20 November 2010

Taman Kuliner Yogyakarta Sepi Pengunjung

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Taman Kuliner Condongcatur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pascaerupsi Gunung Merapi sepi pengunjung, bahkan banyak pedagang makanan yang sengaja tidak berjualan.

"Sejak Gunung Merapi meletus pada akhir Oktober lalu taman kuliner sepi pengunjung dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, bahkan banyak pedagang makanan yang meliburkan diri atau tidak berjualan selama beberapa hari," kata salah seorang penjual makanan di Taman Kuliner Condongcatur, Sleman Pargio, di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini sudah tampak pembeli mulai berdatangan ke taman kuliner. "Meskipun tidak seramai sebelum Merapi meletus, tetapi sekarang sudah mulai ada sejumlah pengunjung di tempat ini," katanya.

Pargio mengatakan setelah Gunung Merapi meletus, dirinya sempat tidak berjualan selam empat hari, karena di taman kuliner banyak abu vulkanik. "Karena banyak abu vulkanik, kami sengaja menutup warung, dan tidak berjualan selama beberapa hari," katanya.

Akibatnya, kata dia, dirinya mengalami kerugian karena tidak ada pendapatan dari bisnis kulinernya.

"Pada hari biasa kami bisa memperoleh pendapatan rata-rata RP1,5 juta, sekarang dalam kondisi sepi pengunjung hanya memperoleh rata-rata Rp700.000 per hari," katanya.

Pargio mengatakan dirinya telah lama berjualan makanan di taman kuliner ini. Sejak tempat ini diresmikan, baru kali ini dirinya mengalami kerugian karena tidak bisa berjualan akibat banyak abu vulkanik, serta sepinya pengunjung.

"Selama beberapa tahun saya berjualan rawon di taman kuliner ini, baru sekarang mengalami penurunan omzet karena sepi pembeli, dan bahkan beberapa hari tidak berjualan karena taman kuliner dipenuhi abu vulkanik," katanya.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA