2 Desember 2010

Rusia Investasi KA Senilai 11 Miliar Dolar AS

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Moskow Rusia akan investasi lebih dari 11 miliar dolar Amerika Serikat (AS)untuk perbaikan infrastruktur dan peralatan rel kereta api negara itu yang sudah berusia tua, kata Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia, Elvira Nabiullina.

"Program investasi perkeretaapian Rusia untuk 2011 sebesar 350 miliar ruble, meningkat 11 persen dibanding 2010," kata Nabiullina, seperti dikutip Ria Novosti usai pertemuan kabinet.

Perusahaan perkeretaapian merupakan salah satu penyerap tenaga kerja terbesar Rusia dan mengangkut lebih dari satu miliar penumpang di seluruh jaringan seluas 85.500 km (53.000 mil).

Program tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki citra dan juga modernisasi yang dilakukan dengan fokus pada koneksitas jasa dengan kecepatan tinggi Moskow dengan kota-kota regional utama.

Perusahaan tersebut meluncurkan kereta berkecepatan tinggi Sapsan, dibuat oleh Siemens dan Alstom, ke Saint Petersburg pada 2009, dan ditambah Nizhny Novgorod tahun ini.

Kereta mewah itu menghubungkan Moskow dengan Nice di selatan Prancis yang diluncurkan pada September lalu.

Rusia Railways telah menandatangani kesepakatan senilai miliar dolar dengan perusahaan-perusahaan Barat, Alston dan Siemens, dan menandatangani sebuah memorandum dengan Fainmeccanica, dimaksudkan untuk memperbarui armadanya dan juga teknologi.

Laporan Rusia mengatakan bahwa perusahaan itu ingin menganggarkan 23 persen guna membantu pendanaan modernisasinya tetapi langkah tersebut dikhawatirkan membuat marah jutaan pelancong Rusia.

pemerintah tidak akan mendukung langkah menaikkan harga seperti itu, kata Nabiullina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA