29 Desember 2010

Tablet Kalahkan Netbook

INDONESIA PLASA

Rabu, 29 Desember 2010 14:01 WIB
Tablet Kalahkan Netbook

Jakarta
Gelombang produk komputer tablet yang dipopulerkan oleh Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab telah membuat penjualan Netbook anjlok.

Lembaga riset teknologi Gartner mengatakan bahwa hanya setahun lalu diprediksi bahwa netbook akan menjadi hot seller pada tahuh 2010.

Tetapi, perangkat ultra-compact,yang dipopulerkan perusahaan seperti Acer dan Asus itu cuma memperlihatkan pertumbuhan yang kecil tahun ini. Sebaliknya, kategori baru yaitu komputer tablet, tumbuh dengan penjualan lebih dari 20 juta unit.

Konsumen mengutamakan gaya, aplikasi, layar sentuh dan kemungilan tablet ketimbang netbook tradisional.

Hanya 33.4 juta netbook terjual di tahun 2010, cuma peningkatan kecil dari tahun 2009 yang terjual 32.2 juta unit.

Roger Kay, analis pada lembaga riset Endpoint Technologies mengatakan prediksi pada 2010 terjual 40 juta unit.

"Itu tak terjadi karena netbook mengecewakan bagi banyak konsumen," Kata Kay. "Netbook dipersepsikan sebagai notebook jelek."

Tapi, menurut George Shifter, analis dari Gartner, netbook tak akan punah begitu saja.

"Mereka meredup, kira-kira bertahan dalam posisi sekarang." Dirinya berharap penjualan berada di pertengahan 30 juta pada tahun 2011.

Kay tak sepakat dengan hal itu. "Pasar akan terus menyusut," ujarnya. "Netbook tak akan sesukses notebook."

Netbook umumnya tersedia di harga 250 - 400 dolar dengan prosesor yang lebih lambat ketimbang komputer lain. "Mereka terlalu lambat buat banyak orang," tutur Kay.

iPad yang berharga 499 dolar untuk model termurahnya, dua kali lebih mahal tetapi ramping dan mudah untuk digunakan.

Netbook juga disakiti dengan jatuhnya harga komputer laptop. Harga beberapa notebook kelas pemula jatuh di kisaran 400 hingga 500 dolar di tahun 2010.

"Orang mulai mencari apa yang bisa mereka dapat jika punya sisa 100 dolar, dan pastinya tak memilih notebook," ujar Shifter.

Seperti tahun- tahun sebelumnya, notebook lebih banyak terjual ketimbang komputer dekstop, ini angkanya : 205,1 juta melawan 147.3 juta, naik dari 170 juta lawan 138,4 juta di tahun 2009.

"Ini belum akhir pertumbuhan notebook," ujar Kay."Ini kategori dengan perkembangan jangka panjang terbesar."

Secara keseluruhan, 2010 merupakan tahun yang kuat bagi industri komputer personal, dimana terlihat peningkatan penjualan meskipun mengalami resesi. Gartner memprediksi penjualan dari 409 juta komputer pribadi (PC) dan 65 juta komputer tablet pada tahun 2011.

Kepopuleran dari iPad telah mengangkat banyak industri PC untuk menindaklanjuti tahun 2011 dengan versi komputer tablet mereka sendiri, meniru layar sentuh iPad yaitu tanpa keyboard fisik.

Puluhan i perangkat baru - misalnya dari Motorola, LG dan Toshiba - akan diperkenalkan pada Consumer Electronic Show yang akan diselenggarakan di Las Vegas pekan depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA