18 Januari 2011

Wapres Instruksikan PU Perbaiki Jalan Pantura

INDONESIA PLASA

Selasa, 18 Januari 2011 17:48 WIB
Wapres Instruksikan PU Perbaiki Jalan Pantura

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto (kiri) saat meninjau jalan raya Kudus-Pati, Jateng.

"Kementerian Pekerjaan Umum agar melakukan percepatan perbaikan jalan di Pantura yang saat ini rusak," kata Juru bicara Wapres, Yopie Hidayat, kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Selasa.

Hal tersebut dikatakan Yopie usai mengikuti rapat pembangunan jalan tol yang dipimpin Wapres Boediono dan diikuti antara lain oleh Wakil Menteri PU Hermanto Dardak dan para pejabat di lingkungan Kementerian PU.

Menurutnya, kerusakan jalan Pantura, terutama di utara Jawa Tengah, mengakibatkan arus lalu lintas tidak bisa lancar dan pada akhirnya akan mengganggu kelancaran arus barang dan bisa mempengaruhi harga komoditas.

Meskipun demikian, kata Yopie, Wapres menyadari bahwa musim hujan yang saat ini sedang berlangsung tidak memungkinkan perbaikan jalan Pantura secara optimal sehingga perlu dilakukan perbaikan sedapat mungkin.

"Namun Wapres minta segera dilakukan optimalisasi fungsi sehingga arus barang dan penumpang yang melewati jalur vital itu tidak terhambat," katanya.

Yopie mengungkapkan, Wakil Menteri PU Hermanto Dardak dalam rapat mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai langkah perbaikan jalan sementara, yaitu dengan cara preservasi yakni penambalan jalan yang bolong.

Kerusakan jalan di jalur Pantai Utara Jawa Tengah bagian timur yang menghubungkan Kabupaten Kudus hingga Pati telah menyebabkan kemacetan panjang lalu lintas.

Perjalanan truk pengangkut barang baik dari arah timur maupun barat tersendat akibat kondisi jalan yang rusak tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA