25 Oktober 2010

ABURIZAL BAKRIE TOLAK KENAIKAN TARIF LISTRIK

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Aburizal Bakrie.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan partainya menolak kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada 2011.

"Pasti naik pada 2011, bukan rencana lagi. Tapi Golkar tetap menolaknya,” kata Aburizal Bakrie atau Ical kepada wartawan di Malang usai membuka Musyawarah Daerah Partai Golkar Jawa Timur, Selasa (26/10) malam, sekitar pukul 22.30 WIB.

Menurutnya, kenaikan tarif dasar listrik hanya membuat industri di Indonesia semakin terpuruk dan tidak bisa bersaing dengan industri dari negara lain, terutama Cina. Tarif dasar listrik di Indonesia saat ini sudah tergolong yang tertinggi di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Tingginya tarif dasar listrik mengakibatkan pembengkakan biaya produksi yang dapat membangkrutkan perusahaan-perusahaan, khususnya perusahaan berskala kecil, dan kemudian berdampak terjadinya pemutusan hubungan kerja sehingga jumlah pengangguran bertambah.

Ia mengusulkan agar Perusahaan Listrik Negara mengganti semua pembangkitnya dari menggunakan solar ke batubara dan gas karena biayanya lebih murah sehingga dapat menghemat anggaran negara. Usulan ini pernah ia sampaikan pada 2005 saat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA