22 Oktober 2010

40 DAFTAR ASET ORANG TERKAYA DI INDONESIA

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

40 Daftar Aset Orang Paling Kaya Se-Indonesia


Martua Sitorus, Eka Tjipta Widjaja, dan Sukanto Tanoto. (foto: Forbes)
JAKARTA - Sederet nama orang-orang kaya di Indonesia selalu menjadi pusat perhatian. Daftar namanya pun selalu berubah, bak roda kehidupan. Majalah Forbes Asia akhirnya merilis daftar 40 nama orang terkaya di Tanah Air.

Jika sebelumnya okezone telah menyajikan 10 nama orang paling tajir, kini daftar dan asetnya bertambah lengkap.

Dalam keterangan Forbes, kekayaan bersih Indonesia merosot drastis. Penyebabnya adalah pasar modal yang anjlok sekira 54 persen dibanding tahun lalu, penurunan harga komoditas, serta pelemahan nilai tukar rupiah.

Sedangkan total kekayaan bersih dari 40 orang terkaya di Indonesia itu anjlok hampir 50 persen dibanding tahun lalu, sehingga totalnya kini sekira USD21 miliar.

Majalah Forbes Asia menempatkan Sukanto Tanoto sebagai orang terkaya di Indonesia, menggeser posisi Aburizal Bakrie yang kini menduduki peringkat kesembilan.

Terdapat tiga pendatang baru yang masuk menjadi orang terkaya. Sementara ada 7 miliuner yang jatuh ke posisi di atas urutan ke-11. Beberapa nama yang masuk jajaran orang kaya baru yakni, direksi PT Bayan Resources Tbk yakni Theodore Rachmat dan Garibaldi Thohir.

Berikut daftar lengkap 40 orang terkaya seperti dikutip Majalah Forbes, Jumat (19/12/2008).

1. Sukanto Tanoto
Berusia 58 tahun, memiliki empat anak.Sukanto memiliki kekayaan bersih USD2 miliar. Nilai kekayaan itu sebenarnya turun sekira 57 persen dari tahun lalu yang tercatat USD4,7 miliar. Dia saat ini menjalankan Raja Garuda Mas (RGM) International, yang memproduksi pulp dan kertas (April) serta minyak kelapa sawit Asian Agri.

2. R. Budi Hartano
Berusia 67 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimiliki USD1,72 miliar.
Bersama saudaranya, Michael Hartono, dia memiliki perusahaan pembuat rokok terbesar kedua di Indonesia, Djarum, setelah keluarga Wonowidjojo yang memiliki Gudang Garam. Dia juga menguasai saham Bank Central Asia, gedung perkantoran, dan kompleks perhotelan di Jakarta Pusat, Grand Indonesia.

3. Michael Hartono
Berusia 69 tahun, memiliki empat anak. Kekayaan yang dimiliki USD1,68 miliar. Dia adalah pemilik perusahaan rokok kretek Indonesia, Djarum. Michael dan adiknya, Robert Budi Hartono, mewarisi Djarum setelah ayah mereka, Oei Wie Gwan, meninggal pada 1963. Oei Wie Gwan meninggal tidak lama setelah pabrik rokok Djarum terbakar habis.

4. Putera Samporena
Berusia 60 tahun, memiliki 4 anak. Kekayaan yang dimilikinya USD1,5 miliar. Keluarganya menjual perusahaan Sampoerna kepada Philip Morris pada 2005. Putera adalah generasi ketiga dari keluarga Sampoerna di Indonesia. Dia adalah putra dari Aga Sampoerna dan cucu dari Liem Seeng Tee, pendiri perusahaan Sampoerna.

5. Martua Sitorus
Berusia 48 tahun, sudah menikah. Kekayaan USD1,3 miliar. Martua Sitorus alias Thio Seng Hap dengan sepupunya Kuok Khoon Hong, yang juga orang terkaya di Malaysia, telah menciptakan Wilmar International Ltd. Perusahaan yang bermarkas di Singapura tersebut bergerak di bisnis perkebunan kelapa sawit, pengolahan minyak sawit mentah (CPO). Kekayaannya meningkat berkat kenaikan harga komoditi dan saham sektor CPO.

6. Peter Sondakh

Berusai 56 tahun, memiliki 3 anak. Kekayaannya USD1,05 miliar. Konglomerat yang satu ini sudah tidak asing lagi. Dia pemilik Rajawali Group, yang dirintis sejak dua dekade lalu. Dia juga pemilik perusahaan taksi Express, terbesar nomor dua di Indonesia.

7. Eddy William Katuari
Berusia 57 tahun, memiliki empat anak. Kekayaannya USD1,04 miliar. Eddy adalah anak keempat dari lima bersaudara, pendiri perusahaan sabun, Wing. Ayahnya yakni, Johannes Ferdinand Katuari alias OenYon Khing (almarhum), merupakan founder dan Chairman Grup Wings. Keluarga Eddy juga memiliki tersebut juga sebagai pemilik Bank Ekonomi. Kini, bank itu diakusisi oleh Bank HSBC.

8. Eka Tjipta Widjaja

Berusia 85 tahun, memiliki 15 anak dari dua istri. Kekayaannya USD950 juta. Kesuksesan imigran asal China ini berawal dari menjual biskuit, dan kemudian berkembang di sektor perkebunan, mekanan, dan telekomunikasi. Namun, nasibnya terus meroket hingga memiliki Grup Sinar Mas, yang salah satu bisnisnya terkenal di bidang kelapa sawit (CPO). Dia juga menjadi presiden komisaris dari bank Bank Internasional Indonesia (BII).

9. Aburizal Bakrie

Berusia 62 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaannya USD850 juta. Aburizal Bakrie adalah seorang pengusaha Indonesia yang juga Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Tahun lalu dia dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan senilai USD5,4 miliar.

10. Murdaya Poo

Berusia 67 tahun, memiliki empat anak. Kekayaan yang dimiliki USD850 juta. Dia adalah pengusaha yang mendirikan Central Cipta Murdaya pada 1984. Sekarang dia terlibat dalam sektor real estate, produksi baja, dan kelapa sawit. Dia adalah suami dari Hartati Murdaya. Keduanya aktif dalam lembaga komunitas Budha Walubi.

11. Anthoni Salim

Berusia 59 tahun, sudah menikah. Kekayaan yang dimilikinya USD690 juta. Dia adalah orang yang berhasil membangun kembali kerajaan bisnis Salim Group, setelah sempat mengalami kemunduran akibat krisis ekonomi 1998. Salah satu kelompok usahanya, yakni Bank BCA, dan produsen makanan instan Grup Indofood.

12. Keluarga Wonowidjojo
Kekayaan yang dimiliki USD640 juta. Wonowidjojo adalah pendiri perusahaan rokok Gudang Garam. Wonowidjojo meninggal 27 Juli 2008, di Singapura. Kekayaannya diwarisi oleh anak-anaknya.

13. Chairul Tanjung

Berusia 46 tahun, memiliki dua anak. Kekayaan yang dimiliki USD625 juta.
Pengusaha yang akrab dipanggil CT in adalah pemilik Para Group. Perusahaan ini memiliki kelompok usaha antara lain stasiun televisi Trans Corp, Bank Mega.

14. Trihatma Haliman

Berusia 56 tahun, memiliki dua anak. Kekayaan yang dimilikinya USD470 juta. Dia adalah pendiri perusahaan yang bergerak di sektor properti, Agung Podomoro. Dia telah menyatakan akan menginvestasikan dananya lebih dari USD200 juta untuk proyeknya di tahun depan.

15. Arifin Panigoro

Berusia 63 tahun, memiliki dua anak. Kekayaan yang dimilikinya USD430 juta. Di lantai bursa, siapa yang tidak mengenalnya. Dia adalah juragan minyak Medco Energi. Kakak dan adiknya juga mengelola perusahaan migas ini. Namun, nilai sahamnya merosot 60 persen sejak kejatuhan harga minyak dan menurunnya produksi minyak.

16. Sjamsul Nursalim

Berusia 67 tahun, memiliki dua anak. Kekayaan yang dimilikinya USD425 juta. Dia dan keluarganya adalah pendiri perusahaan Gajah Tunggal, salah satu produsen ban terbesar di Asia Asia. Namun, nilai sahamnya anjlok lebih dari 60 persen sejak akhir tahun lalu. Dia juga memiliki beberapa usaha di bidang tambang batu bara, properti, hotel, dan ritel. Dikabarkan penggemar olah raga tenis ini tinggal di Singapura. Sjamsul juga tersangkut kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia.

17. Mochtar Riady
Berusia 79 tahun, memiliki enam anak. Kekayaan yang dimilikinya USD420 juta. Pendiri Grup Lippo ini, menggeluti sektor properti, ritrl, keuangan. Dia juga telah membeli merek roti Deli France tahun lalu. Dia bersama anak-anaknya terus mengembangkan usahanya.

18. Harjo Sutanto
Berusia 82 tahun, memiliki empat anak. Kekayaan yang dimilikinya USD340 juta. Dia adalah kakak dari Eddy William Katuari (No 7). Bersama-sama mengembangkan Grup Wings.

19. Husein Djojonegoro

Berusia 59 tahun, memiliki empat anak. Kekayaan yang dimilikinya USD300 juta Husein adalah bos dari Grup ABC. Salah satu anak usahanya yakni Orang Tua Grup, yang memproduksi minuman sehat sejak 1948. Sekarang produknya terus berkembang mulai dari biskuit keju hingga pasta gigi.

20. Soegiharto Sosrodjojo

Berusia 78 tahun, memiliki lima anak. Kekayaan yang dimilikinya USD275 juta. Dia merupakan kepala dari Rekso Grup. Sekarang usahanya dikelola oleh anaknya yang terakhir Sukowati (36). Rekso Grup adalah produsen minuman teh beserta botolnya, yakni Teh Botol Sosro, perkebunan teh dan hotel.

21. Aksa Mahmud

Berusia 63 tahun, memiliki lima anak Kekayaan yang dimilikinya USD260 juta. Dia adalah adik dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dia adalah salah satu pendiri Bosowa Corp. Berbagai sektor digeluti oleh konglomerat ini, antara lain industri semen.

22. Hary Tanoesoedibjo

Berusia 43, memiliki lima anak. Kekayaan yang dimilikinya USD240 juta
Asetnya antara lain terdiri dari tiga stasiun televisi, empat stasiun radio, dan wireless networks, sebuah portal berita internet, jasa pay-TV. Dia juga memiliki sebuah bank investasi, Bhakti Investama. Dia membangun usahanya sejak usia 24 tahun dan menguasai 80 persen saham pada tahun lalu.

23. Garibaldi Thohir

Berusia 43 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD275 juta. Dia adalah Presiden Direktur Adaro Energi, perusahaan yang bergerak di tambang batu bara. Perusahaanya listing di Bursa Efek Indonesia Juli 2008. Mulai berkiprah di tambang batu bara sejak 1992. Kemudian, sempat menjabat sebagai presiden komisaris PT Wom Finance. Sekarang menjadi salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia. Hobinya adalah oleh raga dan traveling.

24. Theodore Rachmat

Kekayaan yang dimilikinya USD215 juta. Dia adalah sepupu Edwin Soeryadjaya (No 26). Theodore adalah mantan bos Astra International.

25. Low Tuck Kwong

Berusia 60 tahun, sudah menikah. Kekayaan yang dimilikinya USD214juta
Dia orang dibalik layar perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources.

26. Edwin Soeryadjaya

Berusia 59 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD210 juta. Dia adalah Presiden Komisaris PT Adaro Erwin Soeryadjaya, anak usaha PT Saratoga Investama Sedaya Saratoga.

27. Prajogo Pangestu

Berusia 57 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD200 juta. Sempat kehilangan aset besar-besaran pada saat krisis di Asia 1997. Namun kembali bangkit dengan kendaraan PT Barito Pacific, dia juga memiliki saham di Tri Polyta dan Chandra Asri. Kedua perusahaan itu kemudian digabung menjadi Barito. Sahamnya, sempat kolaps pada tahun ini.

28. Paulus Tumewu

Berusia 56 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD190 juta. Dia adalah pendiri Department Stores Ramayana, menjual berbagai kebutuhan mulai dari makan, mainan, hingga pakaian. Usahanya tersebar 105 lokasi pada 42 kota. Sempat ditahan dan kemudian dibebaskan pada 2005 karena tidak membayar pajak.

29. Jusuf Kalla
Berusia 66 tahun, memiliki lima anak. Kekayaan yang dimilikinya USD185 juta. Siapa yang tidak kenal dia. Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dia juga memiliki perusahaan Kalla Group. Saudara laki-lakinya, Achmad Kalla, memegang kendali pada anak usahanya Bukaka Teknik Utama, sedangkan saudara wanitanya, Fatima menjadi pengendali perusahaan Hadji Kalla, yang memegang kendali dealer Toyota di Sulawesi.

30. Tan Kian
Berusia 51 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD175 juta. Tan Kian yang juga pemilik Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton di Jakarta. dia juga memiliki 60 vila resort senilai USD65 juta di Pulau Bintan. Dia sangat percaya dengan feng shui.

31. Sutanto Djuhar

Berusia 79 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD165 juta. Dia bersama saudara laki-lakinya membangun Salim Group, perusahaan sang ayah Anthoni Salim. Dia mengelola First Pacific, pemegang saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

32. Kartini Muljadi

Berusia 78 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD130 juta. Dia adalah anak dari Anthoni Salim pemilik Salim Group.

33. Soegiarto Adikoesoemo
Berusia 70 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD120 juta. Cikal bakal grup usaha ini adalah PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk, didirikan 1960 di Surabaya. Dia adalah pendiri Tempo Scan pada 1982. Anaknya Muljadi pendiri Kartini Muljadi & Rekan (KMR) pada 1990. Putrinya, Dian menggeluti majalah Bazaar Indonesia.

34. Alim Markus

Berusia 57 tahun, memiliki tujuh anak. Kekayaan yang dimilikinya USD115 juta. Dia adalah salah satu konglomerat asal Grup Maspion. Dia juga kepala Asosiasi Indonesia-China.

35. George & Sjakon Tahija

Kekayaan yang dimilikinya USD110 juta. Dia adalah anak dari Julius Tahija (almarhum), mengelola Austindo Nusantara Jaya yang bergerak di bidang jasa keuangan, kesehatan, dan minyak kelapa sawit.

36. Kris Wiluan
Berusia 60 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD105 juta. Dia adalah pendiri Citramas Group, yang menggeluti berbagai usaha antara lain pengapalan, pengeboran, dan hotel. Dia juga mengelola PT Citra Tubindo, produsen pipa untuk offshore.

37. Jakob Oetama

Berusia 80 tahun, memiliki lima anak. Kekayaan yang dimilikinya USD80 juta. Pendiri surat kabar Kompas pada 1965, yang dimiliki PK Ojong, yang juga mendirikan Grup Kompas Gramedia. Beberapa lini bisnis juga digeluti antara lain, hotel, dan toko buku.

38. Hadi Surya

Berusia 72 tahun, memiliki tiga anak. Kekayaan yang dimilikinya USD70 juta. Dia pemilik perusahaan Berlian Laju Tanker yang bergerak dalam bidang pengapalan minyak. Berlian Laju Tanker juga rekanan Pertamina. Dia membuka cabang Sao Paulo pada Juni.

39. Eka Tjandranegara

Berusia 62 tahun, sudah menikah. Kekayaan yang dimilikinya USD60 juta. Mengawali usaha dengan mendirikan Grup Mulia pada 1971 dengan ayahnya Tjandra Kusuma. Salah satu anak usahanya Mulia Land, delisting dari Bursa Efek Indonesia pada 2007 setelah mencetak kerugian yang sangat besar. Ada juga usaha yang bergerak di bidang manufaktur, Mulia Industrindo.

40. Ciputra

Berusia 77 tahun, memiliki empat anak. Kekayaan yang dimilikinya USD55 juta. Dia adalah pendiri perusahaan properti Grup Ciputra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

INDONESIA PLASA