23 Agustus 2010

Ini Lho Keluhan Orangtua Paskibra DKI

Dugaan pelecehan dan tindak kekerasan terhadap calon Paskibra (Capaska) 2010 asal Jakarta tidak hanya berupa tiga pelanggaran. Sedikitnya ada delapan hal yang dikeluhkan oleh Capaska dan para orangtua mereka.

Berdasarkan hasil investigasi tim internal Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Jumat (20/8/2010), terdapat tiga tindakan yang dianggap melanggar kedisiplinan kepaskibrakaan. Tim investigasi PPI menduga kuat ada instruksi jalan cepat dan memakai handuk pada prosesi mandi di barak putri. Tim juga menduga kuat, ada Paskibraka senior yang menampar empat yuniornya.

Sementara di barak putra, tim menduga kuat ada instruksi push up dingin. Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, keluhan yang disampaikan orangtua Capaska tidak hanya tiga hal tersebut. Ada sejumlah kejadian yang luput dalam investigasi tim PPI.

Berikut ini hal-hal yang menjadi keluhan mereka.

Keluhan atas Capaska putri:

- 15 anak diperintah berbaris telanjang sebelum diminta berjalan cepat sebelum dan sesudah mandi pada pagi dan sore hari.

- Dua orang dihukum jalan jongkok sambil telanjang karena lupa menyiapkan pakaian sebelum mandi.

- Empat anak ditampar dengan kadar kekerasan tamparan berbeda-beda. Tiga orang di antaranya merupakan Capaska asal Jakarta Selatan, satu lainnya dari Jakarta Utara. Ada yang ditampar pelan, ada yang ditampar keras sebanyak empat kali. Salah satunya ditampar hingga jatuh saat masih melakukan push up.

- Hukuman tanpa sebab yang jelas dan bervariasi, misalnya, push up dengan tangan mengepal dan bending.

- Satu anak diinfus sejak hari kedua masa orientasi dan tetap diperintah melakukan push up saat masih mengenakan infus.

Berikut ini keluhan atas Capaska putra:

- Tujuh orang diperintah melakukan push up dingin. Push up dilakukan dalam dua kelompok, yakni tiga dan empat orang. Mereka saling bertumpuk dalam kondisi telanjang.

- 14 orang mandi bersama sambil berdempetan sehingga (maaf) alat kelamin mereka bersentuhan dengan badan rekannya.

- Perintah kepada Capaska putra untuk menyaksikan rekannya yang buang air besar.

- Sebagian peserta mendapat tamparan dari senior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA