6 Januari 2011

Presiden Dijadwalkan Hadiri Forum Ekonomi Davos

INDONESIA PLASA

Rabu, 5 Januari 2011 19:14 WIB
Presiden Dijadwalkan Hadiri Forum Ekonomi Davos
Jakarta

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Swiss guna menghadiri pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos pada pekan terakhir Januari 2011.

"Kunjungan kerja ke Swiss ini untuk menghadiri acara tahunan yang penting, pertemuan Forum Ekonomi Dunia, di mana banyak sekali kepala negara yang diundang," kata Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, seusai menghadiri rapat terbatas dengan Presiden mengenai persiapan lawatan tersebut.

Menurut Marty, Presiden Yudhoyono selain diundang sebagai Presiden Indonesia juga hadir selaku Ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Di sela-sela pertemuan tersebut, kata Menlu, juga akan dilakukan sejumlah pertemuan dwipihak mengingat banyak kepala negara sahabat yang juga menghadiri pertemuan tersebut.

"Antara lain, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, yang telah meminta waktu," katanya.

World Economic Forum (WEF) adalah lembaga nirlaba yang berkantor pusat di Jenewa yang setiap tahunnya selalu mempertemukan para pelaku utama dunia usaha, pemimpin politik internasional, para cendekiawan dan wartawan terpilih untuk membahas isu-isu utama yang dihadapi dunia, termasuk isu kesehatan dan lingkungan.

WEF dibentuk pada 1971 oleh Klaus Martin Schwab, seorang profesor dari Universitas Jenewa, Swiss. Mulanya lembaga itu bernama Forum Manajemen Eropa, namun pada 1987 berubah nama menjadi WEF untuk memperluas visinya.

Pertemuan tahunan WEF pada 2011 akan berlangsung 26-30 Januari. Sebelum menghadiri pertemuan tahunan WEF, Presiden Yudhoyono terlebih dahulu dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke India sebagai tamu utama peringatan Hari Republik India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA