23 Januari 2011

Mendagri: Anggaran PNPM Rp10,5 Triliun

INDONESIA PLASA

Sabtu, 22 Januari 2011 22:08 WIB
Mendagri: Anggaran PNPM Rp10,5 Triliun

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Namang, Bangka Tengah   Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan bahwa dana anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) tahun ini mencapai Rp10,5 triliun.

"Anggaran PNPM Mandiri pada 2011 mencapai Rp10,5 triliun dan diupayakan akan terus mengalami kenaikan tiap tahunnya," ujar Mendagri menjawab pertanyaan perwakilan masyarakat Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah saat kunjungan Wakil Presiden Boediono ke desa tersebut, Sabtu.

Wakil Presiden Boediono melakukan kunjungan silaturahmi dengan perwakilan penerima PNPM Mandiri, Penyuluh Keluarga Berencana, Kader Posyandu, dan Petugas Kesehatan se-Provinsi Bangka Belitung di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Hadir dalam pertemuan itu, Ibu Herawati Boediono, Mendagri Gamawan Fauzi, Mendiknas Mohammad Nuh, Menteri ESDM Darwin Saleh, Menteri LH Gusti M Hatta, Menhut Zulkifli Hasan, serta Gubernur Babel Eko Maulana Ali Suroso.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali Suroso mendapatkan bantuan usaha PNPM Mandiri 2011 sebesar Rp42,3 miliar dari Mendagri.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Boediono mengatakan program PNPM Mandiri merupakan program yang telah lama dilaksanakan pemerintah sejak tahun 2008 dan cukup diterima masyarakat.

"PNPM dapat diterima secara baik di masyarakat, sebab mengharuskan masyarakat memiliki inisiatif untuk mengembangkan dana bantuan PNPM," katanya.

Selain itu, Wapres Boediono juga meminta masyarakat Bangka Belitung dalam jangka panjang tidak hanya mengandalkan perekonomian dari hasil menambang timah.

"Suatu daerah itu harus mengandalkan kegiatan perekonomian pada satu kehidupan yang lestari, yang bisa berlanjut, dan tidak pada hasil tambang saja," kata Wapres.

Menurut Wapres, pertambangan timah ada batas waktunya karena sudah ada tanda-tanda akan berakhir, meskipun belum sekarang ini.

Wapres juga meminta potensi perikanan dan pariwisata daerah itu dapat dikembangkan secara maksimal sebab merupakan tumpuan perekonomian yang bersifat lestari.

"Bangka Belitung memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang bila dikembangkan secara maksimal dapat menjadi tumpuan ekonomi masyarakat pascatimah," katanya.

Wapres menyatakan Bangka Belitung sudah mulai dikenal di tingkat nasional dan bahkan internasional sejak diputarkannya film fenomenal "Laskar Pelangi."

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung (Babel) Eko Maulana Ali dalam sambutannya menyatakan kegiatan PNPM Mandiri di Bangka Belitung telah dilaksanakan sejak tahun 2007.

"Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, kami juga telah menyelenggarakan kegiatan kredit usaha rakyat (KUR) sejak 2008," katanya.

Gubernur menjelaskan, pada 2008 telah disalurkan dana KUR sebesar Rp57,4 miliar bagi 6.476 debitur, kemudian pada 2009 disalurkan dana KUR sebesar Rp22,8 miliar bagi 2.809 debitur.

Dalam tahun 2010 telah disalurkan dana KUR sebesar Rp43,9 miliar bagi 2.739 debitur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA