"Primaniyarta Award adalah suatu bentuk kepercayaan dan apresiasi pemerintah Indonesia, masyarakat umum dan para pemangku kepentingan kami lainnya yang kami terima dengan penuh rasa suka cita dan sebagai suatu kehormatan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan industri kelapa sawit yang bertanggung jawab dan lestari," ungkap Gandi Sulistiyanto, mewakili pemegang saham PT SMART Tbk.
Didirikan pada tahun 1962, SMART adalah salah satu perusahaan publik, suatu perusahaan berbasis kelapa sawit di Indonesia yang berkomitmen untuk menciptakan produksi kelapa sawit yang lestari. SMART hanya melakukan pembudidayaan di atas lahan yang telah terdegradasi yang diberikan kepada perusahaan oleh pemerintah untuk tujuan khusus pembudidayaan kelapa sawit. Sebagai bagian dari komitmen sustainability kami, SMART telah memperbaharui Prosedur Standar Operasional dan berkomitmen untuk tidak melakukan pembudidayaan di atas lahan gambut dan hutan primer, memberikan perlindungan pada areal dengan Nilai Konservasi Tinggi dan keanekaragaman hayati.
Kelapa sawit adalah komoditas unggulan dan membantu pada pengentasan kemiskinan di Indonesia. Industri ini memberikan lapangan pekerjaan baik secara langsung maupun tidak langsung bagi kurang lebih 4.5 juta jiwa di Indonesia. Pada tahun 2009, kelapa sawit memberikan kontribusi terhadap ekspor non-migas Indonesia sebesar 11%. Sebagai tambahan, produk kelapa sawit adalah komponen vital bagi tersedianya rantai makanan, yang memberikan kesempatan kepada dunia untuk memenuhi kebutuhan atas bahan pangan.
Induk perusahaan SMART, GAR memberikan lapangan pekerjaan kepada kurang lebih 140.000 jiwa dan setiap pekerja perkebunan mendapatkan upah rata-rata 8 dollar AS per hari pada tahun 2010. Jumlah ini lebih tinggi dari pada upah harian rata-rata pekerja di Indonesia yakni sebesar 5 dollar AS. Selain itu, GAR juga menyediakan fasilitas perumahan, kesehatan dan pendidikan bagi para karyawannya. Terpisah dari para karyawan, terdapat masih banyak lagi individu yang menggantungkan hidupnya kepada kegiatan perkebunan untuk penghidupan mereka. Upaya ini telah memberikan pengharapan yang lebih baik bagi masa depan dalam aspek peningkatkan standar kehidupan bagi masyarakat lokal.
Pada tahun 2009, total nilai ekspor SMART berkisar pada 982 juta dollar AS SMART memasarkan produknya secara domestik dan internasional, serta terus memperkuat posisinya pada pasar-pasar utama ekspor termasuk China, India, Filipina, Korea, Rusia dan Afrika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
INDONESIA PLASA