17 Januari 2011

Menhub Heran Ada Gedung Tinggi Dekat Polonia

INDONESIA PLASA

Senin, 17 Januari 2011 12:29 WIB
Menhub Heran Ada Gedung Tinggi Dekat Polonia


Menteri Perhubungan Freddy Numberi heran dengan keberadaan bangunan tinggi, termasuk Central Bussiness Distric, yang diizinkan berdiri dekat Bandar Udara Polonia Medan, Sumatera Utara.

"Pemda seharusnya tahu mengenai bahayanya bangunan tinggi di sekitar bandara," kata Menhub di VIP Room Bandara Polonia Medan, Senin.

Menhub mengatakan, perizinan untuk medirikan bangunan di sekitar bandara harus ketat karena terkait dengan keselamatan penerbangan.

Kalau pun memang ada pembangunannya, proses perizinan yang diberikan harus memenuhi sejumlah syarat dan batasan tertentu.

Bahkan, pemda dalam hal ini Pemko Medan, harus melakukan kordinasi terlebih dulu dengan instansi terkait jika ingin memberikan izin pendirian bangunan tinggi di sekitar Bandara Polonia Medan.

Kemudian, Pemko Medan juga harus menyosialisasikan rencana pemberian bangunan di sekitar Bandara Polonia itu kepada masyarakat dan seluruh stakeholder di Sumut.

Faktor lain yang perlu diperhatikan juga adalah kesesuaian bangunan di sekitar Bandara Polonia Medan dengan konsep tata ruang.

"Itu sangat penting. Kalau tidak, kita akan kesulitan," kata Menhub.

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan itu mengharapkan Pemko Medan dapat mempelajari pengalaman dari daerah lain yang memperhatikan konsep tata ruang dan faktor keselamatan penerbangan dalam memberikan izin bangunan.

Ia mencontohkan Bali yang membatalkan pembangunan sebuah jembatan karena dianggap dapat menggangu keselamatan penerbangan.

Memang, kata dia, Bandara Polonia Medan akan dipindahkan ke Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, tetapi pembangunan di sekitar lokasi penerbangan itu diharapkan tidak dilakukan dulu.

"Selama (Bandara Polonia) beroperasi, jangan dibangun dulu. Kalau setelah (pemindahan) itu, mungkin," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Rajali yang diwawancarai tidak bersedia memberikan keterangan mengenai izin pendirian banguan di sekitar Bandara Polonia Medan, khususnya Central Bussiness Distric (CBD).

"Nanti saja," kata Rajali sambil menaiki mobilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA