6 Januari 2011

Pemerintah Siapkan Kepanitiaan KTT APEC 2013

INDONESIA PLASA

Kamis, 6 Januari 2011 11:45 WIB
Pemerintah Siapkan Kepanitiaan KTT APEC 2013
Menko Perekonomian Hatta Rajasa.
Jakarta
Pemerintah akan menyiapkan peraturan kepanitiaan sebagai antisipasi persiapan Bali sebagai tuan rumah pertemuan pemimpin dunia dalam kerjasama ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) pada 2013.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa seusai rapat koordinasi di Jakarta, Kamis, mengatakan, peraturan tersebut berupa Keputusan Presiden (Keppres) mengenai kepanitiaan yang berkaitan dengan substansi sarana dan pelaksanaan acara.

"Tadi kita membahas Keppres kepanitiaan untuk persiapan APEC 2013 berkaitan dengan substansi sarana dan prasarana. Ketua pelaksananya adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik," ujarnya.

Ia juga menjelaskan tempat berlangsungnya acara akan dipusatkan di Jimbaran dan akan dibangun fasilitas infrastruktur pendukung untuk menyambut para tamu dari 21 negara, seperti tempat pertemuan (convention center).

Menurut Hatta, fasilitas yang sama akan digunakan terlebih dahulu untuk menyambut para tamu-tamu yang akan menghadiri KTT ASEAN 2011 pada November mendatang.

"Intinya kita menetapkan kawasannya di Jimbaran dan akan membangun untuk melaksanakan retreat dengan fasilitas untuk kepala-kepala negara. Nanti ada tempat untuk konvensi dan tempat berkumpul kepala negara, (pembangunan) infrakstruktur dan tata ruang dalam rangka persiapan itu," ujar Hatta.

Saat ini, pemerintah pusat dan berbagai instansi tingkat Kabupaten Badung, Provinsi Bali, terus melakukan koordinasi tentang penanganan infrastruktur jaringan untuk mempersiapkan Bali sebagai tuan rumah ajang pertemuan internasional.

Salah satu proyek infrastruktur tersebut adalah pengembangan Bandara Ngurah Rai yang harus selesai pengerjaannya pada Maret 2013.

Bahkan target penyelesaian tersebut diminta untuk diolah kembali agar bisa lebih cepat, karena sejumlah event penting berskala internasional akan segera berlangsung termasuk KTT ASEAN pada 2011 serta ajang Miss World pada 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA