2 Desember 2010

Tips Agar Pelanggan Loyal

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Kamis, 2 Desember 2010 17:00 WIB
Tips Agar Pelanggan Loyal Jakarta

Survei membuktikan bahwa mendapatkan pelanggan baru, jauh lebih mahal dan memperlukan perjuangan yang cukup besar. Relatif lebih mudah mempertahankan pelanggan lama daripada mendapatkan pelanggan baru.

Namun banyak pengusaha atau perusahaan yang melupakan hal ini, karena terlalu sibuk untuk mencari pelanggan baru. Padahal dengan sentuhan sedikit saja kepada pelanggan lama, akan membuat pelanggan anda loyal terhadap produk anda.

Kita akan mengupas beberapa tips murah, mudah dan cepat agar pelanggan anda menjadi loyal terhadap anda. Sebelum kita kupas, ada beberapa pertanyaan yang dapat anda jawab untuk mengetahui kondisi loyalitas dari pelanggan anda saat ini
  1. Berapa banyak pelanggan anda yang lari ke pesaing anda, dan menjadi pelanggan setia mereka?
  2. Tanyakan kepada diri anda, apakah pelayanan yang anda berikan membuat pelanggan anda kembali atau justru lari dari Anda?
  3. Apakah Anda pernah memposisikan diri Anda sebagai pelanggan? Tanya kepada diri anda sendiri, maukah Anda membeli dan membeli kembali di perusahaan Anda jika anda seorang pelanggan?
  4. Apakah pelanggan mulai lari ke pesaing walaupun harga jual sama ?
  5. Apakah pelanggan lebih loyal ke sales person daripada perusahaan anda ?
Tips murah, mudah dan cepat
Tips di bawah ini dapat dengan mudah dilakukan siapa pun, asalkan memiliki keinginan dan komitmen untuk melakukannya dengan konsisten. Kita jamin jika anda melakukannya maka pelanggan anda akan lebih loyal terhadap anda.
  1. Mulai dari produk Anda.. Apakah produk yang anda jual memiliki potensi mendatangkan repeat order? Contoh: pabrik razor, menciptakan alat cukur yang sekali pakai, atau isi ulang. I-pod menjual musik lewat I-tunes. Kontak lens berjangka waktu sekali pakai, seminggu atau sebulan. Nail salons, tax consultant, hair spa, gunting rambut. Sangat penting untuk memilih bisnis dengan basis repeat order atau ciptakan produk pelengkap atau accessories yang melengkapi produk utama anda saat ini.
  2. Seberapa kenal anda dengan pelanggan anda? Bagaimana anda bisa keep in touch dengan pelanggan jika anda tidak memiliki informasi tentang pelanggan anda. Kadang nama dan alamat saja tidak cukup, untuk kondisi sekarang perlu informasi yang lebih detail dari pelanggan seperti: tanggal lahir, hobi, aktivitas yang disukai, dan lain lain.
  3. Komunikasi ringan dengan pelanggan anda. contoh sederhana, saya baru terima SMS dari salah satu klien klien saya, beritanya sederhana. “Selamat Hari minggu pak Roy, gimana kabarnya? Kita punya VCD tentang gaya hidup sehat, kalau ada waktu mampir aja ya udah kita copy untuk di nonton di I-POD.Tks, Bp Agus “
  4. Kapan terakhir kali anda mengirimkan Thank You Note ke pelanggan anda? Kalau belum pernah, lakukan sekarang. Bagaimana rasanya pelanggan anda jika mendapat kiriman Thank You Note yang dikirim oleh perusahaan anda ? Contoh riil, ada suatu perusahaan servis mobil yang selalu mengirimkan satu hari setelah saya melakukan servis. Isi SMS tersebut kurang lebih adalah ucapan terima kasih karena saya memakai jasa mereka, dan memberikan nomer customer jika mobil saya ada permasalahan setelah diservis.
  5. Telponlah pelanggan anda yang sudah cukup lama tidak bertransaksi. Seringkali trik sederhana seperti ini bisa memberikan dampak yang luar biasa. Ini pengalaman saya ketika masih menjadi profesional, kita merekrut 5 orang karyawan magang yang tugasnya khusus menghubungi pelanggan yang tidak membeli dalam tiga bulan terakhir. Justru upaya kecil seperti ini membuat pelanggan merasa diingat dan akhirnya membeli produk kita kembali. Ada lagi, saya memiliki klien interior desain, hanya dengan menelepon kembali pelanggan lama akhirnya mendapatkan order kembali pembuatan desain interior dengan rumah baru. Minimal pelanggan lama akan memberikan referensi prospek yang dapat anda hubungi.
  6. Mengirimkan Reminder ke pelanggan. Kita sangat menghargai salah satu Credit Card yang selalu mengirimkan SMS yang isinya : “Terima kasih bila Anda telah membayar kartu kredit bla blab la … sebelum 16 Juni 2007.Tagihan Anda bulan ini Rp. ……… minimum payment Rp……… . Gunakan selalu kartu kredit xxxx dan dapatkan point setiap anda melakukan transaksi”. Atau ada SMS seperti : “Mobil anda sudah seharusnya diservis kembali, catatan kami anda menservis mobil 4 bulan yang lalu, kami tunggu kedatangan anda”

Ijinkan kami menanyakan hal ini, “Apakah anda ingin mengetahui rahasia lain untuk meningkatkan omzet penjualan dan profit perusahaan anda?” jika jawabannya YA maka segera hubungi PT. Indoaction business coaching di no telp : (021)-290 36 628, Kami siap membuat anda berhasil mengembangkan bisnis anda. Salam funtastic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA