19 November 2010

Pasokan Susu dari Peternak Naik 100 Persen

INDONESIA PLASA BY: TONI.S
Jumat, 19 November 2010 | 15:34 WIB

BANDUNG,

Jumlah susu yang diterima Frisian Flag dari para peternak lokal naik 100 persen dibandingkan 10 tahun lalu. Saat ini, Frisian Flag menerima hampir 400 ton susu per hari, sedangkan tahun 2000 hanya sekitar 200 ton.

Trade Marketing Director Frisian Flag Indonesia Hendro H Poedjono, seusai penyaluran dana bantuan pendidikan Berbagi untuk Maju di Sekolah Dasar (SD) Cirangrang IV, Bandung, Jumat (19/11/2010), mengatakan, pasokan susu terbesar berasal dari Jawa Barat, sekitar 250 ton per hari.

"Saat ini, di Jabar terdapat 10.000 peternak lokal yang menjadi mitra kami. Mereka tersebar antara lain di Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Subang," katanya.

Jumlah susu terbanyak disusul Jawa Timur sekitar 80 ton dan Jawa Tengah sekitar 60 ton per hari. Adapun total jumlah susu Frisian Flag yang dipasarkan sekitar 1,5 juta liter per hari dan semua disalurkan ke dalam negeri. Meski jumlah meningkat, Frisian Flag tetap tegas soal mutu susu.

"Ketentuan itu, misalnya, jika susu yang dikirim ke pabrik sudah busuk, Frisian Flag tidak membelinya. Setibanya di pabrik, suhu susu pun tidak boleh lebih dari 4 derajat celsius. Sebagai upaya meningkatkan mutu," tutur Hendro, dilakukan penelitian agar harga susu terus naik.

Jumlah kandungan bakteri pun bisa ditekan. Jika diperlukan, menurut Hendro, pihaknya bisa meminta Pemerintah Belanda untuk menyalurkan bantuan. "Kalau koperasi tidak punya alat pendingin karena mahal, misalnya, badan usaha itu diberi bantuan," kata Hendro.

Daerah-daerah dengan koperasi yang sudah menerima bantuan tersebut seperti Pangalengan dan Lembang di Jabar, serta Boyolali di Jateng. Hendro menambahkan, para peternak sapi binaan Frisian Flag yang berada di daerah-daerah sekitar Merapi tidak terkena dampak erupsi gunung itu.

"Pasokan susu masih lancar dan para peternak bersyukur karena tidak terkena dampak letusan Gunung Merapi," kata Hendro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA