4 Januari 2011

Dana IPO Megapolitan untuk Proyek Anak Usaha

INDONESIA PLASA
Selasa, 4 Januari 2011 11:14 WIB
Jakarta PT Megapolitan Developments akan melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO). Dana IPO itu akan dialokasikan untuk pengembangan proyek anak usaha dan modal kerja Perseroan.

"Dana yang diperoleh dari penawaran saham ini sebanyak 60 persen akan dialokasikan untuk pengembangan proyek yang dilakukan oleh anak perusahaan," kata Direktur Utama PT Megapolitan Developments, Melani Lowas dalam siaran tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Dengan rincian, paparnya, 36 persen akan digunakan untuk mendanai sebagian dari biaya pembangunan apartemen, lifestyle center dan hypermarket pada proyek Puri Cinere, Depok.

Dan sekitar 24 persen, lanjut dia, akan digunakan untuk mendanai sebagian dari biaya pembangunan meliputi townhouse, commercial area, shopping arcade, apartemen, rumah sakit, sekolah, dan infrastruktur pada proyek Cimandala City, Sentul.

Sementara, sisa dana 40 persen digunakan untuk pengembangan proyek perumahan dan komersial, kantor, sarana dan prasarana penunjang serta modal kerja perseroan lainnya.

Dengan rincian 15 persen akan digunakan untuk pembangunan perumahan Tatya Asri, Sentul, 5 persen digunakan untuk pembangunan perumahan di Graha Cinere Depok.

Sekitar 8 persen untuk pembangunan ruko di Tatya Asri Sentul, dan 4 persen untuk pembangunan club house di Tatya Asri Sentul, dan sekitar 8 persen untuk modal kerja Perseroan antara lain untuk biaya karyawan dan biaya utilities.

Senior Vice President Investment Banking PT Henan Putihrai Eban S. Banowo selaku penjamin pelaksana emisi mengatakan, Megapoitan Developments mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 3,7 kali pada saat masa penawaran awal (bookbuilding)

"Harga akhir penawaran saham ditetapkan Rp250 per saham dengan nilai nominal Rp100 per saham. Dengan penetapan harga tersebut, total dana yang dihimpun oleh Megapolitan menjadi Rp212.5 miliar," katanya.

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) secara resmi telah memberi pernyataan efektif kepada PT Megapolitan Developments untuk melakukan IPO pada 31 Desember 2010.

PT Megapolitan Developments Tbk merupakan perusahaan pengembang kawasan properti yang telah berdiri sejak tahun 1976. Megapolitan merupakan pelopor dibukanya kawasan hunian di Cinere, Depok dan beberapa proyek di daerah kawasan strategis Mega Kuningan yaitu The Bellagio Residence.

Saat ini Megapolitan juga tengah mengembangkan proyek lain di Cinere-Depok, Karawaci-Tangerang dan Sentul-Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA