7 Desember 2010

Dolar AS Naik di Tengah Perselisihan Baru Zona Euro

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Selasa, 7 Desember 2010 06:11 WIB
Dolar AS Naik di Tengah Perselisihan Baru Zona Euro

New York

Dolar Amerika Serikat naik terhadap mata uang utama lainnya pada Senin, karena kekhawatiran atas utang negara zona euro kembali membebani mata uang bersama euro.

Euro merosot menjadi 1,3304 dolar pada sekitar 2200 GMT (Selasa 0500 WIB) dari 1,3415 dolar pada akhir Jumat.

Terhadap mata uang Jepang, dolar naik tipis menjadi 82,67 yen dari 82,58 yen pada Jumat.

Pertemuan para menteri keuangan zona euro di Brussel menghadapi ketidaksepakatan mendalam atas apa yang harus dilakukan untuk menjinakkan krisis utang yang awal bulan ini mengklaim Irlandia sebagai korban terbaru dan sekarang mengancam untuk menyebar.

Analis khawatir bahwa Portugal yang akan menjadi berikutnya dalam antrian untuk bailout (dana talangan), dengan Spanyol masuk ke jalur tembak.

"Bukan untuk pertama kalinya, lambungan euro dibatalkan oleh pesan saling bertentangan dari politisi zona euro, dengan seruan untuk perluasan fasilitas bailout sementara dan penciptaan obligasi tunggal zona euro yang ditolak oleh Kanselir Jerman (Angela) Merkel," kata Vassili Serebriakov dari Wells Fargo.

Merkel, kepala ekonomi terbesar di Eropa, menolak perluasan fasilitas dana talangan sementara yang disarankan oleh Menteri Keuangan Belgia Didier Reynders serta proposal untuk menerbitkan obligasi bersama Eropa.

Pada akhir perdagangan New York, pound jatuh ke 1,5711 dolar dari 1,5775 dolar pada Jumat.

Dolar naik menjadi 0,9817 franc Swiss dari 0,9739.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA