23 September 2010

RUPIAH MENGUAT

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.
Terus Menguat, Rupiah Jauhi 8.950
Rabu, 22 September 2010 | 16:58 WIB

Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu sore, kembali menguat jauh di bawah angka Rp 8.950 per dollar AS karena pelaku pasar aktif membeli rupiah.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS naik 17 poin menjadi Rp 8.943-Rp8.953 per dollar AS dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 8.960-Rp 8.970.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib di Jakarta, Rabu, mengatakan, para pelaku pasar berlanjut membeli rupiah yang mendorong mata uang Indonesia itu berada di bawah level Rp 8.950 per dollar AS. "Aksi beli rupiah oleh pelaku pasar terpicu oleh melemahnya dollar AS terhadap mata uang regional, meski bursa Wall Street menentu," kata Kostaman .

Menurut dia, adanya revisi pemerintah terhadap target pertumbuhan ekonomi berdasarkan asumsi makro yang semula 6,3 persen menjadi 6,4 persen membuat pelaku asing makin aktif bermain di pasar uang. "Kami optimistis rupiah akan terus bergerak naik karena sentimen positif pasar terus meningkat," ujarnya.

Kostaman melanjutkan, kenaikan rupiah itu terutama dipicu oleh arus modal asing yang terus mengalir ke pasar modal sehingga indeks BEI terus membaik. "Kami memperkirakan, rupiah akan dapat mencapai angka Rp 8.900 per dollar AS, meski kenaikan mata uang itu sedikit banyak tertahan oleh Bank Indonesia," ucapnya.

BI masih berada di pasar mengawasi pergerakan rupiah agar kenaikannya tidak terlalu cepat. "Apabila BI melepasnya, maka rupiah sebenarnya sudah berada jauh di bawah angka Rp 8.900 per dollar AS," ucapnya.

Ia juga mengatakan, rupiah akan kembali menguat, meski kenaikan tidak tinggi. Namun untuk mencapai level Rp 8.900, kemungkinan tersebut sangat besar. "Kami optimistis rupiah akan dapat mencapai level tersebut pada pekan ini," ujar Kostaman Thayib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA