18 Desember 2010

Jasa Marga Tingkatkan Penggunaan Kartu Tol Elektronik

INDONESIA PLASA
Jumat, 17 Desember 2010 10:25 WIB
Jasa Marga Tingkatkan Penggunaan Kartu Tol Elektronik
Seorang penjaga gardu tol, menunjukkan kartu tol elektronik, saat peluncuran perdana Kartu Tol Elektronik ( e-Toll Card), di Bekasi Jawa Barat, Selasa ( 20/7).

Jakarta
PT Jasa Marga Tbk bersama Bank Mandiri merencanakan investasi baru untuk meningkatkan sistem e-toll card (kartu tol elektronik) untuk memacu kinerja sistem dan jumlah pengguna kartu itu.

"Melalui cara ini diharapkan pengguna e-toll card semakin banyak," kata Direktur Utama Jasa Marga, Frans S Sunito, di Jakarta Kamis usai meresmikan beroperasinya sistem e-toll card di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Dia mengatakan, untuk meningkatkan transaksi e-toll card dibutuhkan sebuah alat sensor yang secara otomatis melakukan transaksi tanpa pengemudi menghentikan kendaraannya.

Frans mengatakan, sistem baru ini baru akan diterapkan pada 2011 sebagai upaya mengurangi antrian di gerbang tol.

"Transaksi bisa lebih cepat dengan sistem baru ini, karena dengan sistem e-toll card saat ini masih membutuhkan 2-3 detik," ujar Frans.

Seluruh gerbang milik Jasa Marga setiap harinya melayani 900 juta transaksi. Angka ini diprediksi akan naik lagi pada 2011 mencapai 1 miliar transaksi.

Jika Jasa Marga tidak mengembangkan sistem transaksi yang praktis, maka bisa dibayangkan antrean mobil di gerbang tol yang hendak melakukan transaksi.

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menargetkan transaksi harian di seluruh tol milik perseroan yang menggunakan e-toll card bisa meningkat menjadi Rp3,6 miliar per hari pada 2013.

"Saat ini total transaksi harian mencapai Rp12 miliar, sementara yang menggunakan e-toll card baru sebanyak Rp720 juta saja," katanya.

Kenaikan itu, kata dia, akan disokong oleh meningkatnya penggunaan e-toll card yang saat ini jumlahnya masih sedikit dimiliki masyarakat Indonesia.

"Saat ini baru enam persen saja transaksi harian yang memakai e-toll card. Nanti kita akan kembangkan sistem baru sehingga peminatnya makin banyak, dengan begitu bisa ada kenaikan sampai 30 persen transaksi e-toll dari total transaksi harian," kata dia.

Menurut dia, dengan resminya pengoperasian e-toll card di JORR maka seluruh gerbang dari Veteran di Barat sampai Rorotan di Timur sudah mampu menerima layanan ini.

PT Jasa Marga saat ini memiliki 83 gerbang tol serta telah dioperasikan, dan sebanyak 28 gerbang di antaranya sudah menggunakan e-toll card.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA