3 Maret 2011

INDONESIA PLASA

10 PROGRAM BEASISWA KE UNIVERSITAS TERKEMUKA DI DUNIA

RADAR JAMBI:TONI.S



Yuk... Ambil Beasiswa Riset di Oxford!

Sabtu, 29 Januari 2011 | 16:11 WIB

Program beasiswa DPhil Studentship kembali digulirkan untuk para mahasiswa Internasional dalam rangka mendukung upaya riset Oxford Internet Institute di University of Oxford. Program beasiswa doktoral ini merupakan bagian dari program riset "The Internet, Political Science and Public Policy".

Dimulai October 2011 mendatang, beasiswa ini dimungkinkan untuk membantu proyek tesis para mahasiswa yang terkait kedua tema riset di atas.

Adapun skema DPhil Studentship ini meliputi tunjangan pelatihan (training) dan berbagai kegiatan konferensi, biaya studi, and honor tanpa potongan pajak per tahun sebesar £12,940.

Bagi yang berminat, batas aplikasi untuk program beasiswa ini ditentukan sampai pada Jumat, 18 Februari 2011. Rencana interview bagi yang lolos seleksi dijadwalkan pada 7 March 2011. Informasi lengkapnya bisa dilihat di www.oii.ox.ac.uk.

BEASISWA LUAR NEGERI
Asyik... Ada Beasiswa Fuji ke Jepang!

The Fuji Xerox - Setsutaro Kobayashi Memorial Fund membuka pendaftaran aplikasi program beasiswa penelitian mahasiswa Internasional tahun akademik 2011/2012. Di kawasan Asia Tenggara, kandidat asal Indonesia akan bersaing dengan mahasiswa asal Kamboja, Singapura, Thailand, Timor-timor, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Pembiayaan untuk program beasiswa ini dialokasikan oleh Setsutaro Kobayashi Memorial Fund, yaitu sebuah lembaga nonprofit yang didirikan untuk menghormati jasa-jasa pendiri Fuji, Setsutaro Kobayashi. Penelitian yang dibiayai lembaga ini adalah penelitian yang bersifat individu di bidang Humaniora atau Ilmu-ilmu sosial.

Bagi yang berminat, kandidat yang diutamakan mendaftar adalah mahasiswa yang sedang bersiap mengambil program studi doktoral atau S-3 di universitas-universitas di Jepang. Di luar itu, kandidat sudah dipastikan ditolak aplikasinya.

Adapun skema beasiswa yang akan disediakan oleh Setsutaro Kobayashi Memorial Fund meliputi dana penelitian yang mencakup biaya transportasi, akomodasi perjalanan, buku-buku referensi dan lain-lain terkait aktivitas penelitian di Jepang dan negara-negara di Asia Pasifik.

Bagi para peminat, informasi beasiswa ini bisa diakses di http://www.fujixerox.com. Batas akhir pengiriman aplikasi ditunggu hingga 28 Februari 2011.

BEASISWA LUAR NEGERI
Dibuka, Beasiswa Ajinomoto ke Jepang!

Tahun ini, program Ajinomoto Scholarship sudah dibuka bagi para mahasiswa Internasional, khususnya di lima negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta Filipina.

Ternyata Ajinomoto bukan cuma mengurus masak-memasak di dapur. Tahun ini program Ajinomoto Scholarship sudah dibuka bagi mahasiswa internasional, khususnya di lima negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta Filipina.

Program beasiswa tahun akademik 2011/2012 tersebut ditawarkan untuk mahasiswa yang ingin meraih gelar master bidang sains di Universitas Tokyo. Syarat utamanya, kandidat harus merupakan warga negara asli Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, atau Filipina dan berusia tak lebih dari 35 tahun pada 1 April 2011.

Kandidat juga harus memiliki bukti kemahiran berbahasa Jepang, fisik yang sehat, dan punya motivasi tinggi dalam studinya. Saat mendaftarkan beasiswa ini, kandidat tidak diperkenankan menerima beasiswa lain.

Bagi yang berminat, batas waktu pengiriman aplikasi sampai 28 Maret 2011. Informasi mengenai besaran beasiswa, masa studi, syarat-syarat penting lain, dan format pendaftarannya bisa diunduh di http://www.ajinomoto.co.th.


BEASISWA PEMERINTAH
Dibuka, StuNed "Short Course" ke Belanda


www.studyinholland.nl Melalui program beasiswa StuNed, para peminat individual dapat mengikuti program master dan short course di Belanda. Sementara bagi institusi dapat mengajukan proposal untuk group application dan atau refresher course.

Program beasiswa StuNed - Short Courses 2011 sudah dibuka. StuNed atau Studeren in Nederland atau studi di Belanda merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia.

Melalui program beasiswa StuNed, para peminat individual dapat mengikuti program master dan short course di Belanda. Sementara bagi institusi dapat mengajukan proposal untuk group application dan atau refresher course.

Bagi yang berminat, syarat utamanya adalah Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri. Pendidikan minimal kandidat adalah S-1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK minimal 2,75) dan diterima di salah satu program master yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda. Ini pun harus dibuktikan dengan Surat Penerimaan (admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.

Informasi penting mengenai syarat, program studi, formulir pendaftaran, dan lain-lain mengenai beasiswa ini bisa dilihat dan diunduh di http://www.nesoindonesia.or.id/ atau www.studyinholland.nl. Atau, bisa juga dilihat di rubrik Edukasi Kompas.com.

Adapun batas akhir pendaftaran sampai 1 Maret 2011 untuk jadwal short course yang dimulai antara 1 Juli – 31 Desember 2011 dan 1 Oktober 2011 untuk jadwal short course yang dimulai antara 1 Januari – 30 Juni 2012.


BEASISWA PEMERINTAH
Asyik, Dibuka Beasiswa 2011 ke Perancis!

Beasiswa Pemerintah Prancis atau Bourse du Gouvernement Français (BGF) tahun akademik 2011/2012 sudah dibuka. Program beasiswa tersebut diberikan oleh Pemerintah Prancis melalui Kedutaan Besar Prancis di Jakarta.

Beasiswa BGF 2011 ditawarkan kepada para pegawai negeri, dosen, serta mahasiswa, terutama mereka yang terlibat dalam program kerjasama antara Prancis dan Indonesia, untuk mengikuti dua jenis program pendidikan, yaitu Master (full scholarship) dan Doktoral (full scholarship selama 18 bulan).

Bagi yang berminat, juri akan memberikan prioritas kepada kandidat yang telah melakukan identifikasi program, baik Master maupun Doktoral dan yang telah memiliki respon positif atau rekomendasi dari profesor Prancis, atau kandidat yang telah memiliki surat penerimaan.

Adapun skema beasiswa ini meliputi biaya kursus Bahasa Prancis di CCF Jakarta, biaya hidup, asuransi, serta tiket pulang pergi Indonesia-Prancis. Informasi dan formulir aplikasi beasiswa ini bisa segera diunduh di http://indonesia.campusfrance.org.

Aplikasi harus diserahkan paling lambat tanggal 31 maret 2011.


BEASISWA LUAR NEGERI
Hore... Beasiswa Chevening Sudah Dibuka!


Adapun skema Beasiswa Chevening meliputi biaya hidup, biaya kuliah, serta tiket pulang pergi.

Foreign and Commonwealth Office (FCO) yang menangani Beasiswa Chevening memutuskan untuk membuka penerimaan aplikasi kandidat dari Indonesia untuk Program Beasiswa Chevening 2011/2012. Keputusan final mengenai persyaratan, kriteria seleksi, target wilayah dan area studi yang diprioritaskan untuk 2011/2012 diharapkan dapat diputuskan akhir Januari 2011 ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Chevening diberikan sebagai program beasiswa penuh untuk jenjang Pascasarjana (Master) selama setahun di universitas-universitas dan institusi profesional lainnya di Inggris.

Adapun skema beasiswa ini akan meliputi biaya hidup, biaya kuliah, serta tiket pulang pergi. Bagi yang berminat, kandidat harus memperhatikan bahwa Chevening 2011/2012 ini tampaknya akan sangat berhubungan dengan prioritas-prioritas FCO.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk meraih beasiswa ini di antaranya Warga Negara Indonesia, Lulusan dengan IPK minimum 3.0, memiliki kemampuan berbicara dan menulis bahasa Inggris yang baik dengan nilai IELTS minimum 6.5. Kandidat juga harus memiliki pengalaman bekerja setelah lulus sarjana (S-1) minimal dua tahun dan berkomitmen untuk pengembangan karir jangka panjang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai prioritas FCO tersebut, bisa dilihat di http://www.fco.gov.uk. Para kandidat dari Indonesia bagian Timur juga diharapkan ikut serta dalam program ini.

Informasi beasiswa ini bisa dilihat melalui http://ukinindonesia.fco.gov.uk atau http://www.chevening.fco.gov.uk, serta halaman resmi Facebook milik Chevening.


BEASISWA LUAR NEGERI
Mau, Beasiswa Ericsson ke Swedia ini?

Chalmers University of Technology, Swedia, menawarkan beasiswa kepada para pelajar Internasional. Salah satu yang memberi dukungan beasiswa tersebut adalah Ericsson, perusahaan telepon genggam di Swedia.

Tahun ini Ericsson menawarkan beasiswa untuk dua pelajar Internasional untuk meraih gelar Master di bidang Communication Engineering pada musim gugur 2011 nanti.

Sebetulnya, para pelajar yang ingin menempuh studi di Swedia juga bisa melacak bermacam beasiswa yang tersedia di negara tersebut. Salah satunya di Chalmers University of Technology.

Informasi beasiswa ini bisa dilihat di http://www.chalmers.se.


Wow, Beasiswa S-2 dan S-3 ke Perancis!

Pemerintah Perancis melalui Kedutaan Besar Perancis di Jakarta telah merilis beasiswa untuk periode 2011. Beasiswa yang ditawarkan tersebut merupakan beasiswa penuh (full scholarship) untuk program Master dan Doktoral.

Beasiswa Pemerintah Perancis (BGF) tersebut diberikan kepada pegawai negeri, dosen, serta mahasiswa (terutama yang terlibat dalam program kerjasama antara Perancis dan Indonesia) untuk mengikuti dua jenis program pendidikan, yaitu Master (full scholarship) dan Doktoral (full scholarship selama 18 bulan).

Bagi yang berminat, juri akan memberikan prioritas kepada kandidat yang telah melakukan identifikasi program, baik master atau doktoral, dan telah memiliki respon positif atau rekomendasi dari profesor Perancis atau surat penerimaan.

Aplikasi beasiswa ini harus diserahkan paling lambat 31 Maret 2011. Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa diunduh di situs ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA