8 Oktober 2010

IHSG DI BUKA TURUN

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

IHSG

Pialang saham seusai perdagangan di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI).

Indeks Harga Saham Gabungan pada sesi pertama Bursa Efek Indonesia Jumat (8/10/2010) pagi, dibuka melemah.

Sampai pukul 09.40, IHSG turun 0,75 persen atau 27,03 poin menjadi 3.559,153. Sektor aneka industri, perbankan dan perdagangan menjadi pemberat indeks di zona merah.

Sementara indeks Kompas100 melemag 0,91 persen, indeks LQ45 terkoreksi 1,06 persen, demikian juga Jakarta Islamic Index melemah 1,06 persen.

PAJAK SETORAN DARI BURSA MELONJAK TAJAM

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Saham

Setoran pajak dari pelaku pasar modal di Bursa Efek Indonesia meningkat seiring kenaikan frekuensi transaksi sejak awal tahun 2010. Ini tidak terlepas dari pertumbuhan indeks harga saham gabungan dari 2.575,4 pada 31 Desember 2009 menjadi 3.384 pada 17 September 2010.

”Ada lonjakan signifikan pada penerimaan pajak yang berasal dari bursa,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Jakarta Khusus Riza Noor di Jakarta, Jumat (17/9/2010).

Namun, kenaikan penerimaan pajak itu, menurut Riza, tidak terkait langsung dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). ”Namun, karena memang terjadi peningkatan transaksi yang signifikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tarif pajak untuk semua transaksi di pasar modal 0,1 persen dari nilai transaksinya. Pajak ini bersifat final sehingga Ditjen Pajak tidak melihat nominal dana atau keuntungan yang diperoleh pelaku pasar modal pada saat bertransaksi.

”Jadi, meski IHSG turun, pajak bisa naik kalau transaksinya bertambah. Pajak Penghasilan (PPh) tidak terpengaruh kenaikan indeks. Mau loss (rugi) atau gain (untung) sama-sama kena pajak 0,1 persen,” kata Riza.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat adanya kenaikan transaksi pada sebulan terakhir atau sepanjang bulan Ramadhan tahun ini. Dalam satu bulan, rata-rata transaksi di bursa Rp 4,7 triliun per hari. Ini lebih tinggi daripada rata-rata transaksi harian yang tercatat sejak awal tahun 2010 hingga 7 September 2010, yang mencapai Rp 4,218 triliun atau naik 11,49 persen.

”Penerimaan pajak diperhitungkan harian, tetapi setoran pajaknya dilakukan setiap satu bulan ke Kantor Pelayanan Pajak Perusahaan Masuk Bursa (KPP PMB),” tutur Riza.

KPP PMB berada di bawah Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pajak Jakarta Khusus. Selain KPP PMB, ada delapan KPP lain yang di bawah koordinasi Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Khusus.

Semua Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Khusus tahun ini dibebani target penerimaan pajak Rp 93,4 triliun atau meningkat 23 persen dari tahun 2009.

Meski penerimaan pajak dari bursa meningkat, menurut pengamat pajak Ruston Tambunan, secara agregat, penerimaan pajak dari bursa efek belum maksimal. Penerimaan masih dapat ditingkatkan dengan menaikkan tarif PPh final. Saat ini tarif PPh final adalah 0,1 persen dari nilai bruto transaksi penjualan saham dan tambahan 0,5 persen bagi pemilik saham pendiri.

”Meskipun tidak dapat dibandingkan secara langsung dengan tarif PPh final 20 persen pada bunga deposito dan obligasi, tarif PPh final untuk transaksi saham masih lebih kecil dan masih dapat ditingkatkan,” kata Ruston.

Transaksi saham

Berdasarkan data BEI, rata-rata nilai transaksi harian untuk saham periode Januari-Juli 2010 mencapai Rp 4,17 triliun atau naik 8,73 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2009, yaitu Rp 3,84 triliun.

Sementara rata-rata frekuensi transaksi harian untuk saham periode Januari-Juli 2010 mencapai 94.794 kali, naik 1,49 persen dibandingkan periode sama tahun 2009, yaitu 85.028 kali transaksi.

Adapun volume transaksi harian Januari-Juli 2010 untuk saham 4,82 miliar saham atau turun 25,04 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2009, yaitu 6,43 miliar saham.

Adapun aktivitas di pasar obligasi konvensional, syariah, dan sukuk korporasi, serta efek beragun aset (Januari-Juli 2010) mencapai Rp 56,45 triliun. Jumlah ini naik 165 persen dibandingkan dengan periode sama 2009, yakni Rp 21,30 triliun.

Kenaikan juga terjadi pada frekuensi transaksi tahun 2010 yang mencapai 8.999 kali. Ini 67,67 persen lebih tinggi dibandingkan periode sama pada 2009, yaitu sebesar 5.367 kali.

Rata-rata transaksi harian naik dari Rp 150,02 miliar per hari pada Januari-Juli 2009 menjadi Rp 389,22 miliar per hari pada periode yang sama 2010 atau naik 159,52 persen.

Kenaikan signifikan juga terjadi pada transaksi Surat Berharga Negara (SBN) periode Januari-Juli 2010. Aktivitas perdagangan SBN, termasuk Obligasi Negara Ritel (ORI), mencapai Rp 856,18 triliun atau naik 101,73 persen dari Rp 424,41 triliun pada periode sama tahun 2009.

Frekuensi transaksi pada 2010 mencapai 46.682 kali atau naik 66,92 persen dibandingkan periode sama 2009, yang tercatat 27.967 kali. Rata-rata transaksi SBN harian naik dari Rp 2,99 triliun per hari pada Januari-Juli 2009 menjadi Rp 5,90 triliun per hari pada 2010.

IHSG AKHIR PEKAN MELOROT TIPIS

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Saham


Ilustrasi

Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Indonesia Jumat (8/10/2010) berakhir di zona merah, setelah selama perdagangan di jelang libur akhir pekan ini berada di zona tersebut.

IHSG ditutup melorot 1,09 persen atau 39,23 poin pada 3.546,954. Sahama-saham dari sektor perbankan, aneka industri, dan consumer menjadi pemberat utama indeks.

Sementara indeks Kompas100 melemah 1,31 persen, kemudian indeks LQ45 terkoreksi 1,42, serta Jakarta Islamic Index merosot 1,43 persen.

Pada perdagangan hari ini terdapat 85 saham naik, 122 saham turun dan 71 saham stagnan. Nilai transaksi mencapai Rp 5,421 triliun dari 128.803 kali transaksi dengan volume 6,431 miliar saham.

CITILINK INCAR PESAWAT EMPAT PABRIKAN

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Penerbangan

DOK CITILINK
Salah satu pesawat Citilink.
Maskapai penerbangan anak perusahaan Maskapai Garuda Indonesia, Citilink, mengincar pesawat dari empat pabrikan pesawat untuk pengembangan armadanya.

Keempat pabrikan yang diincar pesawatnya adalah Boeing dari AS, Airbus dari konsorsium Eropa, Bombardier dari Brasil dan Bombardier dari Kanada. "Pada saatnya nanti Citilink akan memilih pesawat dari salah satu pabrikan itu. Karena nantinya Citilink akan menggunakan hanya satu tipe pesawat," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsah Sattar di Jakarta, Jumat (8/10/2010).

Saat ini Citilink menggunakan Boeing 737-300 hasil dari hibah perusahaan induknya, Garuda Indonesia. Pesawat dari generasi klasik pesawat Boeing itu memang dianggap sudah kalah bersaing secara bisnis dengan pesawat-pesawat dari pabrikan lain.

Apalagi, menurut Emir, Citilink juga akan mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Pangsa pasar LCC, menurut Emir sekitar 60 persen dari keseluruhan pangsa pasar bisnis transportasi udara di tanah air. "Kesempatan Citilink untuk berkembang masih besar," ujarnya.

Jika jadi pindah ke jenis pesawat lain, kemungkinan jenis pesawat yang dipilih adalah Boeing 737-Next Generation, Airbus kelas A-320, Bombardier kelas CRJ 700/900/1000 atau Embraer ERJ 130/140/145/ 170.

Sayangnya Citilink belum melirik pesawat dari pabrik dalam negeri seperti CN 250 yang sebenarnya sudah bisa dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia.

DUA BOING777 PERKUAT ARMADA EMIRATES

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.
Kehadiran dua pesawat Boeing 777, masing-masing seri 200ER dan 300ER, pada Rabu (3/9) memperkuat armada Emirates menjadi 111 pesawat penumpang. Dari jumlah itu, 63 di antaranya adalah Boeing. Selanjutnya, kedua pesawat itu menambah kapasitas 620 tempat duduk.

"Boeing 777 merupakan pesawat utama bagi layanan operasi jarak jauh kami," kata Yang Mulia Sheikh Ahmed bin Saeed Al-Maktoum, Chairman dan Chief Executive Emirates Airlines dan Grup.

Dua pesawat ini akan digunakan pada rute jarak jauh Emirates untuk layanan pertamanya ke Amerika Utara dan Selatan. Emirates menerima pesawat 777 pertama, Boeing 777-200, pada 1996.

BOING PANGKAS PRODUKSI BOING777

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.


BOEING
Boeing 777-300ER (Extended Range) yang telah digunakan oleh KLM Royal Dutch Airlines. Pesawat inilah yang akan digunakan Garuda Airlines.

Produsen pesawat raksasa dari AS, Boeing, Kamis (9/4) waktu setempat, mengatakan akan memangkas produksi Boeing 777 menjadi lima pesawat per bulan dari tujuh. Hal ini menjadi rujukan cukup buruknya industri penerbangan.

Dalam peryataannya, Boeing mengatakan, mereka juga akan menunda rencana sebelumnya untuk "menyederhanakan" peningkatan produksi pesawat seri 747-8 dan 767. "Saat ini perekonomian kosumen kami mengalami kesulitan yang sangat ekstrim," kata Scott Carson, Presiden dan Pimpinan Eksekutif Pesawat Boeing.

"Penting untuk menyesuaikan rencana produksi kami untuk menjalin kerja sama pasokan dengan kondisi pasar yang berat. Kami menjalin hubungan erat dengan pelanggan kami sehingga kami bisa terus memonitor lingkungan bisnis yang dinamis ini," kata Scott.

Tidak ada perubahan dalam rata-rata produksi pesawat 737 yang sudah dibuat saat ini, kata perusahaan itu.

PILOT OTOMATIS BOING777 BERMASAALAH

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

PENERBANGAN
Washington, Selasa - Regulator Keselamatan Transportasi Udara AS memerintahkan maskapai penerbangan AS untuk memasang perangkat lunak baru di pesawat Boeing 777. Tujuannya agar pesawat-pesawat dapat tetap lepas landas secara mulus dan tidak bablas keluar dari ujung landas pacu. Aturan itu dapat memengaruhi lebih 800 unit Boeing 777 di dunia.

Dalam arahan yang dikeluarkan pada Selasa (16/3), Badan Penerbangan Federal (FAA) memerintahkan maskapai penerbangan memperbaiki perangkat lunak itu guna mencegah kecelakaan yang mungkin ditimbulkan oleh sistem pilot otomatis.

Sistem pilot otomatis Boeing 777 dapat menyebabkan pesawat melaju lambat ketika hendak lepas landas. Ketika pilot berusaha mengatasi keadaan saat genting seperti itu, tanpa menyadari pilot otomatis masih aktif, pilot bisa menghadapi resistensi lebih besar dan menggagalkan lepas landas.

Inti dari permasalahan sistem pilot otomatis ini, pilot dapat dihadapkan untuk memutuskan pembatalan lepas landas.

Perintah perbaikan itu datang setelah dua kecelakaan Boeing 777 pada Januari 2010. Tidak disebutkan lokasi dan maskapai yang mengalami kecelakaan.

Namun, pada 2008 pesawat Boeing 777 milik British Airways mendarat dini di luar landas pacu Bandara Heathrow London juga karena kesalahan teknis pesawat.

Pada kejadian Januari 2010 para pilot mulai menggunakan pilot otomatis sebelum lepas landas. Ketika kru merasakan ada daya tahan yang lebih besar, mereka memilih berhenti. Padahal, saat itu kecepatan pesawat masih terlalu tinggi untuk dihentikan tiba-tiba. Untungnya kedua pesawat itu tetap berada di jalur landas pacunya.

Namun, juru bicara Boeing mengatakan, sejak diperkenalkan Boeing 777 telah melakukan 4,8 juta penerbangan tanpa kecelakaan terkait pilot otomatis.

HARGA TERLALU RENDAH GARUDA BATAL JUAL PESAWAT

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Penerbangan


Illustration
PT Garuda Indonesia (Persero) menunda rencana menjual 8 pesawat Boeing seri klasik miliknya tahun ini karena harga jual di pasar masih rendah.

"Kami sudah coba menjualnya, tetapi belum bisa karena memang harga di pasar masih terlalu rendah. Sebagai BUMN, kami harus menjual minimal seharga nilai jual obyek pajak (NJOP). Namun, rata-rata harga pasar masih di bawah yang ditargetkan," kata Direktur Operasi Garuda Indonesia Ari Sapari, Rabu (22/9/2010).

Sayang, Ari mengaku tidak ingat berapa harga satu pesawat bekas yang terdiri dari Boeing 737-300, 400, dan 500 seri klasik tersebut. Namun, menurutnya, harga jual pesawat yang masih rendah itu disebabkan industri penerbangan di luar negeri, khususnya Eropa, masih belum bergairah. Berbeda halnya dengan industri penerbangan di kawasan Asia Pasifik yang terus tumbuh. Karena itulah, Garuda akan menjualnya ketika harga pesawat naik.

Walhasil, "Pesawat-pesawat klasik itu masih kami gunakan untuk melayani rute domestik karena aset BUMN itu tidak boleh tidak diutilisasikan," jelasnya.

Awal Mei lalu, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar memastikan akan melakukan phase out atau menyingkirkan 16 pesawat Boeing seri klasiknya seiring kedatangan 24 pesawat baru tahun ini. Delapan pesawat di antaranya akan diserahkan kepada anak usahanya, Citilink, untuk dioperasikan sehingga delapan unit sisanya akan dikembalikan kepada lessor dan dijual.

Sampai akhir tahun lalu, Garuda mengoperasikan 70 pesawat. Dengan rincian, Boeing 747-400 sebanyak 3 unit, Airbus 330-300 sebanyak 6 unit, Airbus 330-200 sebanyak 4 unit, Boeing 737-800 NG sebanyak 23 unit, Boeing 737-400 sebanyak 19 unit, Boeing 737-300 sebanyak 10 unit, dan Boeing 737-500 sebanyak 5 unit. Sementara itu, sampai tahun 2014, rencananya Garuda akan mengoperasikan 116 pesawat dengan komposisi 90 pesawat Boeing 737 NG dan 26 pesawat A330-200.

KEDATANGAN B777 GARUDA TERTUNDA LAGI

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Pesawat

BOEING
Boeing 777-300ER (Extended Range) yang telah digunakan oleh KLM Royal Dutch Airlines. Pesawat inilah yang akan digunakan Garuda Airlines.
Pesawat jenis Boeing B777-300 yang sudah dipesan oleh Garuda dari pabrikan pesawat dari AS itu dipastikan belum bisa memperkuat armada Garuda pada tahun ini dan tahun depan.

Pesawat akan mulai datang pada tahun 2012, sesuai kesepakatan awal. Pesawat ini sebenarnya sangat diharapkan datang pada akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun 2011.

Hal tersebut untuk memperkuat armada Garuda yang akan dipakai menerbangi rute ke Eropa. Apadaya, pesawat masih belum datang. "Pesawat yang sedianya datang itu sebenarnya pesanan dari maskapai lain. Dulu katanya tidak jadi diambil, tapi ternyata jadi diambil. Akhirnya kita kembali ke kesepakatan awal dengan Boeing," ujar Direktur Utama Garuda, Emirsah Sattar, Jumat (8/10/2010) di Jakarta.

KUR DI REKOMENDASIKAN UNTUK OKI

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.


Kompas/ Orin Basuki
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengamati dan mencoba sebuah senapan laras panjang buatan Turki dalam MUSIAD International Trade Fair di Istanbul, Turki, Jumat (8/10/2010). MUSIAD adalah kamar dagang dan industry terbesar di Turki saat ini, yang memiliki 3.150 anggota senior dari lima sector industri di Turki. MUSIAD International Trade Fair kali ini digelar pada 7-10 Oktober 2010, yang dikunjungi sekitar 130.000 orang. Indonesia berencana menjadi peserta dalam pameran tersebut mulai tahun 2011.

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengusulkan agar KUR atau Kredit Usaha Rakyat diadopsi oleh Organisasi Konferensi Islam atau OKI sebagai sistem pembiayaan mikro di negara-negara miskin. Namun, KUR membutuhkan suntikan dana dari pemerintah negara miskin tersebut sebagai premi atas risiko gagal bayar yang mungkin terjadi pada debitur KUR.

"Akan tetapi, tidak ada satu pun negara miskin anggota OKI yang akan sanggup mengalokasikan anggaran penjaminan kredit mikro seperti yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk penjaminan KUR sebesar Rp 2 triliun. Oleh karena itu, kami mengusulkan agar ada peran aktif dari IDB (Bank Pembangunan Islam) untuk membantu pemerintah di negara miskin menyediakan dana penjaminan. Bagaimana pun publik IDB adalah OKI," ungkapnya di Istanbul, Turki, Jumat (8/10/2010).

Di Indonesia, pemerintah membayar premi yang setara dengan 10 persen dari jumlah nominal KUR yang diharapkan dapat dialirkan. Karena target kucuran KUR sekitar Rp 20 triliun, maka pemerintah menyediakan dana penjaminan senilai Rp 2 triliun. Dana Rp 2 triliun ini diberikan kepada Jamkrindo dan Askrindo sebagai perusahaan yang menjaminkan setiap KUR yang dicairkan perbankan. Bank terbesar yang menyalurkan KUR adalah BRI.

Penjaminan Rp 2 triliun itu cukup untuk menjamin setiap potensi gagal bayar yang mencapai empat persen. Potensi gagal bayar pada pembiayaan mik ro di berbagai negara akan berlainan, dan bergerak dari skala 1-5. Khusus untuk Indonesia, potensi gagal bayarnya adalah empat persen.

Saat ini, IDB mengelola Islamic Solidarity Fund for Development (ISFD), yakni dana wakaf dari 57 negara anggota OKI. Dana ini digunakan untuk negara-negara anggota OKI yang memiliki tingkat perekonomian rendah. Nilai dana yang terkumpul saat pertama kali diluncurkan (Maret 2008) adalah 10 miliar dollar AS. Program utamanya adalah mengentaskan kemiskinan.

Namun, menurut Hatta, ISFD tidak berjalan maksimal karena IDB tetap mengharuskan adanya agunan pada setiap calon debiturnya. Padahal, masyarakat di negara miskin rata-rata tidak memiliki agunan yang dapat dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan mikro. Ini yang membedakan ISFD dengan KUR.

"Jadi kalau mau jalan, harus ada perubahan di IDB sendiri. KUR berjalan karena tidak mewajibkan ada agunan, cukup dilihat usahanya. Jika usaha yang akan dibiayai KUR tergolong meyakinkan, maka dia layak mendapatkan pembiayaan," ujarnya.

PEMERINTAH DAN KADIN BENTUK TIM EVALUASI PAJAK

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.


shutterstock
ilustrasi
Kementerian Keuangan serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia sepakat membentuk tim yang bertugas mengevaluasi kebijakan perpajakan, cukai, dan kepabeanan.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, dalam mengevaluasi sejumlah isu terkait perpajakan, cukai, dan kepabeanan, pemerintah memang perlu melibatkan pelaku usaha. "Baik yang strategis ataupun yang bersifat khusus dan operasional," ujarnya.

Para pengusaha pun sudah menyiapkan sejumlah agenda. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Moneter, Fiskal, dan Kebijakan Publik Haryadi Sukamdani mengatakan, Kadin sudah menginventarisasi sejumlah persoalan yang akan dibahas dalam tim tersebut. Hal itu di antaranya mengusulkan pengurangan tarif Pajak Penghasilan (PPh) dan penghapusan atas dividen sebagai pengembalian modal.

Kadin juga meminta pemerintah mengkaji Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 61 Tahun 2009 yang mengatur penghindaran pajak berganda. "Karena praktiknya masih terjadi multitafsir," katanya.

Selain itu, Kadin juga mengusulkan adanya check and balances dalam tubuh Direktorat Jenderal Pajak Pajak. Nantinya, Haryadi menjelaskan akan dibuat sebuah mekanisme eksaminasi atau pengkajian bila ada keberatan dari para wajib pajak.

Ketua Umum Kadin Adi Putra Taher menambahkan, tim juga akan membahas rencana pelimpahan wewenang membikin aturan perpajakan dan kepabenan ke Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Menurut Haryadi, ada empat tujuan yang disasar tim tersebut. Pertama, meminimalisasi peluang terjadinya penafsiran yang berbeda-beda atas peraturan perpajakan. Kedua, membangun kepercayaan antara wajib pajak dan pemerintah. Ketiga, meningkatkan ketaatan wajib pajak. Keempat, menggenjot rasio perpajakan.

DITJEN PAJAK KAJI PEMBEBASAN PAJAK UKM

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.


Direktur Jenderal Pajak, M Tjiptardjo mengaku dapat memutuskan usulan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk membebaskan pajak pertambahan nilai bagi pelaku usaha kecil menengah dengan omzet hingga Rp 2,5 miliar.

Karena Ditjen Pajak itu bagian Kementerian Keuangan. Ini kan faktor kebijakan policy, jadi serahkan saja ke BKF Badan Kebijakan Fiskal untuk mengkaji.
-- Direktur Jenderal Pajak, M Tjiptardjo

"Karena Ditjen Pajak itu bagian Kementerian Keuangan. Ini kan faktor kebijakan (policy), jadi serahkan saja ke BKF (Badan Kebijakan Fiskal) untuk mengkaji. Kami dari pajak akan mengikuti perkembangannya seperti apa, kewenangannya di Kemenkeu," kata M Tjiptardjo saat ditemui di Jakarta, Jumat (8/10/2010).

Menurut dia, usulan tersebut membutuhkan kajian mendalam untuk mencari manfaat apa yang dapat diperoleh serta dibutuhkan menyelaraskan aturan.

"Itu tentunya, kami berpendapat harus melalui kajian, kebijakan itu selalu ditinjau dari plus minusnya," ujarnya.

Ia mengatakan, tidak tertutup kemungkinan apabila usulan tersebut diberlakukan, dapat mempengaruhi penerimaan perpajakan.

Namun, ia menambahkan, diharapkan ada keuntungan lain bagi pemerintah yang bisa didapat seperti kemungkinan adanya penambahan lapangan pekerjaan serta memajukan sektor riil.

"Kalau dikatakan efek ke penerimaan tentunya ada dong. Suatu policy yang diambil kebijakan pemerintah pasti ada pengorbanannya, tapi di samping itu ada gain yang bisa didapat dan itu tidak ternilai," ujar Tjiptardjo.

Selain mendesak pemerintah membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM) dengan omzet hingga Rp 2,5 miliar, HIPMI juga meminta pemerintah memberikan insentif fiskal berupa penurunan pajak penghasilan (PPh).

"Kami kan minta sebelumnya agar UKM (omzet) dinaikkan dari Rp 600 juta ke Rp 1,8 miliar, nah sekarang dinaikkan menjadi Rp 2,5 miliar," kata Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa usai menyampaikan usulan insentif fiskal kepada pemerintah.

Menurut dia, dengan batas hingga Rp 2,5 miliar, nantinya para pengusaha UKM bisa serius untuk menjadi wajib pajak yang patuh.

"Kami lakukan ini agar kesadaran para pelaku UKM menjadi wajib pajak bisa meningkat. Kan jumlah kesadaran wajib pajak UKM masih sangat rendah karena mereka masih kurang disiplin," katanya.

WAJIB PAJAK BERTAMBAH 2,8 JUTA ORANG

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Pajak

KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYAT
Ilustrasi
Kasubdit Penilaian I Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak, Pestamen Situmorang, mengatakan, jumlah wajib pajak di Indonesia yang tercatat sampai 30 September 2010 mencapai 18.774.421 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Menurut keterangan Pestamen, jumlah tersebut, selama tahun 2010 bertambah 2,8 juta wajib pajak. "Terhitungan mulai 1 Januari hingga 30 September jumlah wajib pajak bertambah 2,8 juta orang," paparnya kepada wartawan di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat (8/10/2010).

Pestamen mengungkapkan bahwa dari 2,8 juta wajib pajak, terdapat wajib pajak orang pribadi karyawan sebanyak 2.534.488. "Untuk wajib pajak orang pribadi non karyawan sebanyak 191.313 orang. Dari bendaharawan 24.323 wajib pajak," paparnya.

Sementara itu, untuk WP badan sebanyak 112.721 WP, sehingga, imbuhnya, total penambahannya mencapai 2.862.845 NPWP.

"Dari total itu, untuk orang pribadi itu ada 16.587.054, untuk badan 1.721.058, dan bendaharawan ada 466.309," kata dia.

MEDIA CHINA SEPELEKAN NOBEL UNTUK LIU

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.


Foto Liu Xiaobo, pembangkang China yang dipenjara. Komite Nobel Norwegia, Jumat (8/10), mengumumkan, Liu meraih perhargaan Nobel Perdamaian 2010.
Media pemerintah China, Sabtu (9/10), menyepelekan keputusan Komite Nobel yang memberikan penghargaan perdamaian bergengsi bagi pembangkang yang dipenjara Liu Xiaobo. Sebaliknya para pembela hak asasi manusia (HAM) merayakan penghargaan tersebut.

Saat komunitas aktivis memuji putusan itu sebagai memberi sejumlah harapan bagi pembangkang China lainnya, polisi menahan puluhan pendukung Liu saat mereka berkumpul untuk bersulang atas penghargaan itu, Jumat malam, kata jaringan HAM yang berbasis di Hong Kong. "Saat beberapa orang telah berkumpul dalam kelompok-kelompok kecil untuk merayakan peristiwa penting itu, beberapa lusin pendukung Liu, terutama aktivis dan pembangkang, telah diciduk dan dimasukan ke dalam penahanan," kata Chinese Human Rights Defenders dalam sebuah surat elektronik.

Pemberian penghargaan itu dikutuk oleh media pemerintah China. Global Times mengatakan, Komite Nobel telah membuat malu sendirinya sendiri dan menduga bahwa hadiah perdamaian telah terdegradasi menjadi alat politik yang melayani tujuan anti-China. "Komite Nobel sekali lagi menampilkan kesombongannya dan berprasangka terhadap sebuah negara yang telah membuat kemajuan ekonomi dan sosial yang paling luar biasa dalam tiga dekade terakhir," kata editorial koran itu dengan mengacu pada Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet di pengasingan yang memenangkan hadiah Nobel Perdamaian tahun 1989.

"Tak satu pun dari kedua orang itu yang memberikan kontribusi bagi perdamaian China dan pertumbuhan dalam beberapa dekade terakhir," kata harian berbahasa Inggris tersebut.

Berita bahwa Liu - yang Beijing telah berulang kali mencapnya sebagai kriminal menyusul hukuman penjara 11 tahun terhadapnya pada Desember tahun lalu 2009 atas tuduhan subversi - dianugerahi Nobel Perdamaian 2010 dilaporkan di media resmi pemerintah berbahasa China. Namun laporan itu disampaikan melalui reaksi marah pemerintah terhadap keputusan tersebut.

Pencarian di internet dengan menggunakan kata kunci "Nobel Perdamaian" dan "Liu Xiaobo" tidak memberikan hasil di portal China Sina dan Sohu. Sementara pencarian serupa pada Weibo, sebuah layanan mirip Twitter, juga tidak menampilkan apa-apa.

Beberapa pengguna internet bisa mendapat informasi yang luput dari sensor ketat tentara dengan tidak menyebutkan nama Liu dalam postingan mereka di Weibo. "Seorang warga China memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2010," kata seorang pengguna internet.

Seorang pengguna yang lain menggambarkan penghargaan itu sebagai "hadiah dinamit 8 Oktober" dan mem-posting foto Liu dan rincian tentang penahanannya. Pencarian di mesin pencari China, Baidu, menampilkan reaksi pemerintah atas hadiah perdamaian itu dan laporan sebelumnya tentang penulis 54 tahun yang dipenjara tersebut.

Berita Jumat sore di China Central Television tidak melaporkan kabar tentang Liu. Televisi itu membuka laporannya dengan sebuah berita tentang banjir di Pulau Hainan sementara siaran tentang Liu oleh jaringan televisi internasional CNN dan TV5 Perancis diblokir pemerintah. Pesan teks yang dikirim dengan berisi nama lengkap Liu Xiaobo tampaknya diblokir, demikian menurut beberapa tes dilakukan koresponden