30 Oktober 2010

PEBISNIS KOPI DOMESTIK RAMBAH PASAR TIMUR TENGAH

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Pebisnis kopi domestik Excelso berupaya merambah pasar Timur Tengah karena besarnya potensi yang bisa dioptimalkan di sejumlah negara di wilayah tersebut.

"Pasar Timur Tengah mempunyai permintaan besar terhadap produk kopi Indonesia," kata Direktur PT Excelso Multi Rasa, Pranoto Soenarto, ditemui dalam Excelso 19th Anniversary di Tunjungan Plaza 2 Lantai 3 Surabaya, Jumat malam.

Menurut dia, ekspansi pasar gerai kopi Kapal Api Group itu ke sejumlah negara di Timur Tengah dimulai pada tahun 2011. Pasar yang dibidik di antaranya Saudi Arabia dan Dubai karena memiliki jumlah penduduk Islam sangat besar.

"Dengan perluasan pasar ini, kami yakin komposisi sumbangan penjualan internasional kian besar menjadi 30 persen dan 70 persennya pasar lokal," ujarnya.

Kalau saat ini, jelas dia, pasar yang menyumbang pendapatan terbesar sampai 90 persen adalah konsumen lokal. Lalu, sisa 10 persen internasional.

"Penjajakan pasar internasional pernah kami lakukan sebelumnya misal Beijing dan Shanghai," katanya.

Terkait perluasan pasar nasional, ia mengemukakan, kini sudah memiliki sekitar 65 gerai di 22 kota besar Tanah Air. Usaha yang dirintis sejak tahun 1991 di Plaza Indonesia tersebut kian berkembang di Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Bali, dan Makassar.

"Selain itu, menyebar di Manado, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Jayapura, Pontianak, Samarinda, Ternate, dan Kendari," katanya.

Untuk pengembangan pasar domestik, tambah dia, gerai dengan segmentasi pasat kalangan pebisnis, profesional muda, dan keluarga mengenalkan beragam fasilitas terbaru.

"Semisal, melalui aplikasi BlackBerry, jaringan sosial seperti Facebook, Fousquare, dan Twitter, dan CD Album Jazz Kompilasi `Women in Love`," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA