27 Oktober 2010

ASTRA SIAPKAN MOBIL KHUSUS PETANI'DUKUNG AGRIBISNIS

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.


Astra Siapkan Mobil Khusus Petani Dukung Agribisnis
Daihatsu F Concept (ANTARA
PT Astra Internasional Daihatsu siap memproduksi mobil khusus petani guna mendukung pengembangan agribisnis pertanian di Indonesia.

"Saat ini prototipe kendaraan petani tersebut masih sementara dimatangkan, diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama dapat diproduksi kemudian dipasarkan ke masyarakat," kata Manajer Operasi Astra Internasional Bagian Indonesia Timur, Kroda Kalantara di Manado, Rabu.

Kendaraan khusus petani tersebut, kata Kroda akan diupayakan kapasitas kecil yakni di bawah 1000 CC, ini dimaksud agar kendaraan ini hemat bahan bakar minyak tetapi tangguh sebagai kendaraan pengangkut produksi petani.

"Jenisnya akan kita umumkan kemudian, tetapi yang jelas Astra ingin memberi apresiasi terhadap pengembangan sektor pertanian di Indonesia sehingga mampu berkembang lebih maju ke depan," kata Kroda.

Petani merupakan pendorong utama perekonomian Indonesia, untuk itu Astra memberi perhatian serius dengan rencana menyiapkan kendaraan yang khusus bagi petani.

"Kendaraan ini akan dimodifikasi mampu menjangkau medan yang cukup sulit untuk menjangkau lokasi pertanian petani," kata Kroda.

Rencana Astra Daihatsu Internasional memproduksi mobil khusus petani disambut positif para petani di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), tetapi mereka meminta agar harga yang jual mobil tersebut mampu dijangkau petani.

"Harganya supaya dapat terjangkau kemampuan petani, jangan terlalu mahal, sehingga dapat dibeli petani," kata Youdi Paat, petani di Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa.

Youdi mengatakan, petani di Sulut khususnya relatif rendah penghasilannya, makanya dibutuhkan kendaraan yang murah tetapi tangguh menghadapi medan berat, dengan demikian dapat digunakan secara optimal.

"Pemerintah daerah harus mendukung dengan menyediakan sarana dan prasarana jalan memadai di lokasi pertanian dan perkebunan, sehingga kendaraan petani bisa beroperasi optimal," kata Youdi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA