29 November 2010

Airasia Ditawari Buka Rute Kuching-Jakarta

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Senin, 29 November 2010 15:16 WIB
Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) menawari AirAsia untuk membuka rute Penang dan Kuching langsung Jakarta serta menambah frekuensi terbang dari Kinabalu ke Jakarta.

"Rute ini sangat potensial untuk digarap karena kemungkinan `load factor`-(tingkat keterisian penumpang)-nya tinggi," kata Deputi Direktur Wilayah Asean Kemenbudpar, Chrismiastuti, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, banyak masyarakat dari tiga wilayah di Malaysia itu yakni Kinabalu, Penang, dan Kuching tertarik untuk mengunjungi Indonesia.

Selama ini, kata Chris, mereka melakukan perjalanan ke Indonesia meliputi Jakarta, Bandung, dan tempat lain dengan cara transit terlebih dahulu dari Kuala Lumpur.

"Rute Kinabalu-Jakarta memang sudah ada tapi sayangnya baru sepekan empat kali, jika ini bisa ditambah akan bagus sekali," katanya.

Chrismiastuti mengatakan, tiga wilayah di Malaysia itu sangat potensial untuk menyumbangkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sayangnya terkendala akses transportasi.

Belum ada dan belum banyaknya frekuensi terbang langsung ke wilayah Indonesia membuat calon wisman mengalami kendala yang berarti.

Selama 2010, turis Malaysia ke Indonesia mengalami pertumbuhan tertinggi kedua setelah Australia.

Sampai September 2010 jumlah wisman ke Indonesia sudah mencapai 5.185 juta orang dari target tujuh juta wisman.

Dari angka itu, Singapura masih menjadi penyumbang wisman terbanyak yakni 799.377 orang, disusul Malaysia yang berjumlah 772.000 orang dan Australia 530.000 orang.

Pertumbuhan pasar terbesar terjadi pada wisman Australia dan Malaysia. Sementara negara fokus pasar wisata Indonesia yang pertumbuhannya minus adalah Jepang dan Prancis.

Chris menyatakan bertekad akan merintis kerja sama dengan maskapai penerbangan AirAsia agar membuka sekaligus memperbanyak frekuensi terbang langsung dari spot-spot khusus di Malaysia yang potensial ke Indonesia.

"Kami berupaya agar pasar Malaysia tergarap optimal menyamai pasar Singapura ke Indonesia yang sampai saat ini menjadi kontributor wisman utama ke Indonesia," kata Chrismiastuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA