6 September 2010

BERITA SEPUTAR OTMOTIF DUNIA

Penjualan mobil dari agen tunggal pemegang merek (ATPM) Chevrolet di Indonesia, General Motors Auto World Indonesia (GMAI), Agustus mencapai 513 unit. "Penjualan bulan Agustus 513 unit. Target kita 505 unit," kata Direktur Pemasaran dan Hubungan Masyarakat GMAI, Debora Amelia Santoso, di Jakarta, Jumat (3/9).

Ia menyebutkan penjualan pada Agustus masih dipimpin Chevrolet Captiva dengan total 240 unit, diikuti All New Chevrolet Spark sebanyak 170 unit. Empat produk lainnya yakni Chevrolet Lova sebanyak 82 unit, Aveo sebanyak 13 unit, Cruze sebanyak tujuh unit, dan Optra sebanyak satu unit. Untuk September, ia mengatakan GMAI menargetkan penjualan sebanyak 253 unit. Jumlah tersebut menurun karena efektif hari kerja selepas Idul Fitri hanya beberapa hari.

"Kita target cuma 253 unit, karena hari kerja praktis cuma satu minggu buat penjualan". General Motors Auto World Indonesia juga berencana menambahkan modal untuk mengembangkan SUV dan MPV di Indonesia

Produsen mobil terbesar Rusia, AutoVAZ, berencana memproduksi mobil termurah, Lada Granta, untuk dipasarkan di Eropa. Harga mobil ini dibandrol US$ 6.200 per unit (atau sekitar Rp 55 juta), yang akan membuat Granta menjadi mobil dengan harga terendah yang pernah diproduksi di Eropa.

Rencananya Granta yang dikenal dengan VAZ 2190 ini akan diluncurkan untuk menggantikan Lada Kalina dan Samara yang telah populer. Pihak perusahaan mengatakan akan memulai produksi pada pertengahan tahun 2011 mendatang dan akan tersedia dengan beberapa model seperti sedan, hatchback, sampai wagon.

Direktur Utama Avto VAZ Igor Komarov mengatakan, Lada Granta diproduksi menggunakan platform Kalina. "Tapi dengan tingkat keamanan lebih baik dan lebih nyaman," ucap Igor, Sabtu (4/9).

Produsen mobil Prancis, Renault, yang bekerja sama di Rusia dengan AvtoVAZ, telah menyatakan minatnya untuk mengembangkan versi sendiri dari Granta, dengan Sandero/Logan.

Renault juga sedang bernegosiasi hak untuk menjual Granta di pasar luar negeri. Granta ini akan diproduksi di pabrik AutoVAZ, Togliatti. Sedangkan untuk produksi Lada model lama akan dipindahkan ke Izhevsk. Pihak perusahaan juga menyatakan, fokus utama pemasaran Granta tetap di Rusia. Namun, tak menutup kemungkinan produk ini akan dipasok ke Eropa Barat karena adanya permintaan.

Pada tahun 2020, AvtoVAZ merencanakan memproduksi sembilan model berdasarkan tiga atau empat platform dasar dalam enam segmen pasar, dengan tiga model utama (seri murah, Priora baru dan C-class) dan akan dikontribusikan sebesar akuntansi 70 persen untuk total produksi. Pihak perusahaan menargetkan meningkatkan penjualan menjadi 1,2 juta mobil per tahun pada tahun 2020.

Tahun ini, perusahaan sudah mentargetkan produksi mobil sebanyak 571 ribu.

Produsen otomotif General Motors (GM) akan segera meluncurkan mobil terbarunya Chevrolet Cruze. Kabarnya Chevrolete Cruze hanya akan dijual di Eropa pada pertengahan 2011 mendatang. Pihak perusahaan juga mengatakan, tidak berencana menjual di Amerika Serikat.

Mobil baru berpintu lima ini akan dipamerkan di Paris Motor Show 2010 bersama dengan sedan Cruze yang diluncurkan pada musim semi 2009 lalu. Cruze kini sudah dijual lebih dari 70 negara, termasuk Rusia, Cina, India dan Amerika Latin. Sedan Cruze rencananya akan dijual pada musim gugur tahun ini di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk di Eropa, Cruze termasuk sedan terlaris di negara-negara seperti Jerman, Italia, Spanyol dan Inggris tahun ini, dan telah menjadi Chevrolet paling laris secara global.

Pihak perusahaan GM juga tidak memberikan bocoran rincian teknis dan spesifikasi pada Cruze hingga acara Paris Motor Show 2010 diselenggarakan pada 30 September 2010. Tetapi beberapa media mengatakan, mobil ini akan dilengkapi dengan tempat duduk belakang 60/40 split dan kapasitas kargo hampir 14,3 kaki kubik.


Inovasi terus ditingkatkan berbagai perusahan otomotif terutama terkait keselamatan pengendara. Kali ini perusahaan otomotif Volvo mencoba berinovasi mendesain mobil anti tabrakan. Demikian dikatakan Jan Ivarsson, Kepala Bidang Keselamatan Pengendara Volvo, di London, Inggris, baru-baru ini.

Ivarsson mengatakan Volvo sangat memperhatikan keselamatan pengendara serta para pengguna jalan dalam tertib berlalu lintas. Oleh karena itu, Volvo berupaya keras meningkatkan standar keselamatan dengan menggunakan berbagai teknologi canggih, seperti sistem pendukung kounter kemudi atau Counter Steer Support.

Teknologi tersebut berfungsi mendorong perilaku pengemudi mengendarai mobil secara benar hingga mengantisipasi pengereman mendadak. Alhasil, kecelakaan dapat diminimalisir. "2020 mendatang, tidak ada korban yang terluka ataupun meninggal karena mengendarai Volvo" kata Ivarsson.

Ivarsson juga menambahkan Volvo terus mengamati perkembangan teknologi Counter Steer Support yang dilengkapi di mobil buatan Jerman Volkswagen Touran sejak dua tahun yang lalu


rodusen otomotif BMW AG meningkat penjualannya sebesar 1,6 persen di Amerika Serikat pada Agustus. Peningkatan ini mengalahkan Lexus milik Toyota Motor Corp, yang disebut sebagai merek mewah terkemuka AS selama tiga bulan terakhir ini.

Penjualan BMW naik menjadi 19.540 pada pengiriman Seri 1 yang memperoleh 53 persen dan Seri 7 naik sebesar 42 persen. Sedangkan untuk pengiriman Lexus mengalami penurunan sebesar 15 persen menjadi 19.465.

"Kami melihat penurunan di pasar dan tidak mengharapkan semester kedua tahun ini akan sekuat semester pertama. Meskipun demikian, rencana kami membangun momentum sepanjang tahun ini dan akan mempersempit kesempatan dengan pesaing," ucap Jim O'Donnell selaku Presiden BMW Amerika Utara mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Lexus termasuk salah satu dari beberapa merek-merek mewah yang mengalami penurunan penjualan di pasar Amerika. Pada bulan lalu penjualannya secara keseluruhan menurun sekitar 21 persen. Sebagian besar merek-merek itu juga pernah mengalami penurunan pada bulan Agustus tahun 2009, ketika AS melakukan insentif untuk mendorong penjualan kecil pada mobil berbahan
bakar efisien.

Lexus telah melakukan penarikan kembali dalam satu tahun terakhir ini, termasuk mobil LS 460 dan GX 460 SUV. Selain itu Lexus menghadapi persaingan dengan BMW dan Daimler AG Mercedes-Benz. BMW yang sempat mengalahkan Lexus pada Juni dan Juli, menargetkan menjadi mobil mewah AS terlaris tahun 2012.

Sementara itu, penjualan Mercedes meningkat 15 persen menjadi 19.682 unit. Peningkatan ini juga dibantu oleh E-Class yang sudah diperbarui, menjadi 26 persen dalam sebulan dan telah memperoleh 71 persen dalam setahun pada Agustus.

Lexus tetap menjadi pemimpin dalam penjualan mobil mewah AS untuk tahun ini, dengan pengiriman sebanyak 145.490 unit pada bulan Agustus dan naik 11 persen. penjualan Mercedes, termasuk van Sprinter, telah mendapatkan 22 persen menjadi 144.753, dan penjualan BMW di AS meningkat 7,8 persen menjadi 139.236 unit.
Pemerintah Spanyol, Kamis (3/9) menyatakan, tengah bernegosiasi dengan produsen mobil Jepang Mitsubishi Motors untuk membangun sebuah pabrik di Spanyol untuk memproduksi komponen untuk kendaraan listrik.

"Kami sedang bekerja untuk mendapatkan sebuah konfirmasi keputusan," kata Menteri Keuangan Elena Salgado. Keinginan Spanyol ini juga diperkuat dengan kunjungan Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero ke Jepang di mana dia telah bertemu pimpinan Mitsubishi Mikio Sasaki. Pabrik akan dibangun di kota barat laut Spanyol Vigo, dekat dari mobil Prancis PSA Peugeot Citroen. Kedua kelompok sudah bekerja sama dalam produksi mobil listrik. Media Spanyol mengatakan, pabrik itu akan membutuhkan investasi oleh Mitsubishi 400 juta euro (500 juta dolar).

Pemerintah sosialis Spanyol telah menyatakan rencananya untuk berinvestasi 590 juta euro lebih dari dua tahun dalam pengembangan kendaraan listrik dan berharap untuk melihat 250.000 kendaraan di jalan pada 2014


Chrysler Amerika berencana untuk menjual 50.000 Fiat 500 mobil mini (minicar) di Amerika Serikat pada 2011, sebuah sumber mengatakan kepada AFP pada Senin, karena merek Italia kembali ke pasar AS.

Fiat, berencana meluncurkan minicar di pameran mobil di Los Angeles pada November, kata sumber. Dalam pertemuan dengan 400 dealer mobil pada Senin, Chrysler mengatakan ingin membuka dealer Fiat di 165 lokasi di seluruh Amerika Serikat dengan pasar mobil besar kecil. "Dealer kami akan mampu berinteraksi dengan sekelompok orang yang bukan bagian dari basis pelanggan mereka saat ini. Ini adalah individu yang tertarik dalam desain otomotif Italia digabungkan dengan teknologi bahan bakar efisien," kata kepala merek Fiat Amerika Utara, Laura Soave.

"Jaringan ritel Fiat baru akan mulai menjual versi Fiat 500 AS akhir tahun ini, dan model Fiat 500 Cabrio tahun 2011," kata pernyataan. Fiat 500 akan dibangun di Toluca, Meksiko, sementara mesin akan diproduksi di Amerika Serikat, kata Chrylser. Versi Amerika Utara dari Fiat 500 akan dilengkapi dengan mesin Fiat 1,4-liter dan mesin empat Silinder.

Para mekanik di Bristol, Inggris, telah mengembangkan mobil pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar poop atau tinja (kotoran manusia). Mobil ini diberi nama Bio-Bug. Mobil terobosan terbaru ini dikembangkan melalui mobil Volkswagen Beetle yang berjalan dari gas metan yang dihasilkan pada saat pengolahan limbah. Gas ini terkumpul dan tersimpan di dalam tabung supaya dapat digunakan sebagai bahan bakar, selain itu gas ini juga tidak akan menyebar ke atmosfir.

Selain manfaat yang ramah lingkungan, jelas sang pembuat, perbedaan kotoran-mobile dengan Bug-Bio adalah hanya metana mobil berbahan bakar yang tidak kehilangan performa. Bio-Bug sebenarnya berbahan bakar ganda, tergantung pada bensin tanpa timbal untuk memulai "raungannya". Mobil ini juga dapat melaju kencang ketika mesin berada pada suhu yang benar. Jika bahan bakar poop-nya telah habis, mobil itu langung beralih menjadi mobil biasa yang berbahan bakar bensin.

Para desainer di GENeco jelas menjatuhkan pilihan mobil berbahan bakar poop ini kepada Beetle klasik. Mobil ini dikenal dengan mobil yang dapat mengolah gas buangnya. Mohammed Saddiq dari GENeco menjelaskan bahwa pilihan atas mobil ini terinspirasi oleh mahasiswa yang mengambil bagian dalam lokakarya.

Bio-Bug memiliki kecepatan sampai 225 kilometer per jam. Batas kecepatan maksimum di inggris hanya sampai 112 kilometer per jam. Mobil ini pun dapat berlari sampai 10.000 mil jauhnya.

Seorang desainer Italia Fabio Federici, belum lama ini mengungkapkan ide gilanya membuat kapal yacht super yang disebut Origami. Ia mendapatkan ide dari seni melipat kertas Jepang. Konsep kapal pesiar ini mengubah gaya bermain melipat kertas untuk kecepatan mesin, berkat inovasi dalam dek yang multifungsional, dan memiliki sayap lipat.

Bila dalam keadaan tertutup, desain kompak dan aerodinamis memungkinkan kapal untuk mencapai kecepatan yang optimal. Tapi ketika berlabuh, bentuk mewah terbentang untuk menciptakan ruang hidup mewah terlengkap dengan empat kabin di bawah. Ada pula tangga spiral menuju dua tempat tidur gantung berbayang di atas atap.

Selain itu, dek juga menyediakan kolam bermain dan tiga dek lounge yang dapat berputar sampai 360 derajat. Sehingga para tamu bisa menikmati seluruh tepi pemandangan laut.

Konsep desain inovatif Fabio Federici ini berhasil memenangkan Millennium Yacht Design Award. Federici mengatakan, kuncinya adalah menciptakan sebuah kapal pesiar yang tidak konvensional dengan menggabungkan kecepatan dan kemewahan.

Ia menambahkan, "Saya terinspirasi oleh bentuk-bentuk kaku dari pesawat siluman. Lalu saya mendapat ide dari jembatan utama konversi. Kemudian saya melihat kesamaan model itu dengan origami."

Pabrikan otomotif Ford akan menarik 575 ribu Ford Windstar, kendaraan jenis minivan, dari Amerika Serikat dan Kanada. Seperti dilansir situs Autonews.com, penarikan sukarela itu mencakup Windstar keluaran 1998 sampai 2003, khususnya di daerah-daerah yang menggunakan garam untuk mengatasi jalan yang beku karena es di cuaca dingin. Demikian pernyataan Otoritas Keamanan Lalu Lintas AS (NHTSA) dalam laman situs resminya, Jumat (27/8).

"Setelah bertahun-tahun kendaraan melayani wilayah-wilayah itu, pengaratan bisa membuat poros belakang kendaraan lemah, dan rentan terhadap tekanan torsional," tulis NHTSA. Said Deep, seorang juru bicara Ford, mengatakan mereka telah menerima sekitar 950 keluhan terkait retakan pada poros belakang, termasuk yang mengakibatkan tujuh kecelakaan dan memakan tiga korban cedera.

Pabrikan otomotif yang bermarkas di Dearborn, Michigan, AS, itu berjanji akan memperbaiki kendaraan yang ditarik secara gratis dan memasang beberapa perangkat tambahan untuk memperkuat poros tersebut. Adapun NHTSA membuka penyelidikan atas permasalahan itu pada Mei silam, setelah menerima 234 keluhan terkait poros belakang


Produsen otomotif Toyota Motor Corp. telah mengumumkan untuk menarik kembali sekitar 1,13 juta unit sedan Corolla dan Matrix hatchback pada hari Kamis (26/8). Hal ini dikarenakan mesin pada mobil-mobil tersebut sering berhenti mendadak. Ini menjadi kasus yang terbaru dalam serangkaian masalah kualitas pada mobil Jepang.

Penarikan kembali ini mencakup kendaraan dari model tahun 2005-2008 yang dijual di Amerika Utara. Tiga kecelakaan dan satu kecelakaan kecil telah dilaporkan ke pihak perusahaan. Namun Toyota belum mengonfirmasi kecelakaan itu ada hubungannya dengan masalah mesin.

Juru bicara dari perusahaan mengatakan kendaraan dengan mesin 1ZZ-FE mungkin berisi mesin modul kontrol rusak, yang merupakan sebuah komputer yang mengatur kinerja mesin. Dalam beberapa kasus, retakan yang ada di papan sirkuit modul dapat mencegah mesin untuk hidup dan terjadi pergeseran kasar atau mesin mati secara mendadak.

Toyota juga mengatakan akan menggantikan mesin modul kontrol pada kendaraan-kendaraan yang sudah ditarik tanpa dikenakan biaya. Dan perusahaan akan mulai mengirim surat pemberitahuan kepada pelanggan Corolla dan Matrixes pada pertengahan September.

Toyota Motor Corp sebelumnya telah menarik lebih dari 10 juta kendaraan di seluruh dunia selama tahun lalu untuk berbagai masalah, termasuk pedal gas yang rusak, akselerator dan masalah pengereman di mobil hibrida Prius [baca: Toyota Tarik Ratusan Land Cruiser Amazon]. Federal Regulator telah menyelidiki kemungkinan rusaknya mesin di Corolla dan Matrix sejak Desember dan mulai intensif pada awal pekan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA