15 Januari 2011

Hatta: Pulau Rupat Kawasan Wisata Terintegrasi

INDONESIA PLASA

Minggu, 16 Januari 2011 01:53 WIB
Dumai

Di sela kunjungannya ke Bengkalis, Provinsi Riau, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sangat meyakini bahwa Pulau Rupat sebagai kawasan terluar berpotensi menjadi lokasi wisata yang terintegrasi.

"Dilihat dari sisi geografis dan geopolitik, Pulau Rupat sangat berpotensi untuk dikembangkan dan diyakini mampu untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat," katanya saat berpidato di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis, bersama dengan dua menteri lainnya yakni Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar, Sabtu.

Menurut Hatta, Rupat merupakan surga wisata jika dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti "cottage", sarana wisata bahari, wisata pantai dan sebagainya.

"Saat ini rencana Pulau Rupat dijadikan kawasan wisata nasional sedang dalam tahap pembahasan dan akan segera terealisasi tidak lama lagi. Mudah-mudahan apa yang diinginkan ini dapat terwujud dengan maksimal dan dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Rupat," ujarnya.

Dikatakan Hatta, kedatanganya bersama dengan dua menteri merupakan satu agenda yang sudah direncanakan sejak lama, di mana tujuannya adalah untuk melakukan survei kondisi Rupat seperti yang digembar-gemborkan banyak media di Riau.

"Setelah sampai di sini, ternyata apa yang dikabarkan tersebut sangat benar dan saya pribadi mendukung jika Rupat dijadikan kawasan wisata strategis," katanya.

Hatta mengimbau kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bangkalis khususnya yang berada di Pulau Rupat untuk dapat senantiasa menjaga kelestarian pantai agar tetap indah dipandang mata.

Hal tersebut menurut dia penting agar pantai Rupat Utara dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan asing sehingga secara otomatis mereka akan berbelanja dan memanfaatkan fasilitas yang nantinya akan dibangun seperti penginapan, pasar tradisional wisata dan lain sebagainya.

"Langkah menciptakan Rupat sebagai pulau wisata harus dimulai dari sekarang, salah satunya yakni dengan menjaga kelestariannya agar tetap indah dan bersih," katanya.

Pantauan ANTARA, Menteri Hatta Rajasa bersama dua menteri Kabinet Indonesia Bersatu II lainnya tiba di Pulau Rupat sekitar pukul 10.30 WIB dengan menggunakan helikopter dan didampingi Gubernur Riau HM Rusli Zainal serta Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Kedatangan para pejabat negara tersebut kemudian disambut dengan antusias masyarakat setempat yang berbondong-bondong mengikuti langkah para menteri tersebut hingga ke bibir pantai Rupat Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA