25 Oktober 2010

SBY MINTA CHINA TAMBAH INVESTASINYA DI INDONESIA

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pemerintah China dan sektor usaha negara itu terus meningkatkan investasi di Indonesia.

"Kami harap investasi lebih banyak lagi dari China," kata Presiden Yudhoyono saat membuka forum bisnis antara pengusaha dari Indonesia dan China di Shanghai, China, Senin.

Presiden menjelaskan, Indonesia adalah target investasi yang menjanjikan.

Menurut Kepala Negara, Indonesia sedang dan terus memperbaiki diri untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Saat ini, Indonesia telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi, termasuk menyederhanakan proses administrasi dan perizinan bagi para investor.

Selain itu, Indonesia juga terus memperbaiki regulasi. Perbaikan aturan hukum itu diharapkan bisa menciptakan sejumlah produk hukum yang tidak saling bertentangan, sehingga bisa menarik para investor.

Presiden Yudhoyono menambahkan, Indonesia sedang bergeliat dalam pembangunan infrastruktur. Untuk mencapai target pembangunan, pemerintah mengalokasikan dana yang tidak sedikit untuk memperbaiki infrastruktur.

Selain itu, Indonesia adalah kawasan yang menjadi salah satu sumber energi. Presiden menyebut panas bumi adalah salah satu sumber energi baru yang bisa menjadi target bisnis para investor.

Presiden berpendapat, peningkatan investasi dari China juga harus didorong melalui kesepahaman antarpemerintah. Dengan kesepahaman itu, kedua negara akan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

"Kita perkuat kerjasama bilateral kita," kata Presiden.

Sedikitnya 500 pengusaha dari Indonesia dan China hadir dalam forum bisnis yang digelar di China Hall, Pudong Shangri-La Hotel, Shanghai.

Forum bisnis itu terselenggara atas kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing, China, dan Dewan Promosi Perdagangan Internasional China (CCPIT).

Para pengusaha tersebut rencananya akan menandatangani sejumlah nota kesepahaman kerja sama bisnis di berbagai bidang.

Selain menghadiri dan menjadi pembicara dalam forum bisnis, Presiden juga akan meninjau Shanghai World Expo 2010 keesokan harinya. Dalam pameran itu, Presiden akan mengunjungi Paviliun Indonesia yang mencerminkan aneka ragam kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Sejak kegiatan World Expo 2010 dimulai pada 1 Mei, jumlah pengunjung Paviliun Indonesia telah mencapai lebih dari 7,5 juta atau sekitar 10 persen dari total pengunjung Shanghai World Expo 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA