview atau BOI. "Dengan ini bisa interview dalam waktu yang lebih cepat. Satu orang tidak lebih dalam 10 menit," kata Edi.
Selain mempertemukan pencari kerja dengan penyedia kerja melalui teknologi modern, KKF 2010 menyediakan tempat pameran yang nyaman. "Nyaman ya, tempatnya luas, ber-AC, bersih," kata Sodikin.
Adapun pameran kerja KKF 2010 merupakan pameran kerja pertama yang diselenggarakan situs pencarian kerja, KompasKarir.com. Acara yang digelar pada 15-16 Oktober dari pukul 09.00 hingga 17.00 itu mengundang sekitar 50 perusahaan penyedia lowongan kerja. Sekitar 15.000 orang pencari kerja ditargetkan mengunjungi KKF 2010 per hari-nya.
CARI KERJA ITU JUAL DIRI
"Cari kerja kayak jual diri, bukan cuma dilihat dari CV (Curicullum Vitae)-nya saja. Itu penting sih, cuma jual diri setiap saat, networking, itu bagian dari cari kerja yang penting juga," katanya.
Sementara itu, wirausaha muda lainnya, Yan Hendry Jauwena (29) menambahkan, seorang pencari kerja harus memiliki kepribadian yang baik seperti mudah menangkap pembicaraan, berwawasan luas, atau pintar bergaul. "Mempromosikan diri, nangkep nggak kalau diajak ngomong, update sekelilingnya. Pinter dalam hal lobi, pergaulan, smart," ujar Yan yang saat ini menjabat Business Development Manager di CEVA Indonesia itu.
Selain itu, kata Yan, sebelum melamar kerja, seorang pencari kerja harus mengetahui minatnya yang disesuaikan dengan kompetensi yang dimiliki. "Jika sudah tahu, cara dia masuk dalam bentuk CV juga harus diperhatikan," katanya.
Minat, lanjut Yan, merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih suatu pekerjaan. Tinggi rendahnya gaji, hendaknya tidak menjadi tolak ukur dalam memilih pekerjaan. "Dengan tahu apa passion kita, kejar berdasarkan passion kita, benefit akan datang sendiri," tambahnya.
Ario juga menambahkan bahwa seorang pencari kerja sebelum melamar pekerjaan harus mencari tahu lebih jauh informasi mengenai perusahaan yang dilamarnya. Kemampuan bahasa, juga penting dimiliki seorang pencari kerja. "Karena kita mau nyemplung di company itu, kita harus tahu banyak informasi," imbuh pria muda itu.
Adapun Ario Pratomo dan Yan Hendra Jauwena merupakan dua orang dari delapan orang "Young Jedis" atau pemain muda industri yang akan memberikan tips-tips seputar dunia kerja di KKF 2010. Meskipun berusia muda, mereka mampu membangun karier mereka dengan baik sehingga menduduki posisi penting dalam perusahaannya masing-masing.
Sejak pukul 09.00 hingga 17.00 KKF 2010 yang digelar di JITEC Mangga Dua terbuka untuk pencari kerja hari dan besok. KKF 2010 merupakan tempat bertemunya pencari kerja dengan penyedia kerja secara langsung.