29 November 2010

Menperin: Era Ekspor Barang Mentah Harus Diakhiri

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Sabtu, 27 November 2010 15:12 WIB
Menperin: Era Ekspor Barang Mentah Harus Diakhiri Bandung

Menperin MS Hidayat mengatakan era ekspor barang mentah harus diakhiri guna mendorong tumbuhnya industri di dalam negeri.

"Saya berambisi sampai 2014 nanti, volume ekspor meningkat bukan hanya dari barang mentah. (Bahan mentah) buat prosesnya di dalam negeri," ujarnya pada pembukaaan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Expo 2010 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini banyak sekali ekspor barang mentah dari Indonesia ke berbagai negara seperti China dan Jepang, untuk diproses lebih lanjut menjadi produk siap pakai.

"Jadi mesin industrinya bekerja di sana. Kemudian produk itu masuk kembali ke Indonesia dengan harga 15 kali lebih mahal. Era itu harus diakhiri. Itu tekad saya," kata Hidayat.

Oleh karena itu, ia berjanji akan mendorong pembatasan ekspor barang mentah dari Indonesia, sambil berupaya menumbuhkan industri yang bernilai tambah melalui kebijakan yang memberi insentif.

"Industri yang bernilai tambah harus diberi perlakuan khusus," ujar Hidayat. Ia yakin melalui terobosan kebijakan antara lain berupa insentif dan pembatasan ekspor barang mentah maka industri bernilai tambah akan semakin berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA