23 Desember 2010

Kemkominfo-KKP Kerja Sama Berdayakan Pesisir Sumbar

INDONESIA PLASA

Selasa, 21 Desember 2010 22:08 WIB

Pariaman
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan menandatangani nota kesepakatan untuk melakukan kerja sama memberdayakan sektor kelautan dan perikanan di pesisir Sumatera Barat (Sumbar).

"Banyak hal yang harus diberdayakan agar wilayah pesisir dapat lebih sejahtera," kata Sekretaris Jenderal Kemkominfo, Basuki Yusuf Iskandar, sebelum penandatanganan nota kesepakatan Kemkominfo-KKP di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa.

Menurut Sekjen Kemkominfo, pemberdayaan pesisir menguntungkan Indonesia secara geografis antara lain karena kawasan tersebut merupakan wilayah terdepan secara psikologis dalam menjalin kontak budaya dengan pihak luar negeri.

Karenanya, ujar dia, para penduduk di wilayah pesisir juga dapat berfungsi sebagai ujung tombak dalam melakukan komunikasi dengan pihak luar tersebut.

Selain itu, kawasan pesisir juga dinilai sangat penting untuk diberdayakan karena merupakan salah satu ciri utama Indonesia yang merupakan sebuah negara kepulauan.

"Dalam konteks pembangunan karakter, penting untuk memfokuskan pada wilayah pesisir agar karakter Indonesia tetap bertahan di era global dan tidak kehilangan jati diri," katanya.

Ia juga mengatakan, sejalan dengan program Desa Berdering milik Kemkominfo, maka pada tahun 2014 mendatang diharapkan semua desa di Tanah Air telah memiliki saluran telepon dan juga jaringan internet.

Penandatanganan nota kesepakatan Kemkominfo-KKP ditandatangani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dengan Sekjen Kemkominfo, Basuki Yusuf Iskandar.

Isi dari kerja sama antara Kemkominfo dan KKP antara lain tentang pengembangan penyelenggaraan informasi dan komunikasi di sektor kelautan dan perikanan serta melakukan edukasi publik sertai diseminasi informasi pengembangan kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM).

Setelah penandatanganan, Menteri KP Fadel Muhammad dalam sambutannya mengemukakan, pihaknya bermaksud untuk memohon dukungan pemanfaatan infrastruktur teknologi melalui Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) serta Mobil Layanan Internet Kecamatan (M-LIK) yang merupakan program utama Kemkominfo.

Fadel mengutarakan harapannya agar melalui program internet tersebut akan membantu penyebarluasan teknologi dan informasi bidang Kelautan dan Perikanan sampai di sentra-sentra produksi, untuk mempercepat akses bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Sebelumnya, untuk memberdayakan dan mengelola wilayah pesisir, pemerintah dan DPR juga telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA