6 Januari 2011

Medco Dapat Pinjaman 120 Juta Dolar AS

INDONESIA PLASA

Kamis, 6 Januari 2011 16:43 WIB
Medco Dapat Pinjaman 120 Juta Dolar AS
Jakarta

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melalui anak usahanya, PT Medco LNG Indonesia telah mendapatkan pinjaman senilai 120 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari perusahaan Jepang, Mitsubishi Cooporation.

Direktur Utama MEDC, Darmoyo Doyoatmojo, dalam keterbukaan informasi pada Kamis mengatakan, perjanjian pinjaman tersebut telah ditandatangani pada 31 Desember 2010.

Dia mengemukakan, dana itu akan dipergunakan untuk memenuhi komitmen pendanaan proyek pembangunan kilang LNG dengan kapasitas dua juta metrik ton (mt) per tahun di Banggai, Sulawesi Tengah. Sedangkan nilai proyek investasi ini 2,8 miliar dolar.

Untuk membangun kilang ini, Medco LNG berkerja sama dengan PT Pertamina dan Mitsubishi membentuk PT Donggi Senoro Lng. Komposisi kepemilikan Medco LNG adalah 20 persen, Pertamina 29 persen, dan Mitsubishi 51 persen.

Mitsubishi merupakan pemegang 39,4 persen saham Encore Energy Pte Ltd, yang merupakan pemegang 50,7 persen saham MEDC. Dengan demikian transaksi tersebut termasuk ke dalam transaksi terafiliasi.

Menurutnya Medco menjaminkan seluruh kepemilikannnya (20 persen) yang ada di PT Donggi Senoro LNG. Bunga pinjaman yang dibebankan adalah Libor plus 3,75 persen per tahun, dan Libor plus 4,75 persen per tahun untuk masa perpanjangan.

Bunga tersebut akan dibayarkan per triwulan, bunga akan dikapitalisasi dan mulai dilakukan pembayaran pada saat memasuki periode pelunasan pinjaman, yakni apablia Donggi Senoro LNG telah mendapatkan pendanaan proyek, maka pelunasan pinjaman dilakukan selama 12 bulan sejak first finance repayment date.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA