10 Desember 2010

Saham Eropa Ditutup Sebagian Besar Menguat

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Jumat, 10 Desember 2010 03:50 WIB
London

Pasar saham Eropa ditutup menguat Kamis, dengan investor membangun posisi hati-hati karena beberapa ketakutan terburuk atas krisis utang zona euro berkurang, kata para dealer.

Mereka mengatakan situasi positif secara keseluruhan, mencatat bahwa data AS sebagian besar terus positif -- klaim baru mingguan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan, memberikan lebih banyak dukungan bagi mereka yang sekarang menyokong saham daripada obligasi.

Obligasi telah menikmati keuntungan berkelanjutan selama dua tahun terakhir karena investor telah mengalirkan uang ke pasar karena pandangan bahwa itu aman, tingkat pengembalian tetap

lebih baik karena krisis keuangan global membawa korban pada perekonomian.

Ada pandangan yang berkembang, bagaimanapun, bahwa jika pemulihan ekonomi AS bisa dipertahankan pada treknya, maka saham akan menawarkan tingkat pengembalian yang lebih baik tahun depan, dengan obligasi telah pergi sejauh mereka bisa kecuali ada bencana baru.

Bursa saham dalam beberapa bulan terakhir telah menorehkan kenaikan mantap untuk membawa mereka kembali ke tingkat terakhir terlihat dua tahun yang lalu sebelum krisis keuangan.

Di London, indeks FTSE 100 dari saham-saham terkemuka ditutup naik 0,23 persen menjadi 5.807,96 poin. Di Paris, indeks CAC 40 naik 0,68 persen menjadi 3.858,05 poin, namun di Frankfurt, indeks DAX merosot 0,17 persen menjadi 6.964,16 poin.

"Pasar hanya mengikuti kenaikan perlahan tapi pasti karena akhirnya investor tidak lagi berfokus pada skenario malapetaka dan suram di zona euro, tetapi sebaliknya fokus pada akhir tahun dan kemungkinan bahwa FTSE bisa mencapai tingkat 6.000 (poin)," kata Simon Denham, kepala kelompok perdagangan Capital Spread.

"Semua indeks tampaknya mengarah lebih tinggi dengan saham Asia menempatkan dalam kenaikan moderat dan kemarin pasar AS ditutup pada level tertinggi dua tahun."

Xavier de Villepion dari Global Equities di Paris mengatakan investor sekarang mencari saham karena mereka percaya menawarkan potensi yang lebih besar pada tahap ini.

Dealer mengatakan keputusan oleh Bank Sentral Inggris (BoE) untuk mempertahankan suku bunga pada rekor rendah 0,50 persen seperti yang diharapkan, sementara penurunan tajam peringkat Fitch untuk Irlandia menarik sedikit komentar luar biasa memberikan kerja keras negara itu.

Di New York, saham sedikit berubah, melakukan konsolidasi setelah data klaim pengangguran menunjukkan pemulihan moderat di pasar kerja.

Saham blue-chip Dow Jones Industrial Average turun 0,22 persen sedangkan indeks teknologi Nasdaq naik 0,09 persen pada sekitar 1700 GMT.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran AS jatuh 17.000 minggu lalu menjadi 421.000 sedangkan rata-rata pergerakan empat minggu, yang membantu untuk kelancaran keluar volatilitas, adalah 427.500, turun 4.000.

"Rata-rata klaim awal empat minggu adalah yang terendah sejak Agustus 2008 dan adalah tanda sebuah harapan bahwa pengusaha kurang pesimis tentang prospek permintaan karena mereka memperlambat laju PHK mereka," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

Di tempat lain di Eropa, Amsterdam melonjak 2,66 persen, Brussels naik 0,27 persen, Madrid bertambah 1,06 persen, Milan naik 0,69 persen dan saham Swiss naik 0,45 persen.

Dalam perdagangan Asia Kamis sebelumnya, Tokyo bertambah 0,52 persen ke tertinggi tujuh bulan, setelah direvisi naik untuk pertumbuhan kuartal ketiga Jepang.

Hong Kong bertambah 0,34 persen tapi Shanghai Composite Index turun 1,32 persen sementara Sydney naik 0,88 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA