19 November 2010

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Pascal Morabito, pencinta seni asal Prancis, mengumpulkan sedikitnya 10.000 buah patung antik dari berbagai daerah di Indonesia untuk dipajang sebagai koleksi di penginapannya di Canggu Kuta, Bali.

"Dari patung antik sebanyak itu, 20 buah di antaranya merupakan koleksi pribadi yang saya bawa dari Prancis ke Bali," kata Pascal Morabito, di kediamannya di Pantai Berawa, Canggu Kuta, sepuluh kilometer barat Kota Denpasar, Kamis.

Koleksi pribadi yang diboyong ke Bali itu berasal dari Mesir, Meksiko, Yaman, Afrika, China dan Jepang. Sedangkan benda purbakala asal Indonesia yang kini juga menjadi koleksinya berasal dari Kalimantan, Mentawai, Sumba, Tanatoraja dan Flores.

Ia menyebutkan, benda seni jenis antik yang terkumpul tersebut ditata dalam ruang, termasuk berada di pelataran hijau, yang nantinya akan dipersembahkan dalam bentuk museum yang bisa dikunjungi setiap orang.

Museum yang dibuat tidak seperti yang ada kebanyakan berupa bangunan yang penuh dengan barang antik, tetapi benda-benda bernilai seni tinggi sesuai asal daerahnya itu ditaruh serasi dengan alam lingkungannya.

Ia mengaku tertarik pada muka patung yang berasal dari berbagai daerah, sebagaimana bentuk muka orang Indonesia yang juga mengalami hal yang sama.

Pria yang mengaku memboyong keluarganya dan menetap di Bali sejak 2006. Itu ia lakukan karena di daerah yang dijuluki pulau seribu pura ini, Marabito mengaku menemukan suasana yang damai serta keindahan alam yang didambakan selama ini.

Arsitek asal Perancis itu sebenarnya sejak lama berangan-angan bisa hidup di luar negeranya dan ia sudah berkeliling ke sejumlah negara seperti India, Sri Langka, Vietnam dan China, namun pilihannya di Indonesia.

Bali dipilih sebagai tempat tinggalnya sekarang, karena daerah yang menjadi salah satu objek wisata menarik dunia internasional memiliki beraneka ragam kekayaan seni yang bernilai seni tinggi dan keindahan alamnya.

Ia yang mengaku keluarga perajin perhiasan, berhasil merealisasikan karya-karya unik berupa perhiasan mewah bagi pelanggan pribadi dan juga internasional, antara lain pembuatan kompresi patung emas dan perak karya Cesar.

Di samping itu Pascal Norabito juga berkarya di bidang barang-barang mewah seperti perhiasan dari kerajinan perak, porselin, kristal, barang-barang berbahan baku kulit, jam tangan dan aksesoris lainnya.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA