25 Oktober 2010

RI-VIETNAM KEMBANGKAN KERJASAMA BIDANG KELAUTAN

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

RI-Vietnam Kembangkan Kerjasama Bidang Kelautan
Jakarta Pemerintah Indonesia dan Vietnam akan mengembangkan kerja sama di bidang kelautan dan perikanan sebagai tindak lanjut kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke negara itu pada Oktober 2010.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma Senin pagi, sebelum bertolak ke China dan Vietnam untuk kunjungan kerja hingga Minggu (31/10).

"Saya dijadwalkan bertemu Presiden Vietnam, PM Vietnam dan Ketua Majelis Vietnam. Ada dua agenda kerja sama yaitu pertahanan dan kerja sama bidang kelautan dan perikanan," kata Presiden.

Kerja sama di bidang kelautan dan perikanan menurut Presiden diharapkan salah satunya bisa menyelesaikan masalah nelayan Vietnam dan juga Indonesia yang kerap tertangkap karena menangkap ikan di wilayah yang bukan termasuk wilayah nasionalnya.

Presiden juga mengatakan akan dikembangkan kerja sama bidang pertahanan yang dipandang penting dan strategis karena Indonesia dan Vietnam memiliki perbatasan langsung di Laut China Selatan.

Selama di Vietnam, Kepala Negara dijadwalkan bertemu secara bilateral dengan PM China, Presiden Korea Selatan, PM New Zealand, Presiden Filipina dan PM Jepang.

Agenda utama Kepala Negara selama di Vietnam adalah menghadiri KTT ASEAN dan Forum East Asia Summit. Sementara di China, Presiden akan mengunjungi paviliun Indonesia di Shanghai World Expo dan pertemuan dengan pengusaha China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA