18 Januari 2011

BURSA SINGAPURA TIADAKAN JAM ISTIRAHAT


INDONESIA PLASA

Ini kabar terbaru mengenai pasar saham Singapura. Singapore Exchnage Ltd, bursa saham dan derivatif Negeri Merlion, memutuskan untuk meniadakan jam istirahat di pertengahan hari transaksi perdagangan. Rencananya, langkah itu akan diberlakukan per 1 Maret 2011 menyusul langkah para pesaingnya di Hongkong dan Jepang yang sudah terlebih dulu mengurangi jam istirahat makan siang.

"Investor memang secara konstan mencari kesempatan. Transaksi perdagangan secara berkelanjutan dalam sehari akan memberikan kesempatan bagi pelaku pasar untuk berinvestasi, melakukan lindung nilai, dan arbitrase di pasar saham.

Saat ini, bursa saham Singapura berjalan mulai pukul 09.00 hingga 12.30 waktu setempat, dan diikuti istirahat selama 90 menit. Baru kemudian dilanjutkan sesi dua yang dimulai pukul 14.00 hingga 17.00.

Kebijakan bursa saham Singapura ini akan menambah panjang pasar saham Asia Pasifik yang meniadakan jam istirahat siang. Sebelumnya, langkah ini sudah dilakukan oleh Australia, Korea Selatan, Filipina, India, Srilangka, dan Banglades.

Catatan saja, saat ini, Tokyo Stock Exchange mempersingkat waktu istirahat bursa dari sebelumnya 90 menit menjadi 60 menit. Langkah itu menyusul Hongkong Exchanges dan Clearing Ltd -pasar saham ketiga terbesar Asia- yang pada 22 November lalu yang berencana memangkas jam istirahat yang saat ini memakan waktu dua jam menjadi separuhnya. Selain itu, bursa Hongkong juga berencana memulai pasar 30 menit lebih awal dari sebelumnya.

Nah, bagaimana dengan Bursa Efek Indonesia (BEI)?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA