14 Oktober 2010

EFEK SAMPING DAN DAMPAK INDOMIE DI TAIWAN

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.
Taiwan

The Public Health Bureau of Taipei County
Foto yang dirilis Public Health Bureau of Taipei County, Selasa 912/10/2010) memperlihatkan mi instan produk Indonesia yang dirazia. Selain Indomie produksi Indofood, tampak pula Mi Sedaap produksi Wings Food.
Tak hanya Indomie yang dirazia petugas Departemen Kesehatan Taiwan karena dianggap mengandung bahan berbahaya yang dilarang di negara tersebut. Namun, semua produk mi instan asal Indonesia turut dirazia pekan lalu.


Foto rilis yang dikeluarkan Badan Pengawas Makanan Departemen Kesehatan Taiwan memang menunjukkan bahwa tidak hanya produk Indomie yang diambil petugas dari rak-rak toko. Produk lain yang turut diambil dan terekam kamera adalah Mie Sedaap produksi Wings Food.

Hal tersebut dibenarkan warga Indonesia yang tinggal di Taiwan. Okti Li, salah satu bloger Kompasiana, mengatakan kepada Kompas.com bahwa petugas Depkes Taiwan memang melakukan hal tersebut. Ia mengatakan, kandungan bahan-bahan pengawet dalam semua mi instan asal Indonesia tengah diperiksa.

Namun, sampai saat ini memang baru Indomie yang dinyatakan mengandung pengawet yang dilarang. Adapun mi instan merek lainnya masih dalam tahap pemeriksaan. Okti mengatakan, warga di Taiwan juga masih menunggu hasil pemeriksaan tersebut.

Sebelumnya, PT Indofood Consumer Brand Product Sukses Makmur Tbk (ICBP) selaku produsen Indomie menyatakan, semua produk mi instan buatannya yang diekspor ke Taiwan sudah memenuhi aturan di sana. Indofood menengarai, ada pihak yang mengekspor produk yang sebenarnya tidak ditujukan untuk Taiwan ke negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA