11 Oktober 2010

MENDADAK PALING KAYA

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Patgulipat Saham


Huang Guangyu diadili lantaran mendadak jadi paling kaya di China. Ada dugaan patgulipat yang dilakukan orang terkaya di China ini kala menumpuk duitnya.

Menjadi kaya raya memang tak dilarang. Namun, kalau mendadak jadi paling kayak, ya, itu yang bikin tercengang. Pemerintah pun jadi curiga.

Nah, ujung-ujungnya, sebagaimana Time, Economist, dan China Digital menulis, Kamis (22/4/2010), ketahuan kalau duit seabrek-abrek yang dimiliki ternyata hasil patgulipat atawa manipulasi. Nasib Huang Guangyu, ya, kaya begini jadinya.

Guangyu, pria berusia 40-an tahun itu, adalah bos besar Grup Gome. Di negeri asalnya, China, Gome adalah toko elektronik terbesar kedua. Guangyu membangun bisnisnya dari sebuah toko kecil. Kini, Gome punya 1.300 toko di Negeri Tirai Bambu.

Rupanya, lantaran keranjingan sama duit, Guangyu pun ikut-ikutan bermain di pasar saham. Sayang, cara yang dilakukan terbilang ilegal. Agar dapat selalu menang, Guangyu acap menggelontorkan duit suap. Jadilah, praktik macam ini menyeret juga orang-orang di sekitar Guangyu.

Polisi sebenarnya sudah mencokok Guangyu sejak Januari lalu. Waktu ditangkap, Guangyu sudah punya kekayaan senilai 6,3 miliar dollar AS.

Ada dugaan bahwa, sampai kini, Huang Guangyu memanipulasi perdagangan saham dua perusahaan masuk bursa, yakni Sanlian Comercial Co dan Beijing Centergate Technologies Co.

Sementara itu, Lisa Du Juan yang merupakan istrinya dan mantan pimpinan perusahaan properti miliknya, Xu Zhongmin, juga menjadi terdakwa dalam kasus yang digelar di pengadilan Beijing itu. Menurut laporan media pemerintah, pejabat pemerintah dan polisi juga tersangkut dalam kasus tersebut.

Tak cuma itu, Gome Appliances Co, anak perusahaan yang didirikan Huang Guanyu di China, juga dituduh menyuap.

Sebetulnya, tahun lalu Guangyu sudah mengundurkan diri dari jabatan sebagai pimpinan Gome. Cuma, dia masih menjadi pemegang saham terbesar.

Sementara itu, selama tiga hari sejak sekarang, pengadilan Beijing sudah menetapkan bahwa proses peradilan terhadap Guangyu tertutup bagi media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA