30 November 2010

Ekspor Bali ke Jepang Naik 16%

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Senin, 29 November 2010 16:23 WIB

Denpasar
Aneka jenis kerajinan berbahan baku kulit hasil karya masyarakat Bali sebagian besar memenuhi selera konsumen Jepang sehingga perolehan devisa dari ekspor ke negara tersebut naik hingga 16% pada 2010.

Realisasi ekspor kerajinan berbahan baku kulit dari Bali menghasilkan devisa 7,9 juta dolar Amerika Serikat (AS) selama Januari hingga September 2010, kata Kepala Seksi Ekspor Disperindag Bali, Putu Bagiada, di Denpasar, Senin.

Hasil perdagangan tersebut atas pengapalan 3,1 juta pcs atau mengalami kenaikan hingga 60 persen, jika dibandingkan dengan periode sama 2009 yang bernilai 4,9 juta dolar hasil penjualan sebanyak 1,7 juta pcs.

Bagiada mengatakan, aneka kerajinan berbahan baku kulit yang terdiri atas tas, baju, topi, aksesoris yang dipadukan dengan perak, sebagian besar atau 30,6 persen diantaranya memenuhi konsumen asal Jepang.

Kemudian sekitar 17,2% kerajinan berbahan baku kulit buatan masyarakat Bali ditujukan untuk memenuhi permintaan dari Singapura dan konsumen Italia menduduki urutan terbanyak ketiga, yakni 10,2%.

Ia mengatakan, Jepang negara pembeli matadagangan nonmigas Bali terbanyak kedua setelah AS, dengan nilai 69,7 juta dolar sembilan bulan I-2010, atau naik 16,3% dari tahun lalu hanya 59,9 juta dolar.

Selain kerajinan berbahan baku kulit, juga sekitar 73,3% hasil perikanan laut seperti Tuna segar dan berbagai jenis ikan dan udang memenuhi permintaan konsumen dari negeri Matahari Terbit tersebut.

Bagiada mengatakan, masyarakat Bali cukup kreatif dalam menciptakan rancangan yang sesuai perkembangan zaman sehingga bisa diterima konsumen Jepang yang terkenal dengan permintaan berkualitas tinggi.

Konsumen Jepang umumnya meminta barang berkualitas terbaik, sehingga harga tidak menjadi masalah. "Yang penting selera konsumen bisa terpenuhi soal harga gampang," kata Made Sudiada pengusaha setempat.

Made yang selama ini sebagian besar mengekspor barang kerajinan ke Jepang mengetahui selera konsumennya terhadap berbagai jenis barang suvenir bagi masyarakat negeri itu yang berukuran kecil dan mudah dibawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA