23 Januari 2011

Hatta Rajasa: Kader PAN Dihadapkan Tiga Tantangan Utama

INDONESIA PLASA

Minggu, 23 Januari 2011 16:21 WIB
Hatta Rajasa: Kader PAN Dihadapkan Tiga Tantangan Utama
Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Bandung   Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengemukakan, kader PAN maupun masyarakat saat ini dihadapkan pada tiga tantangan besar, diantaranya ledakan jumlah penduduk dan semakin berkurangnya lahan pemukiman, serta lahan pertanian yang ada.

"Ketiga tantangan utama tersebut harus ditangani dengan serius oleh kita semua," katanyasaat membuka Musyawarah Wilayah ke-3 DPW PAN Jawa Barat, di Hotel Horison Bandung, Minggu.

Ia mengatakan, permasalahn ledakan penduduk di Indonesia khususnya di Jawa Barat harus segera ditangani dan dikendalikan karena hal tersebut akan berdampak pada pengurangan lahan pemukiman dan pertanian yang ada.

Menurutnya, salah satu cara untuk mengurangi ledakan penduduk yang terjadi saat ini bisa ditempuh dengan cara pemeratan akses pendidikan dan infrastruktur dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Aksesibilitas pendidikan dan infrastuktur dasar masyarakat perlu segera ditata karena jika ini dibiarkan maka dikhawatirkan akan terjadi kesenjangan antara yang miskin dengan yang kaya semakin besar," ujar Hatta.

Persoalan kedua yang menjadi tantangan utama masyarakat Indonesia, kata Hatta ialah tentang penyusutan lahan pertanian di Jawa Barat.

Dikatakannya, selama ini Provinsi Jawa Barat menjadi lumbung pangan nasional tapi hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi lahan pertaniannya.

"Lahan pertanian di Jawa Barat saat ini terus menyusut untuk lahan pemukiman dan lainnya. Belum lagi gangguan atas budi daya pertanian banyak terjadi, karena iklim yang ektrim," katanya.

Sementara itu, menanggapi pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-3 PAN Jawa Barat, Hatta berpesan kepada setiap kadernya agar parpolnya tersebut bisa menjadi penggerak dan pengendali pembangunan di masyarakat.

"Partai Amanat Nasional yang terlahir pada masa reformasi diharapkan mampu memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat dan bisa penggerak dan pengendali pembangunan di masyrakat," ujar Hatta.

Musyawarah Wilayah Ke-3 DPW PAN Jawa Barat ini juga diisi oleh sambutan singkat dari salah seorangan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yakni Amien Rais.

Amin mengatakan, dari sekian banyak skandal hanya ada satu skandal yang akan dihadapi oleh seorang politikus yakni skandal politik.

"Ada lima skandal yang ada yakni skandal finasial, moral, sosial dan keagamaan hanya ada satu skandal yang dihadapi oleh seorang politikus yakni skandal politik," ujarnya menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA