16 Desember 2010

Pakar: PR Indonesia Atasi Kemiskinan

INDONESIA PLASA

Kamis, 16 Desember 2010 23:33 WIB

Bogor
Staf Ahli Bidang Kebijakan Pembangunan Pertanian Kementerian Pertanian Prof Dr Ir Pantjar Simatupang, Kamis di Bogor mengatakan, pekerjaan rumah terbesar Indonesia yaitu mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran.

"PR terbesar kita saat ini adalah mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran yang menimbulkan berbagai permasalahan sosial," kata Prof Dr Pantjar Simatupang.

Prof Dr Pantjar Simatupang pada Kamis menjadi pembicara utama dalam kegiatan bedah buku denga judul "Indonesia Menentukan Nasib: dari Reformasi ke Transformasi Kelembagaan" yang digagas Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Selain menghadirkan Prof Dr Pantjar Simatupang, bedah buku yang dipandu Sekjen HKTI Dr Rachmat Pambudy tersebut juga menghadirkan Direktur Manajemen Bisnis IPB Dr Ir Arief Daryanto MEc sebagai pembicara.

Buku tersebut merupakan hasil penelitian Harvard Kennedy School Indonesia Program yang diterbitkan atas kerjasama Rajawali Foudadtion dengan Penerbit Kompas.

Kegiatan bedah buku tersebut diikuti 100 peserta yang berasal dari IPB dan berbagai perguruan tinggi di Bogor serta perwakilan dari sejumlah kementrian.

Menurut Prof Pantjar Simatupang, bangsa ini memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan.

"Kita memiliki banyak pekerjaan rumah. Namun yang terpenting saat ini adalah bagaimana dapat mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran," ujarnya.

Ia mempetanyakan bagaimana rakyat bisa makan dengan teratur dengan gizi yang baik. Selain itu pendapatan per kapita juga sudah saatnya bisa ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA