6 November 2010
Perajin Gula Merah Pringsewu Tidak Gunakan Formalin
Sejumlah perajin gula merah di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung menyatakan bahwa setiap produksinya tidak menggunakan bahan pengawet atau formalin.
"Kami hanya menggunakan gamping atau batu kapur untuk bahan campurannya yang digunakan untuk mempercepat atau mempermudah pengeringan saat pencetakan," ujar Kasidi, salah satu perajin Gula merah, di Dusun Pujosari, Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Minggu.
Menurut dia, pembuatan gula merah dari nira kelapa tersebut tidak memerlukan bahan pengawet apapun karena dengan demikian hasil produksinya lebih aman untuk dikonsumsi.
"Usaha pembuatan gula merah dari nira pohon kelapa itu sudah dilakukan atau dikembangkan sejak Tahun 1921 yang dulunya merupakan usaha sampingan selain bertani," ujar dia.
Namun, sambungnya, saat ini sebagian petani kelapa mulai menekuni usaha pembuatan gula merah karena hasilnya yang cukup lumayan sehingga dapat meningkatkan penghasilan petani.
Ia menerangkan pembuatan gula merah di daerah itu merupakan usaha yang sudah sejak dulu dan dilakukan secara turun temurun hingga sekarang.
"Setiap harinya rata-rata seluruh perajin di satu dusun tersebut bisa menghasilkan dua ton lebih gula merah dari ratusan perajin gula merah," ujar dia.
Senada dengan perajin lainnya, Uswatun, mengatakan, kegiatan membuat gula merah itu dilakukan sudah sejak lama karena usaha itu merupakan usaha turun temurun warga setempat selain usaha lainnya yaitu bertani.
"Usaha pembuatan gula merah itu sangat membantu petani untuk meningkatkan pendapatannya sehingga kami terus menekuni usaha itu," kata dia.
Sedangkan, ia menjelaskan untuk pembuatan atau memproduksi gula merah membutuhkan waktu sekitar tujuh hingga delapan jam setiap harinya.
"Setiap kali pembuatan kami juga tidak menggunakan formalin atau bahan pengawet untuk campuran gula merah dari nira tersebut, sehingga dapat dipastikan produksi gula merah asal Pringsewu aman untuk dikonsumsi," tegas dia.
Namun, kata dia lagi, untuk kualitas gula merah sendiri ada dua yaitu kualitas bagus dan kualitas yang kurang bagus karena terkadang pembuatan gula tersebut tidak seluruhnya memperoleh hasil yang bagus.
"Gula merah kualitas bagus digunakan untuk pasaran yang ada di Provinsi Lampung dan luar Lampung, sedangkan kualitas di bawahnya diambil oleh pabrik kecap sebagai bahan tambahan membuat kecap," ujar dia.(*)
Pengrajin Batik Pekalongan Hentikan Pesanan
Sejumlah pengrajin batik Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mulai menghentikan pesanan barang dari para konsumen karena mereka tidak mampu lagi mengikuti laju kenaikan harga bahan baku batik.
Ketua Paguyuban Serikat Pembatik Pasirsari Kota Pekalongan, Sodikin di Pekalongan, Minggu, mengatakan kenaikan harga bahan bahan baku batik yang terjadi dalam beberapa pekan ini mengakibatkan pengrajin kesulitan melayani pesanan.
"Saat ini sejumlah perajin batik mulai menghentikan order dari pengusaha karena harga bahan baku batik terus semakin naik," katanya.
Menurut dia, harga bahan baku jenis katun semula Rp5.700 per yard kini naik mencapai Rp7.800 per yard, jenis rayon dari Rp6.000 per yard naik Rp7.900 per yard, jenis dobi Rp10 ribu per yard naik Rp10.700 per yard, dan viskos semula Rp11 ribu naik Rp12.000 per yard.
Jika pun ada pengrajin yang masih membatik, katanya, kemungkinan karena mereka harus memenuhi pesanan dari pengusaha yang belum terselasaikan.
"Namun yang pasti, sejumlah pengrajin yang sudah tak menanggung beban pesanan, mereka lebih memilih berhenti menerima order," katanya.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Pekalongan, Slamet Prihantono mengatakan pemkot segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil langkah yang tepat agar pengrajin batik tetap bisa beraktivitas lagi.
"Jujur saja, akibat ketergantungan untuk mendapatkan bahan baku batik dari negara lain cukup merepotkan. Namun, untungnya kualitas produk batik kita tidak kalah dengan negara lain," katanya.(*)
Airbus Dukung Investigasi Kasus Airbus A380 Qantas
Airbus menyatakan memberikan dukungan kepada biro pemeriksaan dan keamanan penerbangan sipil Perancis serta pihak otoritas Australia yang akan melakukan investigasi terhadap kasus penerbangan Qantas QF32 dari Singapura ke Sydney 4 November 2010.
Siaran pers Airbus yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, Airbus akan mengumumkan informasi faktual lebih lanjut segera setelah semua detil telah terkonfirmasi. Investigasi itu sendiri merupakan tanggung jawab sepenuhnya otoritas terkait.
Airbus mengkonfirmasikan bahwa pesawat Airbus A380 yang dioperasikan oleh Qantas mengalami permasalahan mesin pada penerbangan QF32 dari Singapura ke Sydney, tanggal 4 November 2010.
Laporan awal mengindikasikan bahwa pesawat mengalami permasalahan dengan mesin setelah take-off dari Singapura. Pesawat kemudian memutar balik dan mendarat dengan selamat di Singapura.
Pesawat dengan nomor registrasi VH-OQA, Nomor Seri Manufaktur 14, diserahterimakan ke Qantas pada 19 September 2008 dan telah melakukan penerbangan selama 8.165 jam dan 831 putaran terbang. Pesawat ini mempunyai empat buah mesin Rolls-Royce Trent 900.
Pesawat saat itu sedang membawa 440 orang penumpang dan 26 orang awak pesawat. Tidak ada laporan mengenai adanya korban luka-luka dalam kejadian tersebut.
Airbus melihat keselamatan penerbangan adalah hal terpenting, dan terkait dengan permasalahan mesin pada Qantas A380 penerbangan QF32 tanggal 4 November 2010, Airbus telah segera mengeluarkan All Operators Telex meminta perusahaan penerbangan yang mengoperasikan pesawat A380 bermesin Rolls-Royce melakukan inspeksi terhadap pembangkit listrik, guna memastikan keselamatan operasional armada tetap terjaga.
Hal ini tidak terkait dengan bagi perusahaan penerbangan yang menggunakan A380 bermesin Engine Alliance.
Rangkaian A380 Family bermula dari pesawat penumpang dasar berkapasitas 525 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas di dua dek luas, yang memiliki jangkauan 8.300 mil laut/15.300 km.
Memasuki tiga tahun sejak memulai pelayanan komersil, sebanyak 38 buah pesawat dari armada A380 telah memenuhi semua komitmen, bahkan melampaui ekspektasi kelima operator penerbangan pertama yang menggunakannya, yakni Singapore Airlines, Emirates, Qantas, Air France, dan Lufthansa.
Singapore Airlines menerima A380 pertamanya pada 15 Oktober 2007 dan kini memiliki 11 pesawat yang dioperasikan di rute Singapura ke Hongkong, Tokyo, London, Paris, Zurich, Sydney dan Melbourne.
Sebelumnya diberitakan bahwa pesawat Airbus A380 Qantas yang bermasalah melakukan pendaratan darurat di Singapura pada Kamis (4/11) dengan asap keluar dari bagian bawahnya dan segera dikelilingi oleh enam mobil pemadam kebakaran.
Sementara itu dari Batam dilaporkan ratusan serpihan pesawat terbang Qantas jatuh di sekitar persimpangan Kara, Kecamatan Batam Kota, Kamis sekitar jam 09.15 WIB.
Serpihan terdiri atas berbagai macam ukuran di sekitar Persimpangan Kara sampai ke perumahan Center Park. Seorang warga Center Park, Jahissta mengatakan, serpihan-serpihan yang besarnya sekitar satu meter jatuh di depan rumahnya.
ICMI Siap Cetak 10 Ribu Saudagar
Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) siap mencetak 10 ribu saudagar untuk mewujudkan tujuan program peningkatan kesejahteraan umat.
"Angka 10 ribu itu bukan utopia karena banyak di antara umat Islam yang sudah menjadi pedagang," kata Wakil Ketua ICMI Jawa Timur, Ismail Nachu, di Surabaya, Sabtu.
Ia mengemukakan bahwa program perekonomian yang digagas ICMI sejak 20 tahun silam sudah cukup berhasil dan mengakar di masyarakat.
"Bank Muamalat yang digagas ICMI kini juga menjadi model dari menjamurnya bank syariah. Untuk menggagas itu, ICMI memang tidak sendirian, tetapi bersama-sama dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia)," katanya di sela-sela Muswil ICMI Jatim itu.
Menurut dia, sebelum ada Bank Muamalat, umat Islam di Indonesia tidak pernah memiliki akses ke perbankan karena terkendala sistem riba yang menurut hukum Islam merupakan perbuatan haram.
"Padahal, banyak dana yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh umat Islam untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menambah modal usaha," katanya.
Setelah Bank Muamalat berdiri, sedikit demi sedikit umat Islam di Indonesia menemukan jalan menuju perbankan. Apalagi, sekarang bank-bank konvensional di Indonesia berlomba-lomba mendirikan bank syariah.
Untuk mewujudkan lahirnya 10 ribu saudagar baru, lanjut Ismail, pihaknya akan menggandeng Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).
Ia menganggap Muhammadiyah banyak melahirkan wirausahawan pemberani dan sukses dalam menjalankan usahanya, seperti Mohammad Najikh, pengusaha perikanan yang juga salah satu pengurus teras PW Muhammadiyah Jatim.
"Sedangkan NU, kami melihatnya punya basis massa di tingkat pesantren yang sangat kuat. Ini modal utama untuk mewujudkan 10 ribu saudagar muslim seperti yang kami canangkan," katanya.
Rencana melahirkan 10 ribu saudagar muslim itu akan dia paparkan dalam Mukatar V ICMI di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 4-7 Desember 2010.
Di sektor mikro, kata Ismail, ICMI akan meningkatkan peran Baitul Maal wat Tamwil (BMT) yang sudah berkembang pesat di sejumlah daerah.
Besok Kesempatan Terakhir Dapat GM Airtech Murah
Anda sedang butuh helm berkualitas nan murah? Jika iya, Minggu (7/11) merupakan kesempatan emas terakhir Anda untuk mendapatkan helm 'full face' berkualitas tinggi bermerk GM di ajang Jakarta Motorcycle Show yang berlangsung sejak Rabu 3 November silam di Jakarta Convention Center.
Sejak Rabu silam PT Trijaya Motor Accesories (TMA), selaku distributor resmi helm GM, bekerjasama dengan PT Dyandra Promosindo sebagai pengelola pameran sepeda motor terbesar di Indonesia itu untuk menyediakan 1000 helm bermerk GM Airtech bagi para pengunjung pameran dengan haraga Rp99.000 saja. Normalnya helm itu dilego dengan nominal Rp240.000.
Sayangnya Minggu besok adalah hari terakhir penyelenggaraan JMCS sekaligus kesempatan bagi 200 orang terakhir yang cukup beruntung untuk mendapatkan helm keluaran murah berkualitas itu.
Sejak hari pertama pameran PT TMA dan Dyandra memang telah menetapkan persyaratan bahwa yang bisa membeli helm dengan harga murah itu hanya mereka yang mempunyai tiket JMCS, yang bernilai lima ribu rupiah, dan hanya untuk 200 orang pertama yang mendaftar untuk mengantri.
Sejak hari pertama pameran antrian peminat helm murah itu memang telah terlihat mengular di salah satu pojok JCC. Penjualan helm itu biasanya berlangsung dua kali yakni pada pukul 11 pagi dan 3 sore. Dalam dua kesempatan itu dijual masing-masing 100 buah helm GM Airtech baru. Akan tetapi antrian pembeli telah mulai terlihat sejam bahkan dua jam sebelum penjualan dimulai.
Selain promosi murah GM Airtech, beberapa distributor helm juga menampilkan beberapa helm unik, misalnya 'INK Spy Hacker'. Helm yang dijual oleh PT Tarakusuma Indah itu dilengkapi dengan teknologi yang dinamakan 'prisma view system' yakni berupa kaca spion yang terletak di tengah helm untuk melihat kebelakang pengendara sepeda motor. Helm berkaca spion tengah itu dijual dengan harga 850 ribu rupiah.
Turut serta juga dalam pameran itu adalah produk terbaru Sharp, Helmet Cleaner, yang dilengkapi dengan teknologi Sharp Plasmacluster yang berfungsi sebagai pembersih dan penghilang bau apek pada helm. Produk itu sebenarnya akan mulai diluncurkan dan dipasarkan pada Desember mendatang, tetapi Sharp tampaknya memanfaatkan JMCS sebagai ajang untuk memperkenalkan produknya itu.
"Kalau memesan sekarang akan diberikan potongan harga menjadi sekitar lima ratus ribu dari harga seharusnya 829 ribu rupiah," tawar Juni salah seorang Sales Promotion Girl yang ditemui disekitar booth PT Tarakusuma Indah.
Untuk sekedar mengingatkan JMCS beserta segala promosi harganya akan berakhir besok, jadi, manfaatkanlah waktu Anda sebaik mungkin.
Seharga Rp110 Juta, Piaggio MP3 Habis Terjual
Dibandrol dengan harga Rp110 juta, skuter matik asal Italia Piaggio MP3 tetap laris dan habis terjual begitu dipajang dalam ajang Jakarta Motorcycle Show 2010, yang berlangsung di Jakarta Convention Center.
Sejak pameran sepeda motor dua tahunan itu dimulai Rabu (3/11) sampai Sabtu (6/11), sehari sebelum pagelaran itu usai, PT Sentra Karya Eka Megah (SKEM), agen tunggal pemegang merk Pigio di Indonesia, telah menjual 10 unit Piagio MP3.
Jumlah itu merupakan stok terakhir yang dimiliki PT SKEM karena dua unit lagi telah terjual sebelum JMCS dimulai. Selaku ATPM di Indonesia, PT SKEM memang hanya dikirimi 12 unit skutik berkapasitas 250 cc itu setahun.
"Stoknya sudah habis," kata Wahono manajer marketing PT SKEM ketika ditemui Antara, Sabtu.
Di ajang JMCS, produk-produk Piaggio memang menempati urutan teratas dalam urusan harga. Salah satu unggulannya Piaggio Fuoco, skutik roda tiga berkapasitas 500 cc, dijual dengan harga Rp265 juta. Selain itu masih ada Piaggio Nexus yang dilego dengan harga Rp198 juta. Dua skutik itu memang belum laku terjual selama JMCS.
Meski demikian Piaggio masih punya produk yang bersahabat dengan kantong. Sebut saja Zip, skutik imut yang dilepas dengan harga 18.500.000 rupiah. Selama ajang JMCS sebanyak 16 unit kendaraan itu laku terjual. Demikian juga Piaggio Fly yang terjual empat unit. Skutik itu dibanderol dengan harga 30 juta rupiah.
Secara keseluruhan, Wahono menjelaskan, selama pagelaran JMCS mereka telah menjual 40 unit sepeda motor dari berbagai tipe.
Pertamina Enduro Gear` untuk Skutik
Dalam siaran persnya Pertamina mengatakan bahwa peluncuran pelumas baru itu ditujukan untuk menjawab meningkatnya permintaan terhadap pelumas khusus sepeda motor matik. Pangsa pasar skutik di Indonesia sendiri menurut data Pertamina telah mencapai 37,7 persen sampai pada 2009 dibandingkan tahun 2005 yang hanya 0,22 persen.
"Pertamina Enduro Gear dilengkapi dnegan aditif 'Exterem Preassure' yang berguna untuk menjaga kestabilan kekentalan oli dalam suhu panas. Oli ini bahkan telah menggunakan base oil fuel group III, material berkualitas tertinggi di kelasnya," papar Pertamina.
Selain itu desain kemasan yang ergonomis dan modern dengan volume 120 mililiter membuat oli itu mudah dituangkan.
Sederhananya Pertamina Enduro Gear akan memperlama pemakaian skutik karena oli baru itu bisa melindungi gear dari kondisi ekstrem terutama ketika menghadapi kondisis lalu lintas yang macet atau sedang dalam kecepatan tinggi.
Kemampuan memberikan daya tahan terhadap sepeda motor matik itu telah terbukti pada uji coba "Fastron Enduro Touring For Nation'. Pada uji coba itu skutik beroli Pertamina Enduro Gear berhasil menempuh jarak 5.300 kilo meter dengan rute perjalanan Medan - Jakarta - Bali - Jakarta.
Menurut rilis Pertamina oli Pertamina Enduro Matic kini telah bisa didapatkan di bengkel-bengkel di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.
Gaung Mobil Listrik
Cepat atau lambat mobil listrik akan mengubah industri otomotif. Sebut saja Pabrikan mobil merek Nissan yang telah menerima lebih dari 27 ribu pesanan di seluruh dunia atas seluruh produk mobil listriknya. Pesanan itu mulai dikirim masuk ke pasar AS dan Jepang pada bulan Desember kemudian disusul pengiriman ke beberapa negara Eropa.
General motor (GM) juga berniat untuk membuat mobil bertegangan 10 ribu volt berjenis hybrid elektrik. Tahun depan kendaraan roda empat itu akan mulai dijumpai di jalanan kota di AS seperti kota Austin, Texas. Sementara itu Tesla, pabrikan mobil sport listrik asal California, baru saja memperkenalkan model terbarunya, The Roadster, dan mereka belum lama ini membuka ruang pamer pertama di Tokyo, Jepang.
Pabrikan mobil antusias untuk menyenangkan pelanggan pertama mobil listrik mereka, jadi mereka turut membangun infrastruktur pengisian listrik guna menghalau kecemasan konsumen bahwa kendaraan jenis itu gampang kehabisan listrik dan mogok. Padahal, situasi ini bukanlah masalah besar karena mesin bensin di mobil akan otomatis menggantikan fungsi baterai jika habis.
Perusahaan yang terlibat dalam pengembangan kendaraan listrik menyadari bahwa sangatlah sulit untuk memastikan jika konsumen akan membeli mobil listrik mereka. "Banyak yang harus dipelajari sejauh ini," ujar presiden NRG, penyedia stasiun pengisian listrik di Wilayah houston.
Pemilik-pemilik awal mobil listrik boleh berharap mendapatkan banyak keuntungan. Paling penting adalah insentif pajak yang tinggi sehingga harga kendaraan mereka bisa lebih murah - seperti insentif 7.500 dolar di AS dan 5.000 euro di Inggris. Beberapa tempat lain bahkan menawarkan hak istimewa jalur parkir.
"Kendaraan listrik tak perlu banyak perbaikan karena mesinnya tak rumit. Mobil Tesla, sebagai contoh. tak memerlukan penggantian rutin oli, knalpot atau sistem pembuangan, busi, piston, atau onderdil lain yang berhubungan dengan mesin pembakaran internal," Ungkap Rachel Konrad, jurubicara dari Tesla Motor Europe.
Sebuah penelitian yang dilansir minggu lalu oleh J.D Power and Associates, kelompok peneliti pasar yang berbasis di California, memperkirakan penjualan kendaraan hybrid dan listrik akan mencapai 7.3 persen (71 juta) dari total kendaraan yang terjual di seluruh dunia di tahun 2020.
Konsumen akan mengabaikan jenis, kekuatan, konsumsi energi dan kecepatan pengisian energinya, termasuk banderol harga mobil listrik, ujar laporan itu. Nissan mengatakan bahwa pada 2020, 10 persen kendaraan yang terjual secara global berjenis elektrik.
Juru bicara Nissan mengingatkan bahwa perusahaan itu tetap akan membuat berbagai kendaraan konvensional sambil dengan gencar mengenalkan Leaf kepada pelanggan potensial. "Kendaraan listrik tak akan cocok untuk setiap orang," Ujar juru bicara tersebut.
Perluasan Industri
Di Jepang, Suzuki Motor yang bermarkas di wilayah Hammatsu, telah menemukan mitra yang akan membantu pembuat onderdil membangun teknologi percepatan baru pada mobil listrik.
Mitra-mitra Suzuki itu akan menyediakan kelompok peneliti yang akan membongkar mesin mobil elektrik buatan Suzuki agar onderdilnya bisa diteliti dan dibuat secara massal.
"Kita berada di tengah revolusi industri," tutur Osamu Suzuki (80) presiden Suzuki Motor pada sebuah perhelatan rapat umum kelompok tersebut.
"Supplier kami perlu memulai penelitian mengenai cara agar mereka mampu mengubah bisnis mereka."
Beberapa pakar di jepang memperingatkan bahwa Hamamatsu merupakan sebuah mikrokosmo dari industri otomotif Jepang, yang terdiri dari jaringan seperti Toyota dan Honda. Mereka didukung ribuan perusahaan yang membuat blok mesin, knalpot dan ratusan onderdil khusus lainnya menjadi tenaga bensin.
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir bulan Agustus oleh lembaga penelitian ekonomi Shizuoka, hampir 30 persen dari penjualan di jepang senilai 34.6 Trilyun yen (atau setara 430 milyar) industri onderdil datang dari onderdil yang dianggap usang oleh teknologi mobil bertenaga listrik.
Di Shizuoka, Wilayah di sekitar Hamamatsu yang dikenal sebagai pusat teknologi mesin, jumlahnya meningkat jadi 48 persen, ujar lembaga itu.
"Jepang membanggakan diri dalam pengembangan mesin terbaik dan teknologi otomotif terbaik," Ungkap hishasi Naka Jima, managing director senior yang sekaligus pembuat laporan pada lembaga itu."jika kita tak melakukan sesuatu sekarang, Kekuatan jepang akan beralih menjadi kelemahannya."
Perluasan industri mobil yang beralih ke mobil listrik akan menghadapi pesaing dari luar Jepang maupun dari industri yang secara tradisional merupakan bagian dari industri otomotif.
China juga muncul sebagai sebagai garda depan dalam produk kendaraan listrik. anyak perusahaan kecil tergesa-gesa memproduksinya secara sederhana, atau disebut mobil listrik murah. Dan di lembah Silicon AS, Perusahaan pemula mobil listrik Tesla menjual baterai mewah yang khusus menghidupi mobil sport sejak tahun 2008.
Pembuat onderdil harus menyerahkan bagian penting dari mobil listrik, yaitu baterai kepada industri elektronik. Bahkan pembuat onderdil kelas atas bekerja bersama perusahaan elektronik untuk mengembangkan dan memproduksi baterai yang kompleks dan tangguh yang dibutuhkan untuk tenaga kendaraan listrik.
Toyota, sebagai contoh yang bekerja sama dengan Panasonic sementara itu General motor bekerja sama dengan sebuah unit yang ada di LG corporation korea selatan.
"Peta industri sedang disusun ulang," ujar Nakajima dari lembaga penelitian ekonomi Shizuoka. "Dalam kekacauan itu pemenang dapat menjadi pecundang, dan pecundang dapat menjadi pemenang."
Empat Proyek Pupuk Kaltim dan Petrokimia Diresmikan
Menteri BUMN Mustafa Abubakar di Gresik, Jawa Timur, Sabtu, meresmikan empat proyek milik dua BUMN pupuk, PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Petrokimia Gresik.
Proyek Pupuk Kaltim yang sudah rampung adalah pabrik pupuk majemuk Fusion unit 1 dan 2 di Bontang, kata Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya, selaku holding BUMN pupuk, Arifin Tasrif dalam sambutan pada acara tersebut.
Pabrik dengan investasi 14,6 juta dolar AS ini mampu memproduksi pupuk NPK (Nitrogen, fosfat, kalium) hingga 200 ribu ton per tahun.
Pembangunan pabrik yang dioperasikan Pupuk Kaltim tersebut memakan waktu 17 bulan dengan kontraktor pelaksana PT Timas Suplindo.
Proyek Pupuk Kaltim lainnya yang diresmikan adalah pengoperasian Unit Desalinasi (Pemurnian air laut) dengan teknologi Reverse Osmosis.
Unit desalinasi Pupuk Kaltim ini, lanjut Arifin Tasrif, mampu memproduksi raw condensate dengan kapasitas 100 m3 per jam. Raw condensate adalah bahan baku untuk pembuatan steam dalam proses produksi amoniak dan urea.
Besarnya investasi untuk pembangunan unit ini akan mencapai Rp54 miliar dengan jangka waktu pembangunan selama 15 bulan. Kontraktor pelaksana pembangunan adalah PT Metito Indonesia.
Sementara untuk fasilitas milik PT Petrokimia Gresik, kata Arifin Tasrif, adalah pembangunan pembangkit listrik batu bara berkapasitas 32 MW.
Total biaya investasi yang dibutuhkan bagi pembangkit mencapai 61 juta dolar AS. Sumber dana berasal dari pinjaman Bank Mandiri sebesar Rp358,3 miliar dan dana internal Petrokimia Gresik, katanya.
Arifin Tasrif mengatakan, proyek pembangkit nantinya mampu mengurangi penggunaan energi gas sebesar 11,7 mmscfd atau setara dengan penghematan biaya Rp155 miliar per tahun. "Proyek ini sekaligus akan mampu mengatasi krisis energi gas pabrik pupuk Petrokimia Gresik," katanya.
Proyek Petrokimia Gresik lainnya adalah dimulainya pembangunan pabrik asam fosfat PT Petro Jordan Abadi.
Pembangunan pabrik dengan kapasitas 200 ribu ton per tahun itu menelan investasi 200 juta dolar AS dengan jangka waktu penyelesaian selama 31 bulan.
Pabrik tersebut hasil kerja sama antara PT Petrokimia Gresik dengan Jordan Phosphate Mine Co. Plc (JPMC) melalui pembentukan perusahaan patungan PT Petro Jordan Abadi.
Dalam kesempatan tersebut diresmikan pula pembangunan terminal multi fungsi milik PT Pelindo III.
Sementara Menteri BUMN, Mustafa Abubakar mengingatkan keberadaan sejumlah fasilitas baru tersebut dapat meningkatkan nilai tambah industri dan kinerja BUMN pupuk.(*)
Menhub: Jakarta Tidak Kena Abu Vulkanik Merapi
Jakarta hingga kini tidak terkena abu material vulkanik Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, sehingga aman untuk penerbangan, kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi.
"Saya tegaskan abu vulkanik tidak sampai Jakarta, termasuk Bandara Soekarno Hatta," katanya usai rapat kabinet terbatas tentang tanggap darurat bencana Gunung Merapi yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Sabtu.
Menurut dia, sejumlah maskapai penerbangan asing menunda dan membatalkan jadwal penerbangan ke Jakarta itu bukan karena ada abu vulkanik, melainkan dampak negatif dari "notice to airman" yang dikeluarkan maskapai penerbangan Australia.
"Pihak Australia mengeluarkan `notice to airman` yang sekaligus dikaitkan dengan pergerakan vulkanik. Peringatan itu membuat maskapai penerbangan lain khawatir, padahal peringatan tersebut tidak benar," katanya.
Ia mengatakan hal itu berdasarkan data yang akurat, karena Kementerian Perhubungan selalu bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
"Kami selalu memantau pergerakan awan panas dari Gunung Merapi, dan hingga kini abu vulkanik yang dikeluarkan gunung itu tidak mengarah ke Jakarta," katanya.
Menurut dia, hingga kini Bandara Soekarno Hatta berada dalam kondisi kondusif untuk penerbangan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.
"Buktinya, maskapai penerbangan Garuda Indonesia tetap lancar melayani penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Jepang dan Dubai," katanya.(*)
Pemerintah Rombak Pimpinan BUMN Pupuk
Menteri BUMN, Mustafa Abubakar mengumumkan perombakan posisi pucuk pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang perpupukan itu saat peresmian empat proyek BUMN yang dipusatkan di kawasan industri Petrogres di Gresik, Jawa Timur, Sabtu.
Posisi yang ditinggalkan Hidayat Nyakman selanjutnya akan diisi oleh Aas Asikin Idat, yang kini menjabat Dirut PT Pupuk Kudjang yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.
Selanjutnya jabatan direktur utama PT Pupuk Kudjang akan dipegang oleh Direktur Keuangan Pupuk Kudjang, Achmad Tosin.
Perubahan posisi pimpinan BUMN perpupukan tersebut terkait dengan kosongnya jabatan Dirut Petrokimia Gresik setelah Arifin Tasrif memimpin PT Pusri, holding BUMN pupuk, sejak pertengahan tahun ini. Selama itu, Direktur Keuangan Petrokimia Gresik, Nugroho Purwanto menjadi pelaksana tugas (Plt) direktur utama Petrogres.
Mustafa mengatakan, untuk jabatan Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Aceh tetap dijabat oleh Mashudianto. "Pimpinan PIM saat ini dinilai masih diperlukan untuk memajukan pabrik pupuk di Aceh tersebut," ucap Mustafa.
Menteri BUMN Mustafa Abubakar tidak menyebutkan kapan para pejabat baru BUMN perpupukan itu akan dilantik. Namun informasi yang diperoleh dari kalangan BUMN, pelantikan akan dilaksanakan pada 19 November mendatang.(*)
Stok BBM Mentawai di Atas Kebutuhan Normal
Siaran pers Pertamina yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, meski distribusi BBM ke wilayah terpencil di sekitar Mentawai masih terhambat oleh kondisi cuaca dan gelombang yang belum stabil, Pertamina terus berupaya mendistribusikan BBM ke daerah itu.
Stok BBM untuk Mentawai di Agen Penyalur Minyak Solar (APMS) Sikakap pada 2 November 2010 tersedia sebanyak 10 KL Premium dan 11 KL Solar.
Sementara di sejumlah pangkalan sekitar APMS Sikakap juga tersedia stok Minyak Tanah sebanyak 7 KL.
Selain itu, di APMS Sikakap juga terdapat satu Kapal Tongkang yang memuat 6 KL Premium, 4 KL Solar dan 10 KL Minyak Tanah yang akan dipasok ke sejumlah wilayah di sekitar Mentawai.
Pasokan BBM di APMS Sikakap tersebut kembali ditambah dengan diberangkatkannya kapal Tongkang bermuatan 28 KL Premium, 19 KL Solar dan 15 KL Minyak Tanah pada Kamis (4/11).
Kemudian disusul kapal Tongkang bermuatan 38 KL Premium dan 14 KL Minyak Tanah yang akan memasok BBM untuk Tuapejat (Ibukota Mentawai).
Pada kondisi normal, kebutuhan BBM di Mentawai adalah 200 KL premium per bulan (6,7 KL/hari), 112 KL solar per bulan (3,7 KL/hari) serta 250 KL per bulan minyak tanah (8,3 KL/hari).
Sebelumnya pada 27 Oktober, Pertamina sudah memberangkatkan tongkang dari TT BBM Teluk Kabung ke Agen Premium Minyak Solar (APMS), sebanyak 10 KL Premium, 14 KL Solar dan 15 KL Minyak Tanah.
Kemudian dilanjutkan pada 29 Oktober, dimana Pertamina kembali memasok 11 KL Premium, 2 KL Solar dan 20 KL Minyak Tanah.
Selain mengamankan BBM, Pertamina juga turut membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami di Kepulauan Mentawai melalui program Pertamina Peduli senilai Rp 600 juta dan akan terus bertambah seiring kebutuhan di lapangan.
Bantuan yang sudah diberikan sejak 27 Oktober meliputi BBM dan avtur untuk mobilisasi bantuan, bahan makanan, obat-obatan dan perlengkapan kebutuhan mendasar bagi para pengungsi.(*)
Nasi Goreng "Setan" Diminati Wisatawan
Nasi goreng "setan" yang rasanya sangat pedas dan dimasak dalam waktu yang lama, juga diminati kalangan wisatawan domestik yang kebetulan sedang berkunjung ke Yogyakarta.
"Wisatawan asal Jakarta, Surabaya, dan Bali, banyak yang menyukai nasi goreng ini. Disebut nasi goreng `setan`, karena rasanya sangat pedas, dan dibuat hanya jika ada pembeli," kata penjual nasi goreng `setan` di kawasan Ledok Ratmakan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Noer Farida, Sabtu.
Ia mengatakan dahulu nasi goreng buatannya ini disebut `sego goreng pete (SGPT)`. "Dulu masyarakat lebih mengenal nasi goreng ini dengan sebutan `sego goreng pete`. karena kami menyediakan menu nasi goreng pete. Namun, karena rasanya sangat pedas, kami menyebutnya dengan nasi goreng `setan`," katanya.
Menurut Noer, nasi gorengnya terdiri atas berbagai jenis, mulai dari nasi goreng ayam, hingga nasi goreng magelangan. "Pelanggan kami cukup banyak, tidak hanya warga Yogyakarta, tetapi juga dari daerah sekitar kota ini," katanya.
Bahkan, kata dia, ada pelanggan yang memesan nasi goreng melalui SMS, kemudian baru datang ketika nasi goreng telah selesai dimasak.
Ia mengatakan rasa nasi goreng "setan" memiliki keistimewaan dan kekhasan yang tidak dijumpai pada nasi goreng umumnya. "Kami sajikan rasa nasi goreng `setan` yang pedas, asin, manis atau gurih, dengan paduan rempah-rempah dari resep tradisional," katanya.
Noer menyebutkan harga nasi goreng "setan" relatif murah, antara Rp9.000 hingga Rp12.000 per porsi, tergantung jenis yang dipilih. "Dalam sehari omzet penjualan kami 50 hingga 70 porsi nasi goreng, dengan pendapatan rata-rata Rp800.000," katanya.
Sampai saat ini dia belum memiliki keinginan membuka cabang di tempat lain. "Kami belum mempunyai rencana membuka cabang di tempat lain, karena masih terkendala modal," katanya.(*)
BBM di Kawasan Pengungsian Kulon Progo Langka
Bupati Kulon Progo Toyo Santoso Dipo, di Wates, Sabtu, mengatakan, untuk mengantisipasi kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di kawasan itu, pihaknya segera mengirim surat ke pihak terkait agar menyediakan minyak tanah yang sangat dibutuhkan untuk memasak, begitu pula premium untuk mengoperasikan genset.
"Kalau butuh surat keterangan, saya siap tanda tangan untuk pembelian minyak tanah, dan bahan bakar untuk kawasan pengungsian. Kalau stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tidak ada yang mau, saya minta agar izin usaha mereka segera dicabut. Sebab, ini masalah kemanusiaan, bukan lagi hitung-hitungan untung atau rugi," katanya.
Sebelumnya, Sekretaris Desa Banjararum Erna mengatakan untuk mendapatkan minyak tanah dari SPBU harus dengan pengawalan polisi, karena petugas SPBU tidak percaya bahwa BBM tersebut untuk kepentingan pengungsi. "Kami mohon bantuan agar polisi melakukan pengawalan untuk membeli BBM ke SPBU sehingga pembelian dipermudah dan mendapatkan lebih banyak," katanya.
Ia mengatakan petugas di tempat pengungsian di Balai Desa Banjararum terpaksa utang ke toko kelontong setempat guna memenuhi ketersediaan BBM. Petugas itu utang premium dan minyak tanah. Premium untuk menghidupkan genset, dan minyak tanah untuk bahan bakar kompor di dapur umum.
"Saat ini kondisinya sangat mendesak, sehingga untuk mendapatkan BBM, petugas di tempat pengungsian Desa Banjararum utang terlebih dahulu ke toko kelontong terdekat. Sebab, di tempat pengungsian di Banjarharjo kekurangan, dan bahkan tidak ada stok BBM," katanya.
Jumlah pengungsi Merapi dari Muntilan dan Magelang, Jawa Tengah, yang kini berada di Kulon Progo lebih dari 2.500 orang, tidak termasuk mereka yang belum terdata, karena sampai saat ini pengungsi terus berdatangan ke kabupaten ini.
Seperti di Balai Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, pengungsi dari Muntilan dan Magelang, Jawa Tengah, jumlahnya 986 orang, dan kemungkinan akan bertambah, seiring dengan aktivitas Merapi yang masih tinggi.
Sedangkan jumlah pengungsi di Balai Desa Banjararum sebanyak 769 orang, Balai Desa Banjarasri 120 orang, dan di Kecamatan Sentolo 169 orang. Jumlah ini belum termasuk pengungsi di Kecamatan Pengasih dan Wates yang belum didata.(*)
JAKARTA MOTORCYCLEDari Motor Pertama Sampai Cuci Mata
Para pengunjung pun datang dari berbagai kelompok masyarakat dan dengan tujuan beragam. Mulai dari yang datang untuk mencari motor idaman sampai pada mereka yang sekedar melihat-lihat.
Riswandi (28) seorang pegawai swasta dari bilangan Sudirman, Jakarta yang ditemui ANTARA News, Jumat (5/11) di JCC, mengaku datang untuk mencari sepeda motor pertamanya.
"Saya mau mencari sepeda motor pertama saya, siapa tahu dapat yang lagi promosi," kata pria yang akrab disapa Wawan itu.
Ia mengaku baru bekerja dan membutuhkan kendaraan yang cepat dan efisien untuk membantunya beraktifitas setiap hari.
Lain lagi dengan Linda. Mahasiswi yang menolak menyebut nama panjang dan usianya itu mengaku hanya datang untuk melihat-lihat setelah menghabiskan waktu berbelanja di pameran teknologi komputer dan komunikasi yang juga sedang berlangsung JCC, Indocomtec 2010.
"Kita cuma iseng. Cuma ingin melihat-lihat. Mumpung dapat tiket terusan," kata Linda yang sedang belajar di salah satu universitas swasta di jalan Sudirman, Jakarta pusat itu.
Dalam pameran itu memang berlaku sistem tiket terusan. Satu tiket bisa digunakan untuk masuk ke dua pameran berbeda yang sedang berlangsung di JCC. Apa lagi tiket hanya dijual dengan harga lima ribu rupiah.
Jika ada yang ingin mencari motor dan sekedar melihat, ada pula Deny Dermadi (23) yang punya alasan unik. Pemuda yang mengaku masih berkuliah di sebuah universitas swasta di kawasan Salemba, Jakarta Pusat itu mengaku ingin cuci mata.
"Cuma 'pingin' cuci mata aja mas," ujarnya sembari tersenyum. Ia enggan menjelaskan maksud 'ungkapan 'cuci mata' sembari tertawa bersama teman-temannya.
Jumlah pengunjung JMCS memang bertambah dari hari ke hari. Total 25.407 pengunjung yang telah mendatangi pameran sepeda motor terbesar di Indonesia itu sejak Rabu. Jika pada hari pertama pengunjung berjumlah 11.864 orang maka pada hari kedua pengunjung bertambah menjadi 13.543 orang.
Asosiasi Industri sepeda motor Indonesia (AISI), sebagai salah satu penyelenggara utama ajang pameran dua tahunan itu, menargetkan total pengunjung sebesar 270.000 orang selama JMCS 2010 ini.
Kementerian Keuangan Rencanakan Bentuk Direktorat Zakat
Jumat, 5 November 2010 17:47 WIB |
Kepala Subdirektorat Peraturan dan Kebijakan Operasional Direktorat Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Dwi Irianti Hadiningdyah, mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya untuk membentuk direktorat zakat.
"Diskusi terkait direktorat zakat ini terus berkembang, sehingga kami berupaya merealisasikannya," kata Dwi Irianti Hadiningdyah kepada ANTARA News usai acara sosialisasi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negera yang berlangsung di Hotel Swissbell, Ambon, Jumat.
Dia mengatakan, dalam setiap kegiatan yang dilakukan, pihaknya mencoba menerima semua masukan dari masyarakat terkait dengan kebijakan-kebijakan yang akan diterapkan.
"Misalnya, pembiayaan syariah. Dulu orang tak pernah berpikir untuk apa pembiayaan syariah atau pengelolaan utang. Nah ini bisa berjalan karena hasil diskusi-diskusi baik di dalam maupun luar negeri," katanya.
Dikatakannya, jika direktorat zakat ada atau terbentuk dapat membiayai kebutuhan atau program-program dari kementerian lain yang berkaitan dengan fakir miskin.
"Itu semua tergantung kebijakan politis antara pemerintah yang melakukan fungsi eksekutif dengan DPR sebagai lembaga legislatif," kata Dwi Irianti.
Menurut dia, saat ini wacana yang sedang menggelinding yang juga ditemui dalam tiap diskusi bahwa pengelolaan zakat lebih tepat berada dibawah kendali Kementerian Agama karena terkait hubungan manusia dengan penciptanya.
Hal itu dinilai Dwi Irianti kurang tepat karena terkait pengelolaan dana yang cukup besar sehingga lebih efisien bila dipegang Kementerian Keuangan.
"Di Kementerian Keuangan ada Direktorat Pajak. Kalau zakat juga dikelola dalam payung yang sama tentunya lebih efisien," katanya.
Dia menjelaskan, bila pajak dan zakat berada dibawah tanggungjawab Kementerian Keuangan, maka dapat mengurangi defisit negara.
"Kalau zakatnya naik, penerimaan negara naik, maka akan mengurangi defisit. Walaupun dari sisi pajak juga mungkin berkurang, tapi dari sisi zakat lebih berkah dan terspesifikasi pengunaannya. Pembiayaan zakat untuk fakir miskin, sedangkan pajak untuk hal-hal yang lain," katanya menambahkan.
Kapitalisasi Pasar 16 BUMN Rp821,57 Triliun
Kapitalisasi pasar 16 BUMN di pasar modal hingga 22 Oktober 2010 mencapai Rp821,57 triliun atau 26,65 persen dari total kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) sebesar Rp3.083,39 triliun.
Menurut data Kementerian BUMN, kapitalisasi pasar 16 perusahaan milik negara itu, lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 31,57 persen.
"Terjadi penurunan prosentase kapitalisasi BUMN sejak 2008," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di sela-sela paparan Kinerja BUMN Kuartal III 2010, di Jakarta, Jumat.
Pada 2008 kapitalisasi pasar BUMN mencapai 32,97 persen, merosot menjadi 31,57 persen 2009, dan 26,65 persen pada 22 Oktober 2010.
"Penurunan kapitalisasi didoorng penurunan indeks harga saham gabungan (ISHG)," tegasnya.
Menurut catatan, 16 BUMN yang melantai di bursa saham yaitu, PT Telkom Indonesia, PT Batubara Bukit Asam, PT Aneka Tambang, PT Bank Tabungan Negara, dan PT Bank Mandiri.
Selanjutnya, PT PP, PT PGN, PT Jasa Marga, PT Timah, PT Indo Farma, PT Kimia Farma, PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, dan PT Semen Gresik.
Meski persentase terhadap total kapitalisasi pasar di BEI menurun, namun dari sisi nilai meningkat dari Rp355 triliun (2008), Rp637 triliun (2009) dan Rp821 triliun (2010).
Peningkatan nilai kapitalisasi BUMN selama ini berhasil menarik basis investor yang berkualitas dan kuat.
Selain didorong bertambahnya jumlah perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana kepada publik (IPO), Kementerian BUMN juga melakukan program "rightsizing", pembentukan induk perusahaan (holding), dan pembentukan perusahaan investasi BUMN.
Pada kesempatan itu, Mustafa menuturkan, kontribusi BUMN kepada pemerintah dari tahun ke tahun terus melonjak.
Banyak Pejabat Terlibat Penjualan Saham Murah Krakatau
Sabtu, 6 November 2010 00:54 WIB |
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, mengungkapkan, pihaknya menduga banyak pihak termasuk pejabat Kementerian BUMN terlibat penjualan saham murah `Krakatau Steel` yang kontroversial tersebut.
"Karena itu, usulan mendesak pembentukan tim pengawas independen oleh Kementrian BUMN sebaiknya tidak hanya mengawasi penjualan saham Krakatau Steel (KS)," kata Anggota Badan Anggara (Banggar) DPR RI ini kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.
Sebab, menurutnya, persoalannya justru ada saat perhitungan harga yang cuma dipatok pada angka rendah, yakni Rp850 per saham.
"Angka harga jual ini terlalu rendah dan tidak wajar. Makanya kami menduga banyak pihak termasuk pejabat Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terlibat," kata Wakil Bendahara Umum DPP Parrtai Golkar tersebut.
Artinya, lanjutnya, ada dugaan kuat permainan tingkat tinggi untuk `menggaruk` kekayaan Negara yang dilakukan secara canggih.
"Ini harus diusut tuntas, karena berpotensi besar merugikan keuangan Negara. Apalagi sesudah KS yang merupakan BUMN Strategis (BUMNis), segera menyusul privatisasi beberapa BUMN Indonesia lainnya," katanya mengingatkan.
Sarat Konspirasi
Bambang Soesatyo lebih lanjut mengatakan, pihaknya menilai, penetapan harga IPO per saham KS sebesar Rp850 terindikasi sarat rekayasa dan konspiratif.
"Tujuannya, memenuhi kepentingan dana pihak-pihak tertentu di dalam negeri. Bahkan ada indikasi, bahwa sekumpulan investor berbadan hukum asing akan memborong saham KS di pasar perdana," ungkapnya lagi.
Dikatakan, mereka semua mendapatkan akses borongan itu karena menjanjikan komitmen `fee` kepada oknum pejabat Pemerintah," ujarnya.
Komitmen `fee` itu, lanjutnya, diduga akan didonasikan kepada partai politik tertentu.
"Saya tidak akan mengindentifikasi oknum-oknum itu, karena data di tangan kami belum cukup akurat. Tapi yakinlah kami sudah mendapat informasi bahwa sejak awal IPO saham KS di`plot` pada harga Rp1.500 perlembar," ungkapnya.
Jadi, bagaimana ceritanya turun pada angka Rp850, itulah yang menurut Bambang Soesatyo masih ditelusuri.
"Yang jelas, dengan harga saham KS yang dtawarkan Rp850 sebanyak 3,15 milyar lembar, maka potensi penerimaan negara yang hilang, lebih dari satu triliun rupiah. Sebab harga saham KS wajarnya harusnya di atas Rp1100," tandasnya.
Ia lalu mengungkapkan, di pasar gelap saat ini ada investor berani bayar Rp1500 per lembar.
"Kalau investor beli Rp 1100 saja, maka investor sudah untung Rp750 milyar yang mestinya milik Negara. Karenanya kami minta PPATK harus meneliti uang yang masuk ke tiga instansi sekuritas penjamin emisi KS. Yaitu Bahana, Danareksa dan Mandiri Sekuritas," tegasnya.
Pokoknya Bambang Soesatyo mengharapkan, siapa saja yang dapat jatah terbanyak saham KS, harus diungkap.
"Pertanyaan berikutnya, benarkah ada petinggi negara dan petingi Parpol terlibat dlm pencaloan saham tersebut? Benarkah ada aliran dana besar dari Telkom ke penjamin emisi," tanyanya lagi.
Lalu, ia pun mempertanyakan, Telkom itu `the riel investor` atau hanya `nalangi` sementara untuk orang-orang tertentu tadi?
"Kami di Dewan berharap sekali, pihak BPK juga harus turun tangan mengusut terjadinya penetapan harga Rp850 per saham yang terlalu murah dan penuh kontroversi itu," katanya.
Ia terus terang khawatir, Negara menerima kerugian besar dari cara Pemerintah memprivatisasi BUMN.
"Harap diingat, setelah KS, akan menyusul privatisasi beberapa perusahaan BUMN lain," ujar Bambang Soesatyo, Anggota Komisi III dan Badan Anggaran DPR RI.
Drajat: Harga Saham KS Terlalu Murah
Jumat, 5 November 2010 19:00 WIB |
- Pengamat ekonomi Drajat H Wibowo menilai harga saham perdana (IPO) PT Krakatau Steel (KS) yang ditetapkan sebesar Rp850 per saham sangat rendah dan tidak sesuai dengan nilai pasar perusahaan baja itu.
Drajat di Jakarta, Jumat mengatakan bahwa dengan kurs Rp9.000 per dolar AS dan harga Rp850/saham, maka nilai pasar 100 persen saham KS adalah 1,47 miliar dolar AS.
Kemudian dengan kapasitas yang dinaikkan ke 2,5 juta ton tahun 2010-2011 ini, artinya nilai pasar KS adalah 588,4 dolar AS per ton kapasitas produksi.
Drajat memberikan pembanding yaitu investasi Krakatau Posco (KP) senilai 2,84 miliar dolar AS untuk kapasitas 3 juta ton.
Nilai buku dari investasi ini adalah 2,84 miliar dolar AS dibagi 3 juta = 948 dolar AS/ton rencana kapasitas.
"Masak nilai pasar KS per ton 61 persen lebih rendah dari nilai rencana investasi KP? Tentu tidak masuk akal. KS prusahaan yang sudah operasional puluhan tahun, sedangkan KP baru groundbreaking 20 Oktober 2010. Jadi KP masih perusahaan di atas kertas," katanya.
Selain itu, katanya KS sedang dalam proses revitalisasi dengan biaya 220 juta dolar AS yang tuntas Desember 2010 dan April 2011 ditambah 360 juta dolar AS.
Dengan penetapan harga yang rendah itu, KS akan mengalami kerugian yang besar karena setiap selisih Rp50 per saham akan mengalami kerugian Rp153 miliar.
"Berapa nanti ruginya, tergantung harga saham saat sudah mulai stabil. Tapi secara hukum, orang bisa berkelit bahwa itu bukan kerugian negara. Itu hanya fluktuasi harga saham. Hukum kita belum bisa menyentuh permainan harga di pasar modal," katanya.
Hebat, Harga-harga Turun di Sulawesi Utara
Sabtu, 6 November 2010 01:12 WIB |
"Deflasi ini disebabkan penurunan indeks harga konsumen (IHK) pada lima kelompok pengeluaran dan hanya dua kelompok yang mempunyai IHK cenderung naik," kata Kepala Badan Pusat Statistik Sultra, Mawardi Arsad di Kendari, Sabtu.
Dia mengatakan IHK kelompok bahan makanan turun 1,76 persen, kesehatan 0,60 persen, sandang 0,38 persen, makanan jadi 0,20, serta angkutan dan komunikasi 0,01 persen.
Sedangkan IHK kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga naik 0,43 persen, serta perumahan 0,77 persen, sambungnya.
Ia menambahkan, 20 provinsi lainnya turut menyumbangkan deflasi, pada kisaran 0,03 persen sampai 0,78 persen, masing-masing Sumatera Barat dan Papua Barat.
Lahan Berkurang, Produksi Jagung Papua Turun
Sabtu, 6 November 2010 05:13 WIB |
Penurunan produksi jagung ini terjadi karena berkurangnya luas panen 112 hektar (2,83 persen) menjadi 3.843, sedangkan produktivitas naik 0,41 ku/ha (2,40 persen) yaitu menjadi 17,57 ku/ha.
"Persentase penurunan produksi jagung di Papua berbanding terbalik bila dibanding nasional di mana produksi jagung nasional mengalami peningkatan sebesar 1,22 persen," kata Staf Distribusi Badan Pusat Statistik Provinsi Papua Andriana Robaha, di Jayapura, Sabtu.
Dia menjelaskan, kontribusi produksi jagung Papua tahun 2010 sebesar 0,04 persen terhadap produksi jagung Nasional, kemudian kontribusi produksi jagung wilayah Luar Jawa sebesar 46,41 persen dan kontribusi produksi padi wilayah Jawa sebesar 53,59 persen.
Sementara itu jika dibandingkan, produksi jagung di Provinsi Papua 2009 sebesar 6.787 ton pipilan kering atau turun sebesar 368 ton (5,15 persen) dibandingkan dengan produksi tahun 2008. (*)
IIM EVALUASI IPO KS DI BENTUK
Sabtu, 6 November 2010 10:23 WIB |
Jakarta Kementerian BUMN menetapkan Tim Evaluasi Independen Pelaksanaan Privatisasi PT Krakatau Steel (KS), Jumat (5/11) malam.
"Tim terdiri dari empat orang, untuk memastikan bahwa penawaran saham perdana kepada publik (PO) KS sesuai prosedur yang berlaku," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar, di Jakarta, Jumat malam.
Mustafa menuturkan, tim bekerja selama satu bulan, berasal dari eksternal agar independan dan objektif.
Empat orang yang terpilih yaitu Mas Achmad Daniri sebagai ketua dan merangkap anggota, saat ini adalah juga sebagai Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance.
Anggota lainnya, Hikmahanto Juwana, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Selanjutnya, Sudarjono, mantan Kepala BPKP, dan Kahlil Rowter pengamat pasar modal.
Mustafa menjelaskan, dipilihnya ke empat orang tersebut karena professional di bidangnya dan memiliki integritas.
Tim ini, kata dia, akan memastikan bahwa prosedur IPO KS dijalankan dengan baik, sepert penetapan IPO, saham yang dilepas, penjatahan saham, hasil bersih yang disetor ke kas perusahaan.
Tim ini diberikan keleluasaan untuk memperoleh data dan informasi mengenai proses pelaksanaan IPO dari berbagai sumber seperti emiten, perusahaan penjamin emisi, dan kementerian.
"Terbentuknya tim ini, diharapkan proses IPO KS lebih lancar serta terkawal baik," kata Mustafa.
Ia menambahkan, tim independen itu khusus dibentuk untuk mengawasi dan menilai pelaksanaan privatisasi produsen baja itu.
Tetapi, tidak tertutup kemungkinan masa tugasnya diperpanjang untuk proses privatisasi BUMN lainnya, serta menambah jumlah personelnya.
Mustafa mengatakan, pembentukan tim tersebut, Mustafa melanjutkan bukan ditujukan khusus untuk meng-counter isu-isu yang berkembang di masyarakat luas. Tetapi bertujuan memberi kepastian bahwa proses IPO KS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Ini Kerja Gubernur Sumbar
Sabtu, 6 November 2010 10:54 WIB |
Gubernur Sumbar menandatangani nota hasil pertemuan antara dengan Kepala Divisi Kerjasama Ekonomi Luar Negeri untuk Asia Pasifik Kementerian Ekonomi Intrastruktur Transportasi dan Teknologi Negara bagian Bavaria Armin Schwimmbeck disaksikan Dutabesar RI untuk Republik Federal Jerman Eddy Pratomo.
Kedua belah pihak sepakat bekerjasama dalam bidang investasi, pariwisata dan teknologi dan pertanian khususnya energy terbarukan dan segera ditindaklanjuti dalam waktu singkat.
Selama kunjungan kerja di Munchen Gubernur Sumatra Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, juga mengadaan pertemuan non formal dengan KBRI Berlin, Asosiasi Profesional untuk bidang Sain, Teknologi dan Enterprises Indonesia (AIPSE) yang dihadiri Bambang S Darwanto dan Indra Kusumah.
Dalam pertemuan dengan anggota AIPSE itu dibahas persiapan pertemuan dengan Sekretariat Negara bagian Bavaria dan salah satu kementrian Bayern.
Sementara itu dalam pertemuan dengan Kepala Kementrian Ekonomi, Inftrastruktur, transportasi dan teknologi negara bagian Bavaria Dr. Armin Schwimbeck dan Hans-Jurgen Radmacher untuk Indonesia dibahas potensi masing-masing daerah.
Gubernur Sumbar juga mengadakan pertemuan dengan Kepala bagian Politik Eropa dan Kooperasi Internasional Dr. Jorg Vogel di Sekretariat Negara Bagian Bavariai yang membahas presentasi supply dan demand masing-masing pihak.
Dalam pertemuan itu Bayern menilai pentingnya kerjasama dengan negara berpenduduk muslim yang bertujuan untuk "mengcounter isu sara" yang sedang merebak di Jerman. Sumatera Barat menjadi pilihan parter kerjasama yang sangat cocok.
Pemerintah Negara bagian Bavaria akan mengadakan kunjungan balasan ke Indonesia pada bulan Juli tahun 2011.
Pada pertemuan dengan para calon investor asal Jerman yang sangat tertarik dengan potensi yang dimiliki Sumatera Barat dalam hal pembangunan proyek pariwisata hijau, pembangunan pembangkit listrik dengan energi panas bumi dan pembangunan jalur kereta api Pauh Lima - Solok.
Serpihan Pesawat Qantas Dibawa ke Singapura
Sabtu, 6 November 2010 14:44 WIB |
Batam - Serpihan pesawat Qantas yang rontok di Batam, dibawa ke Singapura untuk diinvestigasi lebih lanjut.
"Tadi malam kami sudah serah terima serpihan pesawat itu dibawa ke Singapura," kata Kepala Poltabes Barelang Kombes Pol Eka Yudha di Batam, Sabtu.
Serpihan pesawat itu, kata dia, dibawa ke Singapura untuk kepentingan investigasi penyebab kerusakan kapal terbang yang disebut-sebut tercanggih.
"Serpihan dibawa ke Singapura untuk kepentingan penyelidikan, mungkin juga setelah itu dibawa ke Australia," kata Eka.
Ia mengatakan rontokan pesawat Airbus A380 itu dibawa dua orang anggota Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ke Singapura Jumat (5/11) sekitar pukul 20.00 WIB.
Selain dua anggota KNKT, turut serta dua orang perwakilan Qantas yang menjemput pecahan mesin nomor dua Airbus.
Pengiriman rontokan pesawat dilakukan setelah tim laboratoriun forensik Mabes Polri menyelesaikan penyelidikan di Markas Polresta Barelang.
Sebelumnya, Ketua KNKT Tatang mengatakan serpihan Qantas akan dibawa ke Australia atau Singapura untuk penyelidikan.
"Investigasi akan dilakukan di markasnya di Australia," kata Tatang.
KNKT akan bekerjasama dengan otoritas Australia untuk mengetahui penyebab kerusakan pesawat terbang.
"Itu kewajiban Indonesia untuk investigasi karena terjadi di wilayah Indonesia," kata dia.
Pesawat Airbus A380 mengalami kecelakaan di atas langit Batam. Akibatnya, serpihan pesawat berterbangan dan jatuh di Batam, Kamis (5/11).
KNKT memastikan serpihan Qantas yang bececeran di Batam adalah mesin pesawat nomor dua.
Mesin pesawat hancur berkeping-keping, dan jatuh di 18 lokasi di Kecamatan Batam Kota dan Nongsa.
Rontokan pesawat merusak empat rumah, satu unit mobil dan sekolah. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan penerbangan internasional itu.
Sebelum mendarat darurat di Bandara Changi, Singapura, pilot sempat membuang aftur di Batam untuk mengurangi resiko meledak dalam pendaratan.
Jemaah Sampaikan Ketidakpuasan Ke Daker Mekkah
Sabtu, 06 November 2010 18:35 WIB |
Kantor Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Sabtu pagi hingga siang, dipenuhi jemaah haji dari embarkasi Batam, yang menempati pondokan nomor 313 Aziziyah Samaliah, menyampaikan ketidakpuasan atas tempat tinggal mereka.
"Kami menyampaikan ketidakpuasan seperti ini, karena ke Mekkah adalah untuk ibadah," kata H. Azhar Yasid (50) yang mengaku sebagai pembimbing ibadah di kantor Daker Mekkah, Sabtu.
Dengan satu unit bus mereka datang ke Daker Mekkah. Ada yang duduk di lantai, di kursi dan beberapa tempat di ruang kerja staf Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Mekkah. Praktis aktivitas di kantor misi haji itu jadi terhenti.
Mereka menyesalkan, sudah sepekan keluhan tak ditanggapi, untuk itu mereka mendatangi kantor Daker Mekkah.
Di pemondokan itu, seperti disebutkan Ibnu Hajar, jemaah dari Bengkalis, ruang kamar dipadati 10 tempat tidur. Ada yang tujuh dan lima untuk satu kamar, tergantung dari besar kecilnya ruang. Hal itu tak sesuai dengan ketentuan pemerintah setempat bahwa 1 kepala menempati ruang empat meter.
Ibnu Hajar mengatakan, ia menempati pondokan sudah sepekan. Setiap pagi air tak mengalir, lift sering macet. "Bayangkan, ketika tak ada air saat di kamar kecil," ia mengeluh.
Kedatangan jemaah asal Riau ini diterima Kadaker Mekkah, Cepi Supriatna. Tatkala berdialog, beberapa orang dari rombongan tersebut sempat melampiaskan emosinya sambil menggebrak meja.
Ketika menyampaikan aspirasinya, jemaah juga menuntut agar pondokan 313 yang ditempatinya bisa memperoleh uang sisa selisih rumah/pondokan. Sebab, rumah yang berdekatan dengan pondokan 313 seperti rumah 321`dan 320 mendapat pengembalian uang sebesar 600 real.
Selain itu, jemaah asal DKI Jakarta juga memperoleh pelayanan optimal seperti adanya penyediaan bus. "Bagaimana standar yang sebenarnya dalam hal pondokan ini," kata seorang jemaah.
Cepi Supriatna mengatakan, pihaknya tak punya kewenangan dalam hal pengembalian sisa selisih uang pondokan. Sebab, kewenangan tersebut ada pada Tekhnis Urusan Haji (TUH).
Sedangkan untuk persoalan air, jika dalam satu jam air tak mengalir pihaknya akan meminta pemilik rumah untuk menyediakan. Bila tak dipenuhi, maka pihak Sektor akan mencarikan air.
Seusai pondokan ditempati, pembayaran untuk pemilik rumah akan dipotong sesuai dengan biaya pembelian air. Hal ini berlaku juga untuk fasilitas lain, seperti kerusakan lift, katanya.
Soal ada rumah yang dapat pengganti uang sisa selisih pemondokan sementara tetangganya tidak, Petugas Daker Mekkah menjelaskan dengan mencontohkan rumah 313 yang tak ada pengganti karena harga sewa rumah mencapai 3.400 real.
"Pemerintah memberikan subsidi karena harganya di atas plafon sebesar 2.850 real. Bila harga sewa di bawah harga plafon, maka akan dapat penggantian," katanya.
Jadi, untuk rumah 313 tidak menerima uang sisa selisih sewa pondokan, katanya.
Ini persoalan kecemburuan akibat kesenjangan kualitas pondokan. Belum lagi mereka melihat pelayanan bagi jemaah DKI Jakarta yang terlihat lebih baik, katanya."Mereka bisa, kok kita tidak," teriak seorang jemaah.
Jemaah ini tak mengerti bahwa kelebihan jemaah DKI Jakarta karena adanya dukungan dari Pemprov baik untuk angkutan ke Masjidil Haram maupun pelayanan katering selama berada di Mekkah, ujarnya. "Jemaah dari daerah lain, tak seperti DKI," kata petugas PPIH itu.
Airbus Dukung Investigasi Kasus Airbus A380 Qantas
Sabtu, 6 November 2010 18:04 WIB |
Airbus menyatakan memberikan dukungan kepada biro pemeriksaan dan keamanan penerbangan sipil Perancis serta pihak otoritas Australia yang akan melakukan investigasi terhadap kasus penerbangan Qantas QF32 dari Singapura ke Sydney 4 November 2010.
Siaran pers Airbus yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, Airbus akan mengumumkan informasi faktual lebih lanjut segera setelah semua detil telah terkonfirmasi. Investigasi itu sendiri merupakan tanggung jawab sepenuhnya otoritas terkait.
Airbus mengkonfirmasikan bahwa pesawat Airbus A380 yang dioperasikan oleh Qantas mengalami permasalahan mesin pada penerbangan QF32 dari Singapura ke Sydney, tanggal 4 November 2010.
Laporan awal mengindikasikan bahwa pesawat mengalami permasalahan dengan mesin setelah take-off dari Singapura. Pesawat kemudian memutar balik dan mendarat dengan selamat di Singapura.
Pesawat dengan nomor registrasi VH-OQA, Nomor Seri Manufaktur 14, diserahterimakan ke Qantas pada 19 September 2008 dan telah melakukan penerbangan selama 8.165 jam dan 831 putaran terbang. Pesawat ini mempunyai empat buah mesin Rolls-Royce Trent 900.
Pesawat saat itu sedang membawa 440 orang penumpang dan 26 orang awak pesawat. Tidak ada laporan mengenai adanya korban luka-luka dalam kejadian tersebut.
Airbus melihat keselamatan penerbangan adalah hal terpenting, dan terkait dengan permasalahan mesin pada Qantas A380 penerbangan QF32 tanggal 4 November 2010, Airbus telah segera mengeluarkan All Operators Telex meminta perusahaan penerbangan yang mengoperasikan pesawat A380 bermesin Rolls-Royce melakukan inspeksi terhadap pembangkit listrik, guna memastikan keselamatan operasional armada tetap terjaga.
Hal ini tidak terkait dengan bagi perusahaan penerbangan yang menggunakan A380 bermesin Engine Alliance.
Rangkaian A380 Family bermula dari pesawat penumpang dasar berkapasitas 525 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas di dua dek luas, yang memiliki jangkauan 8.300 mil laut/15.300 km.
Memasuki tiga tahun sejak memulai pelayanan komersil, sebanyak 38 buah pesawat dari armada A380 telah memenuhi semua komitmen, bahkan melampaui ekspektasi kelima operator penerbangan pertama yang menggunakannya, yakni Singapore Airlines, Emirates, Qantas, Air France, dan Lufthansa.
Singapore Airlines menerima A380 pertamanya pada 15 Oktober 2007 dan kini memiliki 11 pesawat yang dioperasikan di rute Singapura ke Hongkong, Tokyo, London, Paris, Zurich, Sydney dan Melbourne.
Sebelumnya diberitakan bahwa pesawat Airbus A380 Qantas yang bermasalah melakukan pendaratan darurat di Singapura pada Kamis (4/11) dengan asap keluar dari bagian bawahnya dan segera dikelilingi oleh enam mobil pemadam kebakaran.
Sementara itu dari Batam dilaporkan ratusan serpihan pesawat terbang Qantas jatuh di sekitar persimpangan Kara, Kecamatan Batam Kota, Kamis sekitar jam 09.15 WIB.
Serpihan terdiri atas berbagai macam ukuran di sekitar Persimpangan Kara sampai ke perumahan Center Park. Seorang warga Center Park, Jahissta mengatakan, serpihan-serpihan yang besarnya sekitar satu meter jatuh di depan rumahnya.
Airbus Dukung Investigasi Kasus Airbus A380 Qantas
Sabtu, 6 November 2010 18:04 WIB |
Airbus menyatakan memberikan dukungan kepada biro pemeriksaan dan keamanan penerbangan sipil Perancis serta pihak otoritas Australia yang akan melakukan investigasi terhadap kasus penerbangan Qantas QF32 dari Singapura ke Sydney 4 November 2010.
Siaran pers Airbus yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, Airbus akan mengumumkan informasi faktual lebih lanjut segera setelah semua detil telah terkonfirmasi. Investigasi itu sendiri merupakan tanggung jawab sepenuhnya otoritas terkait.
Airbus mengkonfirmasikan bahwa pesawat Airbus A380 yang dioperasikan oleh Qantas mengalami permasalahan mesin pada penerbangan QF32 dari Singapura ke Sydney, tanggal 4 November 2010.
Laporan awal mengindikasikan bahwa pesawat mengalami permasalahan dengan mesin setelah take-off dari Singapura. Pesawat kemudian memutar balik dan mendarat dengan selamat di Singapura.
Pesawat dengan nomor registrasi VH-OQA, Nomor Seri Manufaktur 14, diserahterimakan ke Qantas pada 19 September 2008 dan telah melakukan penerbangan selama 8.165 jam dan 831 putaran terbang. Pesawat ini mempunyai empat buah mesin Rolls-Royce Trent 900.
Pesawat saat itu sedang membawa 440 orang penumpang dan 26 orang awak pesawat. Tidak ada laporan mengenai adanya korban luka-luka dalam kejadian tersebut.
Airbus melihat keselamatan penerbangan adalah hal terpenting, dan terkait dengan permasalahan mesin pada Qantas A380 penerbangan QF32 tanggal 4 November 2010, Airbus telah segera mengeluarkan All Operators Telex meminta perusahaan penerbangan yang mengoperasikan pesawat A380 bermesin Rolls-Royce melakukan inspeksi terhadap pembangkit listrik, guna memastikan keselamatan operasional armada tetap terjaga.
Hal ini tidak terkait dengan bagi perusahaan penerbangan yang menggunakan A380 bermesin Engine Alliance.
Rangkaian A380 Family bermula dari pesawat penumpang dasar berkapasitas 525 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas di dua dek luas, yang memiliki jangkauan 8.300 mil laut/15.300 km.
Memasuki tiga tahun sejak memulai pelayanan komersil, sebanyak 38 buah pesawat dari armada A380 telah memenuhi semua komitmen, bahkan melampaui ekspektasi kelima operator penerbangan pertama yang menggunakannya, yakni Singapore Airlines, Emirates, Qantas, Air France, dan Lufthansa.
Singapore Airlines menerima A380 pertamanya pada 15 Oktober 2007 dan kini memiliki 11 pesawat yang dioperasikan di rute Singapura ke Hongkong, Tokyo, London, Paris, Zurich, Sydney dan Melbourne.
Sebelumnya diberitakan bahwa pesawat Airbus A380 Qantas yang bermasalah melakukan pendaratan darurat di Singapura pada Kamis (4/11) dengan asap keluar dari bagian bawahnya dan segera dikelilingi oleh enam mobil pemadam kebakaran.
Sementara itu dari Batam dilaporkan ratusan serpihan pesawat terbang Qantas jatuh di sekitar persimpangan Kara, Kecamatan Batam Kota, Kamis sekitar jam 09.15 WIB.
Serpihan terdiri atas berbagai macam ukuran di sekitar Persimpangan Kara sampai ke perumahan Center Park. Seorang warga Center Park, Jahissta mengatakan, serpihan-serpihan yang besarnya sekitar satu meter jatuh di depan rumahnya.
BENARKAH ADA ALASAN LAIN SHIREEN MEMILIH SATU KAMPUS DENGAN TEUKU WISNU ?
Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar ternyata satu kampus di perkuliahan. Wah, dekat di tempat syuting, dekat juga saat belajar. Apa benar mereka pacaran?
Disinggung hal ini, Wisnu dan Shireen pun kompak menampik. "Kalau mau satu kampus itu kan pilihan Shireen. Dia mau masuk situ, mungkin, karena ada beberapa faktor," ujar Wisnu ditemui di Gedung Strategic Sampoerna Sudirman, Jakarta Selatan, belum lama ini.
Menurutnya, faktor yang menyebabkan Shireen memilih kuliah di Universitas Moestopo adalah karena dekat dari rumahnya di Kebayoran Lama. "Enggak ada faktor x," bela Wisnu.
Lagipula, imbuhnya, dia dah Shireen beda fakultas. Shireen memilih Fakultas Ilmu Komunikasi. "Kalau aku di Fikom," kata dia.
Shireen membenarkan jika keduanya kerap bertukar pikiran. "Paling aku tanya pengalaman-pengalaman kuliah sama Wisnu saja," ujarnya.
SHIREEN SUNGKAR ANCAMAN TERBESAR ARTIS LAIN
Si cantik Shireen Sungkar memang menggemaskan, bukan hanya jago dalam akting yang bisa membuat pemirsa tv khususnya
Sinetron menjadi terpesona dan terbawa perasaan, tetapi juga dari penampilannya yang segar,cantik bahkan terkesan seksi. Ini ada sedikit foto dan gambar dari si gadis cantik yang lincah. Sekarang Shireen Sungkar memang sedang mencapai puncak karirnya di bidang sinetron, artis sekaliber Agnes Monica, Laudia Cynthia Bella, dan lain-lain dalam ancaman besar.
Sekarang ini memang karir si manis Shiren Sungkar lagi hot-hotnya.. !