11 Januari 2011

Firman Soebagyo: Inpres Bisa Picu Keresahan Sosial

INDONESIA PLASA

Selasa, 11 Januari 2011 19:43 WIB

Jakarta

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diminta tidak menandatangani Rancangan Instruksi Presiden (Rinpres) tentang Penundaan Pelayanan dan Penerbitan Izin Baru pada Hutan Primer dan Sekunder serta Lahan Gambut pada Kawasan Hutan dan Area Penggunaan Lain (APL), karena Rinpres tersebut dikhawatirkan akan merusak tatanan hukum, mengganggu stabilitas ekonomi nasional dan bisa menimbulkan keresahan sosial, kata Ketua DPP Partai Golkar Firman Soebagyo di Jakarta, Selasa.

"Kalau kebijakan itu tetap dijalankan, itu tanda-tanda awal keresahan sosial akan segera terjadi. Rakyat sudah terlalu sering dizalimi pemerintah. Pemerintah harus waspada," ujar Firman mengingatkan.

Firman mengaku heran, kenapa pemerintah terus-menerus diatur oleh kepentingan asing, sementara rakyat tetap dibiarkan menderita. Rakyat tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan pangannya sehingga menimbulkan masalah baru seperti kasus bunuh diri, dan keresahan sosial.

"Ironisnya, di saat harga pangan terus melonjak, perluasan lahan kerap dihambat pemerintah," tambah Firman.

Sebagai negara hukum dan berdaulat, Indonesia tidak boleh diatur-atur asing. "Pemerintah jangan mau seenaknya sendiri sementara rakyat sudah menjerit. Apa memang negara kita negara anteknya asing?" tanya Wakil Ketua Komisi IV DPR ini.

Menurut dia, upaya mendikte Indonesia memang sengaja dirancang untuk menguasai perekonomian nasional. Karena itu Firman mengingatkan jajaran pemerintah agar lebih mengedepankan kepentingan rakyat dan jangan lagi mau didikte asing.

Kekecewaan juga dilontarkan Asmar Arsyad, Sekjen Apkasindo (Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia). Ia mengatakan, regulasi yang dipakai pemerintah saat ini sudah tak lagi berpihak pada investor. Akibatnya, para investor merasa tidak nyaman untuk berinvestasi.

"Sekarang, karena tidak adanya kepastian hukum dan tidak ada jaminan investasi, investor tidak berpikir dua kali lagi, tetapi harus lima kali," jelasnya.(*)

Jamsostek : Ada Pengusaha Besar Tidak Jaminkan Pekerja

INDONESIA PLASA

Selasa, 11 Januari 2011 19:22 WIB
Manado

Kepala PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Sulawesi Utara (Sulut), Arief Budiarto, mengakui ada pengusaha besar pemilik media lokal yang belum menjaminkan pekerjanya.

"Namanya tidak perlu disebutkan tetapi ada pengusaha yang memiliki beberapa media lokal di Sulut belum menjaminkan para pekerjanya termasuk wartawan," kata Arief Budiarto di Manado, Selasa.

Arief mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mendatangi pemimpin perusahaan penerbitan tersebut, tetapi hingga kini belum merealisasikan kewajibannya menjaminkan pekerja.

Jamsostek, kata Arief, tahap pertama masih mengambil cara persuasif mendekati para pelaku usaha agar mau memenuhi kewajibannya sebagaimana diatur dalam perundang-undangan tentang jaminan pekerja.

"Dihitung-hitung masih ada ratusan perusahaan di Sulut belum mengikuti program Jamsostek," kata Arief.

Bila pendekatan yang dilakukan pihaknya tetap tidak diindahkan, kata Arief pihaknya akan meminta kejaksaan selaku pengacara negara, membina para pelaku usaha melanggar undang undang.

"Jamsostek Sulut sudah bekerja sama dengan kejaksaan dalam upaya mendorong perusahaan melaksanakan kewajibannya terhadap para pekerja," kata Arief.

Jaminan terhadap pekerja mulai dari kecelakaan kerja, kesehatan, kematian hingga jaminan hari tua, kata Arief merupakan kewajiban pengusah dan menjadi hak pekerja untuk menuntutnya.

Guna memberi jaminan yang lebih baik kepada para pekerja, kata Arief, maka Jamsostek menaikkan pembayaran santunan atau biaya klaim kepada peserta 33 persen hingga 87,5 persen mulai awal tahun 2011.

"Tertinggi jaminan kecelakaan kerja khususnya biaya transportasi perawatan medis angkutan darat dari maksimum Rp400 ribu menjadi Rp750 ribu atau naik 87,5 persen, serta biaya pengobatan perawatan dari maksimum Rp12 juta menjadi Rp20 juta, naik 66,7 persen," kata Arief.

Biaya transport perawatan medis angkutan laut dari Rp750 ribu menjadi Rp1 juta, transportasi udara Rp1,5 juta menjadi Rp2 juta atau naik berkisar 33,3 persen, penggantian gigi tiruan atau gigi yang rusak saat kecelakaan kerja sebesar Rp2 juta.(*)
 INDONESIA PLASA

Rupiah Pagi Melemah ke 9.100 Per Dolar
Selasa, 11 Januari 2011 15:03 WIB
Rupiah Pagi Melemah ke 9.100 Per Dolar

Ilustrasi seorang petugas bank menghitung lembaran uang rupiah di salah satu bank di Jakarta
Jakarta
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta Selasa pagi melemah ke level 9.090 per dolar AS, setelah pada Senin ditutup pada posis 9.055.

Pengamat pasar uang Ahmad Riyadi mengatakan, sentimen negatif berasal dari ekspektasi peningkatan inflasi yang menyebabkan dolar AS diburu sebagai mata uang aman.

"Masih melemahnya rupiah diprediksi akibat arus modal keluar dari saham lokal dan obligasi terkait kekhawatiran pada meningkatnya tekanan inflasi," katanya.

Ia menambahkan, banyak sekali sentimen negatif yang diperkirakan memicu besaran inflasi. Faktor-faktor yang menjadi kekhawatiran investor sehingga diperkirakan akan mendorong laju inflasi diantaranya tingkat inflasi Desember 2010 dan tidak diimbangi dengan peningkatan BI rate.

"Isu inflasi dan kekhawatiran terhadap kenaikan suku bunga memang menjadi alasan utama, namun kekhawatiran tersebut cenderung berlebihan mengingat tingkat inflasi Indonesia tidak sedang berada dalam kondisi `hyper inflation`," katanya.

BI: Potensi Pasar Kartu Kredit Masih Besar

INDONESIA PLASA


Selasa, 11 Januari 2011 14:59 WIB

BI: Potensi Pasar Kartu Kredit Masih Besar

Bank Indonesia melihat potensi pasar kartu kredit di Indonesia masih besar sehingga peluang pengembangan kartu kredit masih terbuka.

Data dari Direktorat Sistem Pembayaran BI mencatat bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat kurang lebih 104 juta penduduk berpotensi menjadi pemegang kartu, sementara jumlah kartu kredit akhir tahun 2010 baru mencapai 13,4 juta kartu.

Dengan asumsi, 1 orang memiliki 2 kartu kredit, maka saat ini jumlah pemegang kartu kredit di Indonesia dibandingkan dengan potensi pasar yang ada (jumlah penduduk usia produktif) baru mencapai 4,5 persen.

Pesatnya pertumbuhan kartu kredit tercermin pada trend peningkatan jumlah kartu beredar tiap tahunnya yang mencapai rata-rata pertumbuhan pertahun sebesar 18 persen .

Naiknya tren jumlah kartu tersebut selama kurun waktu 5 tahun turut pula mendorong peningkatan penggunaannya. Di sisi volume pertumbuhan per tahun rata-rata mencapai 16 persen, sementara itu di sisi nilai mencapai 28 persen.

Sementara itu, dalam kurun waktu 5 tahun, rata-rata pertumbuhan jumlah kartu per tahun mencapai 12,7 persen, sedangkan di sisi nilai tumbuh lebih tinggi lagi yaitu 26 persen dan di sisi volume mencapai 17 persen.

Jumlah tersebut masih dimungkinkan untuk tumbuh lebih pesat lagi mengingat prosentase kartu per penduduk potensial untuk menjadi pemegang kartu masih 48,7 persen.

Selama tahun 2010, total account based card yang beredar mencapai 51 juta kartu. Jumlah tersebut apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya meningkat 14,2 persen dari 44,5 juta kartu.

Dari jumlah tersebut 94,6 persen merupakan kartu ATM yang sekaligus dapat digunakan sebagai kartu debet (kartu ATM/Debet), yang diterbitkan oleh 46 bank.

Sisanya 5,3 persen, berupa kartu ATM murni atau hanya dapat digunakan untuk tarik tunai, yang diterbitkan oleh 42 bank dan 6 Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Peningkatan jumlah kartu tersebut turut pula mendorong peningkatan aktivitas transaksi, yang pada tahun 2010, nilai yang ditransaksikan mencapai Rp1.991 triliun. Sementara itu, di sisi volume mencapai 1.806 juta transaksi .

Rata-rata setiap bulannya transaksi menggunakan account based card meningkat masing-masing sebesar 1,38 persen di sisi volume dan 1,85 persen di sisi nilai.

Garuda Paparkan IPO Besok

INDONESIA PLASA

Selasa, 11 Januari 2011 14:52 WIB

Garuda Paparkan IPO Besok

Jakarta

PT Garuda Indonesia berencana menggelar public expose (paparan publik) mengenai penawaran saham perdana (IPO) pada Rabu (12/1).

"Besok kami akan menggelar publik ekspose," kata Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar, di Kantor Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa.

Menurut Emirsyah, setelah ekspos pihaknya siap roadshow (IPO ke sejumlah negara. "Pekan ini kami akan roadshow, ke Singapura, Hong Kong, Amerika Serikat (Boston, New York) dan London," katanya.

Menurutnya, roadshow untuk menjaring minat investor terutama di pusat-pusat pasar dunia. Ekspos dilakukan terkait dengan indikasi penetapan harga saham, jumlah target dana yang akan diperoleh, termasuk rencana penggunaan dana IPO.

Menurut catatan, Garuda akan menjadi BUMN pertama yang go public pada 2011. Pemerintah menargetkan melepas saham sebesar 30 persen dengan target perolehan dana berkisar Rp4 triliun.

Dari jumlah saham yang akan dilepas itu, 10 persen diantaranya saham Bank Mandiri. Dalam IPO, perseroan telah menetapkan penjamin emisi (underwriter) yaitu PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Mandiri Sekuritas. Sedangkan underwriter asing ditetapkan UBS dan Citibank.

Dalam rencana IPO, perseroan menggunakan laporan keuangan periode September 2010. Hingga kuartal III 2010, perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp194 miliar.
INDONESIA PLASA

Aksi Mogok Awak Bus Cilacap-Pangandaran Berlanjut

Selasa, 11 Januari 2011 12:51 WIB
kali

Cilacap  Aksi mogok puluhan awak bus trayek Cilacap-Sidareja dan Cilacap-Sidareja-Pangandaran yang berlangsung sejak Senin (10/1) berlanjut pada hari ini.

Di terminal Sidareja, Cilacap, Selasa pagi, tidak ada satu pun bus yang melayani dua trayek tersebut, yang tampak hanya sejumlah bus trayek Purwokerto-Sidareja dan Purwokerto-Sidareja-Pangandaran tetap beroperasi melayani penumpang.

"Para awak bus jurusan Cilacap-Sidareja dan Cilacap-Sidareja-Pangandaran masih mogok. Mereka memilih berada di garasi perusahaan otobus (PO) masing-masing," kata Kepala Terminal Sidareja Fajar Eko Setiawan.

Puluhan awak bus dari 14 perusahaan otobus yang melayani trayek Cilacap-Sidareja dan Cilacap-Sidareja-Pangandaran, Senin (10/1), menggelar aksi mogok menuntut perbaikan ruas jalan Cilacap-Sidareja-Patimuan yang saat ini dalam kondisi rusak parah.

Kendati demikian, dia mengatakan, aksi mogok lanjutan tersebut tidak mengakibatkan penumpang terlantar.

Menurut dia, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Cilacap telah mengantisipasinya dengan mengerahkan sejumlah truk untuk mengangkut penumpang.

Selain itu, para calon penumpang juga telah mengetahui adanya aksi mogok lanjutan tersebut, sehingga kemungkinan mereka memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Cilacap Dian Setiabudi mengatakan, pihaknya telah mengerahkan lima truk bantuan dari Dalmas Polres Cilacap, Kesbangpolinmas, Satpol PP, BPBD, dan Bagian Umum Sekretariat Daerah Cilacap, sehingga tidak ada penumpang yang terlantar.

"Hari ini aksi tersebut memang masih berlanjut. Namun kami minta kepada seluruh awak bus untuk kembali beroperasi pada hari Rabu (12/1) sesuai komitmen bersama," katanya.

Menurut dia, dalam pertemuan sejumlah perwakilan awak bus dengan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Cilacap pada Senin (10/1) telah ada kesepakatan jika ruas jalan yang rusak akan segera diperbaiki sehingga bus diminta untuk beroperasi kembali.

"Hari ini Bina Marga telah mengirim material untuk memperbaiki jalan rusak. Bahkan di Wringinharjo yang kerusakannya paling parah ada tiga truk pengangkut material untuk memperbaiki jalan tersebut," katanya.

BPT Dinas Bina Marga Wilayah Cilacap belum bisa dikonfirmasi terkait rencana perbaikan kerusakan jalan pada ruas Cilacap-Sidareja-Patimuan yang menuju Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Informasi yang dihimpun menyebutkan para pejabat struktural BPT Dinas Bina Marga Wilayah Cilacap sedang berada di Semarang untuk menghadiri pelantikan Kepala BPT Dinas Bina Marga Wilayah Cilacap pengganti Priyono yang telah memasuki masa purnatugas.

Tarif Parkir di Bandung Naik

INDONESIA PLASA

Selasa, 11 Januari 2011 12:48 WIB

Bandung

Tarif parkir di pinggir-pinggir jalan umum di Kota Bandung, Jawa Barat, naik sebesar Rp200 hingga Rp2.000 yang sudah diberlakukan mulai awal tahun ini.

"Sesuai dengan Perda No.9 Tahun 2010, mulai 1 Januari 2011 tarif parkir di badan jalan mengalami kenaikan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Prijo Seobiandono, di Bandung, Selasa.

Ia menjelaskan, berdasarkan Perda No.9 Tahun 2010 tentang Retribusi Parkir di Kota Bandung, tarif parkir di badan jalan untuk jenis kendaraan truk gandeng, trailer atau kontainer naik sebesar Rp500, dari Rp4.500 menjadi Rp5.000 per sekali parkir maksimal dua jam.

Sementara untuk tarif parkir kendaraan jenis bus atau truk naik sebesar Rp3.000, dari Rp2.000 menjadi Rp5.000 per sekali parkir maksimal dua jam.

Tarif parkir untuk jenis kendaraan angkutan barang atau mobil boks naik sebesar Rp500, dari Rp1.500 menjadi Rp2.000 per sekali parkir maksimal dua jam.

Tarif parkir jenis kendaraan sedan atau kendaraan pribadi juga naik Rp1000, dari Rp1.000 menjadi Rp2.000 per sekali parkir maksimal dua jam.

Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda dua, naik Rp200 dari Rp300 menjadi Rp500 per sekali parkir maksimal dua jam.

Priyo mengatakan, untuk tahun 2011 pihaknya akan terus berupaya mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung yang disebabkan oleh masalah perparkiran di badan jalan.

"Dari 32 macam penyebab kemacetan di Kota Bandung, salah satunya disebabkan oleh bahu jalan yang digunakan sebagai tempat parkir. Untuk saat ini, Alhamdulilah kami sudah berhasil mengatasi masalah parkir di Pasar Baru. Ke depan kami akan berupaya menertibkan parkir di Pasar Kosambi, Jalan Dalem Kaum, Kepatihan dan Pasar Cihaurgeulis," ujarnya.

Ia menambahkan, hingga sekarang ada sekitar 200 badan jalan di Kota Bandung yang dijadikan sebagai tempat parkir.

Ford Seriusi Mobil Hijau

INDONESIA PLASA

Selasa, 11 Januari 2011 10:57 WIB

Electric Focus (motortrend.com)

Detroit, Michigan

Produsen otomotif Ford mengumumkan pada Senin pihaknya akan mempekerjakan 7.000 orang tambahan di AS selama dua tahun ke depan sehubungan merek itu masuk ke pasar mobil hijau dan industri perusahaan itu terus mengalami pemulihan dari kemerosotan sebelumnya.

Ketika mempromosikan mobil pertama yang sepenuhnya bertenaga listrik di pameran motor Detroit, Ford mengatakan pihaknya sedang menciptakan pos penggajian yang pembayarannya diperhitungkan secara jam-jaman.

Kepala eksekutif Ford Alan Mulally mengatakan perusahaan itu ingin memiliki kesempurnaan mobil hijau yang menarik minat konsumen, terlebih lagi karena harga minyak terus naik.

Ford sebelumnya mengumumkan bahwa 7.000 pekerjaan akan ditambahkan pada tahun ini dan tahun depan, yang terdiri atas 4.000 orang untuk pabrik perakitan dan 2.500 orang untuk kegiatan manufaktur.

"Ford sedang melaksanakan cara-cara kompetitif untuk merekayasa dan membangun kendaraan yang lebih efisien berbahan bakar dan berkualitas tinggi dengan teknologi yang benar-benar diinginkan konsumen Amerika," kata Mark Fields, presiden Ford Americas.

Ford akan mempekerjakan sejumlah insinyur dengan gaji bulanan untuk bekerja membuat kendaraan elektronik di Detroit dan di delapan kota AS lainnya, kata perusahaan itu.

Ford pada awal pekan ini meluncurkan Ford Focus Electric, mobil yang sepenuhnya bertenaga listrik pertamanya. Pada Senin perusahaan juga mempersembahkan dua mobil hibrida yakni C-MAX Hybrid dan C-MAX Energi.

Ambisi Baru Mobil Bertenaga Hidrogen

INDONESIA PLASA

Selasa, 11 Januari 2011 10:25 WIB


Riversimple (neody.info)
Jakarta

Konon, mobil yang panjangnya kurang dari 11 kaki 6 inci tak akan mungkin bisa memenuhi standard keamanan. Tapi, tak semua pihak tunduk pada diktum itu.

Hugo Spowers, insinyur sekaligus entepreneur, mengusung Riversimple dengan para ilmuwan dan insinyur yang berambisi melahirkan mobil bertenaga hidrogen untuk diproduksi massal.

Spowers dan Riversimple sebelumnya terlibat proyek Morgan LifeCar, kendaraan bertenaga hidrogen dengan dua tempat duduk. Kendaraan itu dibuat dari mobil Morgan Plus 8 dan penggeraknya dibuat Qinetiq.

Kendaraan itu tak pernah terwujud meski rancangannya sudah rinci di atas kertas. Berdasarkan kalkulasi, kendaraan itu setara mobil berkonsumsi 178 mil per galon dengan akselerasi 0-100 km dalam 7 detik.

Kini, setelah mendapat pendanaan, kendaraan itu dirancang ulang dengan badan yang lebih kecil. Rencananya pertengahan Februari 2011 purnarupanya sudah siap.

Riversimple diperkuat oleh sosok seperti Christopher Reitz, mantan kepala perancang Fiat. Ada 50 purnarupa yang sedang dibuat untuk ujicoba di Leicester Inggris. Produksi massal dimulai 2013.

Hidrogen tidaklah murah, tapi Riversimple menyiasati dengan bentuk kecil dan ringan sehingga ongkosnya murah dan dampak lingkungannya kecil.

"Kendaraan ini adalah untuk bepergian secara lokal, radius 25 mil," kata Spowers. Masuk akal juga karena rencananya semua Riversimple cuma punya 1 SPBU yang dipasok oleh BOC, perusahaan terbesar pemasok gas industri di Inggris.

"Ini dunia selain kendaraan dengan tenaga listrik. Produk kami lebih baik, lebih enjoy, sangat diminati dan aspirasional," kata Spowers.

Rancangan baru kendaraan itu menggunakan penggerak hidrogen 6kW buatan Horizon Singapura dilengkapi ultra-kapasitor untuk menyerap energi pengereman.

Kecepatan maksimalnya 50 mil per jam, akselerasi 0-30 mil per jam dalam waktu 5,5 detik dan tangki hidrogen 5.000psi bisa untuk 240 mil.

Mobil itu setara dengan kendaraan bermesin BBM yang menghabiskan 300 mil per galon. Emisi CO2 nya 34gram/km, bandingkan dengan diesel Smart yang lebih dari 100 gram/km.

Kurs Rupiah Pagi Menuju Level Rp9.100

INDONESIA PLASA

Selasa, 11 Januari 2011 10:14 WIB |
Kurs Rupiah Pagi Menuju Level Rp9.100

Jakarta

Indeks dalam negeri yang dibuka menguat pagi ini di Bursa Efek Indonesia (BEI) belum berimbas pada pergerakan Rupiah. Kurs Rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi melemah menuju level Rp9.100.

Tercatat Rupiah pagi ini bergerak pada posisi Rp9.090 lebih rendah dibandingkan hari kemarin di Rp9.055.

Pengamat pasar uang Ahmad Riyadi di Jakarta, Selasa mengatakan, sentimen negatif berasal dari ekspektasi peningkatan inflasi yang menyebabkan dollar AS diburu sebagai mata uang aman.

"Masih melemahnya Rupiah diprediksi akibat arus modal keluar dari saham lokal dan obligasi terkait kekhawatiran pada meningkatnya tekanan inflasi," katanya.

Ia menambahkan, banyak sekali sentimen negatif yang diperkirakan memicu besaran inflasi. Faktor-faktor yang menjadi kekhawatiran investor sehingga diperkirakan akan mendorong laju inflasi diantaranya tingkat inflasi Desember 2010 dan tidak diimbangi dengan peningkatan BI rate.

"Isu inflasi dan kekawatiran terhadap kenaikan suku bunga memang menjadi alasan utama, namun kekawatiran tersebut cenderung berlebihan mengingat tingkat inflasi Indonesia tidak sedang berada dalam kondisi `hyper inflation`," kata dia.

Pasar Otomotif 2011 Targetkan 800 Ribu Unit

INDONESIA PLASA


Pabrik Perakitan Toyota
Jakarta

Pasar otomotif nasional yang menurut estimasi mencapai 764.000 unit pada 2010 diharapkan bertambah menjadi 780.000 sampai 800.000 unit tahun 2011.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta, Senin, mengatakan, perekonomian nasional yang menurut sejumlah ekonom membaik selama 2011 memperbesar peluang peningkatan pasar produk otomotif.

"Saat pertumbuhan ekonomi meningkat, penjualan otomotif naik. Itu yang terjadi dalam dua tahun terakhir di mana penjualan otomotif mencapai angka tertinggi. Peningkatan daya beli masyarakat menentukan pertumbuhan pasar otomotif," katanya.

Prospek ekonomi tahun ini, menurut dia, kondusif bagi penjualan mobil selama tidak ada kebijakan yang mengejutkan pasar.

Sementara Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto menambahkan, tantangan bagi pasar otomotif tahun ini antara lain kenaikan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) progresif, regulasi pajak dan kebijakan pengurangan subsidi bahan bakar minyak.

Namun dia optimistis pasar otomotif nasional bisa tetap tumbuh meski harus berhadapan dengan tantangan-tantangan tersebut.

"Secara normal pasar tetap tumbuh meski tidak sebesar pertumbuhan dari 2009 ke 2010. Tahun ini mungkin lebih mendatar," katanya.

Selama 2010, kata Joko, penjualan otomotif skala besar (wholesales) naik 57 persen menjadi sekitar 764.000 unit. Sementara pada tingkat retail, penjualan naik 52 persen menjadi 745.000 unit.

Dalam hal ini, menurut dia, segmen kendaraan multiguna (MPV) masih menjadi kontributor terbesar dalam penjualan pada skala besar maupun retail.

"Dan pasar segmen komersial mengalami perkembangan paling besar, dari 26 persen menjadi 29 persen," katanya.

Toyota sendiri, menurut dia, selama 2010 mencetak rekor penjualan dengan perkiraan mencapai 280.680 unit pada skala besar dan penjualan tingkat retail sebanyak 280.711 unit.

"Tahun ini kami menargetkan tetap menjadi pemimpin pasar dengan memegang pangsa pasar minimal 36 persen," kata Joko.

Rolls-Royce Siapkan Seri Listrik?

INDONESIA PLASA


Ilustrasi Rolls Royce
Jakarta

Rolls-Royce berencana membuat limusin tanpa emisi. Rumor yang sudah berkembang selama dua tahun terakhir menyebut bahwa Rolls-Royce secara diam-diam sedang mempersiapkan model listrik.

Dugaan itu diperkuat dengan komentar chief executive Rolls-Royce yang mengatakan kendaraan listrik atau berbahan bakar "eksperimental" merupakan "ide bagus". Seperti dilaporkan Daily Mail, awal pekan ini Torsten Mueller-Oetvoes membenarkan bahwa kendaraan dengan tenaga alternatif sedang dipertimbangkan.

Phantom, produk utama Rolls-Royce, minum satu galon setiap 15 mil.

Kendaraan super-green bagi kalangan kaya raya mungkin sudah bisa dilihat di jalanan tahun 2012. Seiring berlangsungnya olimpiade, BMW sebagai pemilik Rolls-Royce berencana mempertontonkan teknologi ramah lingkungan bertenaga listrik yang akan menjadi tonggak.

MINI, merk asal Inggris yang juga dimiliki BMW, sudah meluncurkan versi listrik.

Penjualan Rolls-Royce tahun 2010 naik 171 persen dibandingkan tahun 2009. Amerika Serikat masih merupakan pasar terbesar disusul China dan Inggris.

Penjualan yang melambung itu antara lain berkat Ghost, Rolls-Royce dengan model lebih kecil yang banyak dibeli perempuan kaya-raya.

Ghost dibuat di Goodwood Earl of March, pabrik dengan teknologi canggih. Pembeli Ghost antara lain seleb Inggris seperti Cheryl Cole, Geordie X, dan sutradara Guy Ritchie.

Menurut Mueller-Oetvoes, Ghost menarik bagi perempuan karena "maskulinitas"-nya. Ghost itu tak sebesar dan "tak seformal" Phantom. Ghost harganya 196 ribu pound sedangkan Phantom 300 ribu pound.

"Rolls-Royce adalah merk laki-laki. Perempuan suka Ghost karena mereka tak mau beli mobil yang dibuat untuk perempuan. Ghost adalah kendaraan maskulin yang manis."

10 persen pembeli Ghost adalah perempuan. Perbandingan larisnya adalah 3 Ghost berbanding 1 Phantom.