5 Desember 2010

Piala Dunia 2022 Dongkrak Saham Qatar

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Senin, 6 Desember 2010 10:03 WIB

Piala Dunia 2022 Dongkrak Saham Qatar

Doha
Indeks bursa saham Qatar melonjak pada Minggu, perdagangan hari pertama setelah negara Teluk itu memenangkan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola 2022 dan berjanji untuk pengeluaran besar pada infrastruktur.

Indeks Bursa Efek Qatar naik lebih dari tujuh persen pada pembukaan, meskipun itu jatuh di siang hari, masih ditutup naik 3,57 persen di 8.477,32 poin, menurut situs web pasar, sebagaimana dikutip dari AFP.

Perusahaan real estate Barwa ditutup naik 6,19 persen, sedangkan National Cement naik 8,47 persen, karena emirat gurun kaya gas itu berjanji untuk menghabiskan puluhan miliar dolar pada pembangunan stadion, hotel dan infrastruktur.

Qatar telah berjanji untuk membangun jaringan transportasi modern, termasuk sebuah metro, dan fasilitas akomodasi baru, selain stadion ber-AC.

Saham perbankan juga ditutup tinggi, dengan Qatar National Bank naik 4,5 persen, Commercial Bank of Qatar naik 3,93 persen, dan Rayan Bank naik 5,52 persen.

Taha Abdel Ghani, manajer umum Nama Economic Consulting, mengatakan bahwa hak Qatar untuk menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia telah "membangkitkan kepercayaan investordi di pasar Qatar."

"Ada sejumlah besar uang yang Qatar telah janjikan untuk dibelanjakan dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan. Hal ini membantu investor untuk mengharapkan arah arus modal selama 10 tahun mendatang," tambahnya.

Ahmed AboulEnein, konsultan keuangan di Qatar`s International Trade and Development Company, mengatakan: "Indeks pasar bisa mencapai 10.500 poin selama periode enam bulan karena perusahaan-perusahaan yang tercatat akan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan ekonomi.

Hal ini mendorong investor pada saat ini untuk memasuki pasar.

"Kami memperkirakan arus masuk likuiditas besar ke pasar ... Beberapa investor dan lembaga bersiap-siap untuk memasuki pasar," tambahnya.

Sebuah produsen utama minyak dan sangat kaya akan cadangan gas tapi dengan jumlah penduduk hanya 1,7 juta, Qatar telah muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai tuan rumah utama acara-acara olahraga dan kebudayaan internasional.

Qatar menjadi tuan rumah Asian Games pada 2006 dan akan menggelar Piala Asia, acara sepakbola teratas di kawasan pada Januari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA