29 Oktober 2010

KONSUMEN NGIRIT BELANJA UNTUK BELI BENSIN

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Jakarta - Konsumen Indonesia memilih berhemat dalam membelanjakan uangnya. "Sebanyak 31 persen konsumen memlih berhemat karena untuk membeli bensin dan listrik," kata Managing Director The Nielsen Company Indonesia, Catherine Eddy di Jakarta, Kamis (28/10).

Sejak Juli lali, pemerintah menaikkan tarif dasar listrik. Sementara harga bahan bakar minyak dunia terus naik. Sehingga, konsumen lebih mengutamakan uangnya untuk membeli kebutuhan listrik dan bensin ketimbang barang lain.

Survei tersebut dilakukan pada periode 3-21 September 2010 terhadap 500 responden Indonesia pengguna Internet. Nielsen juga bertanya kepada responden mengenai tingkat kepercayaan mereka dan pandangan ekonomi.

Tingkat kepercayaan konsumen dikembangkan berdasarkan kepercayaan konsumen pada pasar pekerjaan, status dari keadaan keuangan pribadi, dan kesiapan mereka dalam mengeluarkan uang.

"Cara berhemat lain yang dilakukan konsumen Indonesia adalah mengurangi belanja baju baru," kata Catherine. Berdasarkan hasil survei Nielsen, menurut dia, konsumen Indonesia yang berhemat dengan mengurangi belanja baju sebanyak 20 persen.

Selain mengurangi belanja baju baru, konsumen juga mengurangi belanja hiburan. Sebanyak 19 persen responden mengatakan bakal melakukan penghematan dengan cara mengurangi belanja hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA