14 Oktober 2010

PULP DAN KERTAS ANDALAN EKSPOR

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.
Tjiwi Kimia Raih Primaniyarta 2010

Managing Director Sinar Mas G.Sulistiyanto menjelaskan salah satu produk unggulan Sinar Mas Quran Paper Product (QPP) - Sinar Tech kepada Wakil Presiden RI, Boediono dan Menteri Perdagangan RI, Marie E Pangestu di acara Trade Expo Indonesia ke - 25 di PRJ Kemayoran (13/10). Pada kesempatan yang sama Wakil Presiden RI, Boediono juga menyerahkan penghargaan Primaniyarta kepada Sinar Mas untuk 2 kategori, kategori Eksportir Berkinerja dan Pembangun Merek Global.

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk kembali mendapatkan penghargaan Primaniyarta 2010 kategori Pembangun Merek Global. Penghargaan yang diterima ketiga kalinya oleh P.T. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk ini secara khusus diberikan kepada perusahaan yang mengekspor produknya dengan merek sendiri ke berbagai negara. Penghargaan serupa diterima Tjiwi Kimia pada tahun 2006 dan 2007.

Tjiwi Kimia saat ini memproduksi berbagai jenis kertas tulis dan cetak, baik coated maupun uncoated, beragam jenis hasil-hasil produksi kertas stationery dan produk perlengkapan kantor seperti buku tulis, memo, loose leaf, spiral, amplop, kertas compute

Penyerahan penghargaan yang berbarengan dengan pembukaan ke-25 Trade Expo Indonesia di Jakarta Fairground Kemayoran dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono kepada Direktur PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk Yan Partawidjaja

“Kerja keras serta komitmen seluruh manajemen dan karyawan menjadi bukti, melalui penanganan yang tepat, serta senantiasa mengedepankan transparansi, akuntabilitas serta tanggung jawab dalam seluruh proses produksi, berikut dukungan penuh pemerintah, kami optimistis sektor pulp dan kertas dapat tetap menjadi andalan ekspor nasional,” ujar Yan Partawidjaja. Capaian prestasi Tjiwi Kimia ini menunjukkan bahwa pulp dan kertas tetap andalan ekspor nasional. Keberadaan industri kertas sudah dirasakan manfaatnya antara lain mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi ratusan ribu tenaga baik secara langsung maupun tidak langsung berikut membuka kesempatan usaha bagi industri pendukung lainnya yang tumbuh dan berkembang seiring keberadaan perusahaan.

Tjiwi Kimia merupakan perusahaan yang sahamnya telah dimiliki publik sejak tahun 1990 dengan pencatatan di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya yang kini lebur namanya menjadi Bursa Efek Indonesia.
Tjiwi Kimia saat ini memproduksi berbagai jenis kertas tulis dan cetak, baik coated maupun uncoated, beragam jenis hasil-hasil produksi kertas (stationery) dan produk perlengkapan kantor seperti buku tulis, memo, loose leaf, spiral, amplop, kertas computer, kertas kado, shopping bag dan produk fancy yang diminati pasar international. Sesuai dengan permintaan pasar, Perseroan juga memproduksi kertas yang memiliki nilai tambah termasuk kertas tanpa karbon dan kertas cast coated dan board. Saat ini total kapasitas produksi kertas sebesar: 1.134.000 ton per tahun, kertas kemasan sebesar 80.000 per tahun dan stationery sebesar 320.000 ton per tahun.

Sekilas mengenai penghargaan Primaniyarta adalah penghargaan yang diberikan oleh Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) Departemen Perdagangan sejak tahun 1992 kepada para eksportir nasional yang mencatatkan prestasi terbaik dalam ekspor nonmigas.

Penilaian dilakukan oleh Tim Juri yang bertugas berdasarkan SK Menteri Perdagangan RI. Mereka terdiri atas kalangan praktisi bisnis, pakar pemasaran dan ekonomi, akademisi, media massa, serta wakil pemerintah. Adapun kategori yang dilombakan meliputi kategori UKM Ekspor, kategori Eksportir Barang dan Jasa Ekonomi Kreatif, Kategori Pembangunan Merek Global dan Kategori Eksportir Berkinerja. 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA