5 Desember 2010

Taman Nasional Komodo Sasar 50 Ribu Turis

INDONESIA PLASA BY: TONI.S

Sabtu, 4 Desember 2010 12:48 WIB

Labuanbajo, Flores Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menargetkan 50.000 turis masuk ke kawasan itu pada 2011.

"Kami menargetkan wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional (TN) Komodo bisa mencapai 50.000 orang pada 2011," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Paulus Salasa di Labuanbajo di ujung barat Pulau Flores, Sabtu.

Ia mengatakan, target itu didukung pula dengan semakin gencarnya promosi dan kampanye Komodo dalam program New Seven Wonders of Nature.

Paulus menambahkan dalam tiga tahun terakhir ada kecenderungan meningkatnya jumlah wisatawan ke TN Komodo yang dihuni biawak raksasa komodo (varanus commodoensis).

"Pada 2009 jumlah turis yang berkunjung ke TN Komodo sebanyak 35.000 orang," katanya dan menambahkan jumlah itu diperkirakan akan naik antara 40.000-45.000 orang sampai akhir 2010.

"Kami pastikan angkanya akan melampaui tahun lalu karena sampai September 2010 ini jumlah turis ke Komodo sudah mencapai 36.000 orang," katanya.

Dari jumlah itu perbandingan antara wisatawan lokal dengan wisatawan mancanegara (wisman) jauh lebih besar wisman di mana hampir 87 persen adalah turis asing, sedang sisanya adalah wisatawan lokal.

Umumnya wisman yang datang ke TN Komodo berasal dari Perancis, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Australia, dan Swiss. Sedang, turis Asia belum banyak yang berkunjung ke kawasan TN Komodo.

Ia mengatakan, dengan semakin banyaknya promosi TN Komodo sudah semakin banyak investor yang melirik Kabupaten Manggarai Barat.(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA