18 November 2010

Saham Eropa Naik Tajam Didorong Harapan Utang Irlandia

INDONESIA PLASA BY: TONI.S

Mereka mengatakan sebuah dorongan yang sangat kuat dari Wall Street di mana ikon otomotif AS General Motor kembali ke pasar memberikan investor Eropa dorongan lebih lanjut dalam perdagangan sore, terbantu juga dengan data positif pekerjaan AS.

Di London, indeks FTSE 100 dari saham-saham terkemuka ditutup naik 1,34 persen menjadi 5.768,71 poin. Di Paris, indeks CAC 40 melompat 1,99 persen menjadi 3.867,97 poin dan di Frankfurt indeks DAX naik 1,97 persen menjadi 6.832,11 poin.

Saham di Dublin meningkat 2,58 persen karena pejabat Uni Eropa, Dana Moneter Internasional dan Bank Sentral Eropa tiba untuk menilai krisis keuangan Irlandia.

Irlandia bisa menerima "puluhan miliar" euro sebagai bagian dari paket penyelamatan Uni Eropa-IMF, kepala Bank Sentral Irlandia mengatakan Kamis.

Patrick Honohan mengatakan ia berharap bahwa pinjaman "yang sangat besar, puluhan miliaran" akan dibuat untuk menopang perekonomian Irlandia yang terpukul krisis.

"Diskusi masih berlanjut di tingkat Uni Eropa-IMF dan Bank Sentral Eropa dengan pemerintah Irlandia," kata ekonom VTB Capital Neil MacKinnon. Dalam pandangan kami itu hanya masalah waktu sebelum paket dukungan bagi bank selesai."

Pasar membicarakan bahwa Irlandia dapat menerima bailout (talangan) 90 miliar euro (122 miliar dolar) hanya enam bulan setelah anggota zona euro rentan lainnya, Yunani, berhasil diselamatkan dengan 110 miliar euro.

"Semua orang menyadari bahwa Dublin memiliki pilihan selain menerima bantuan untuk menyelamatkan sistem perbankannya," kata Guillaume Garabedian, dealer dengan Meeschaert Gestion Privee di Paris.

Sementara itu euro rally ke 1,3616 dolar, naik dari 1,3530 dolar di New York akhir Rabu.

Emas lebih kencang pada 1.350,25 dolar per ounce, naik dari 1.337,50 dolar pada Rabu.

Di New York, blue-chip Dow Jones Industrial Average melonjak 1,64 persen sekitar 1700 GMT, dengan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 1,99 persen

Dealer mengatakan pasar didorong oleh GM setelah absen 18 bulan di dekat kebangkrutan, dengan kepala eksekutif GM Dan Akerson membunyikan bel pembukaan kepada tepuk tangan keras dari lantai perdagangan.

Saham GM, dijual dengan harga 33 dolar dalam apa yang mungkin berubah menjadi penawaran saham yang terbesar perusahaan yang pernah terjadi.

Data positif pekerjaan, di samping dorongan Irlandia, juga membantu sentimen, kata para dealer. Klaim awal pengangguran AS naik hanya sedikit minggu lalu setelah baru-baru ini menurun tajam pada 439.000 kurang dari perkiraan analis 442.000.

Di tempat lain di Eropa, Amsterdam naik 1,40 persen, Brussels naik 1,74 persen, Madrid bertambah 1,33 persen, Milan meningkat 1,17 persen dan saham Swiss naik 1,82 persen

Dalam perdagangan Asia Kamis sebelumnya, Tokyo mencapai tertinggi lima bulan dengan keuntungan sebesar 2,06 persen, Hong Kong melonjak 1,82 persen dan Shanghai naik 0,94 persen, setelah bergeser sekitar 10 persen selama empat sesi sebelumnya pada ketakutan Beijing akan mencoba untuk mendinginkan ekonomi yang booming mwmberikan kekhawatiran tentang meningkatnya inflasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA