6 November 2010

Menhub: Jakarta Tidak Kena Abu Vulkanik Merapi

INDONESIA PLASA

Menhub: Jakarta Tidak Kena Abu Vulkanik Merapi
Yogyakarta

Jakarta hingga kini tidak terkena abu material vulkanik Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, sehingga aman untuk penerbangan, kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

"Saya tegaskan abu vulkanik tidak sampai Jakarta, termasuk Bandara Soekarno Hatta," katanya usai rapat kabinet terbatas tentang tanggap darurat bencana Gunung Merapi yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, sejumlah maskapai penerbangan asing menunda dan membatalkan jadwal penerbangan ke Jakarta itu bukan karena ada abu vulkanik, melainkan dampak negatif dari "notice to airman" yang dikeluarkan maskapai penerbangan Australia.

"Pihak Australia mengeluarkan `notice to airman` yang sekaligus dikaitkan dengan pergerakan vulkanik. Peringatan itu membuat maskapai penerbangan lain khawatir, padahal peringatan tersebut tidak benar," katanya.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan data yang akurat, karena Kementerian Perhubungan selalu bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

"Kami selalu memantau pergerakan awan panas dari Gunung Merapi, dan hingga kini abu vulkanik yang dikeluarkan gunung itu tidak mengarah ke Jakarta," katanya.

Menurut dia, hingga kini Bandara Soekarno Hatta berada dalam kondisi kondusif untuk penerbangan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Buktinya, maskapai penerbangan Garuda Indonesia tetap lancar melayani penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Jepang dan Dubai," katanya.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA