15 Desember 2010

Rupiah Sore Turun 12 Poin

INDONESIA PLASA
Rupiah Sore Turun 12 Poin
Jakarta

Nilai tukar rupiah di pasar uang spot antarbank Jakarta Rabu sore turun 12 poin menjadi 9.019/9.029 per dolar terpengaruhnya menguatnya dolar terhadap euro dan yen di pasar regional.

Direktur Retail Banking Bank Mega Kostaman Thayib mengatakan, rupiah juga tertekan oleh merosotnya indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia akibat melemahnya saham-saham di Wall Street.

Rupiah merosot karena pasar eksternal makin melemah, ujarnya.

Mata uang Indonesia, menurut dia, memang sudah diperkirakan kembali menjauhi level 9.000 per dolar, karena peran Bank Indonesia (BI) yang tetap berada di pasar.

BI menginginkan rupiah tetap berada di atas angka 9.000 per dolar, ucapnya. Di pasar internal sebenarnya tidak ada masalah bagi rupiah, karena faktor fundamental ekonomi Indonesia makin membaik.

Namun pasar eksternal yang cenderung negatif pada saat ini menekan rupiah terus terpuruk hingga diatas 9.000 per dolar, katanya.

Ia mengatakan, posisi rupiah dilevel 9.000 per dolar sebenarnya masih cukup baik. Jadi tidak perlu dikhawatirkan rupiah akan terus bergerak turun.

Karena investor asing masih tetap berada di pasar yang diharapkan akan kembali masuk dengan membeli ruipiah dalam jumlah yang besar.

Apalagi harga-harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) makin merosot yang akan mendorong pelaku asing masuk ke pasar saham dengan membeli rupiah lebih dahulu, katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA