4 Januari 2011

Indonesia Targetkan 7,7 Juta Wisman Tahun Ini

INDONESIA PLASA

Senin, 3 Januari 2011 18:25 WIB

Indonesia Targetkan 7,7 Juta Wisman Tahun Ini
Jakarta

Pemerintah menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia tahun ini 7,7 juta orang atau 10 persen lebih banyak dibanding 2010.

"Target 2011 dinaikkan dari 2010 yang sebesar tujuh juta wisman dengan devisa yang masuk dari belanja mereka sekitar 6,5 miliar dolar AS," kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik usai konferensi awal tahun di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Senin.

Jero Wacik menyebutkan, dari kunjungan 7,7 juta wisman itu diharapkan devisa yang diperoleh dari belanja wisman di Indonesia sekitar 8,5 miliar dolar AS.

Ia menyatakan optimistisnya bahwa target itu akan tercapai karena didukung oleh beberapa faktor terutama keamanan yang terjaga dan persepsi dunia luar terhadap Indonesia yang positif.

"Promosi di berbagai negara menunjukkan persepsi mereka terhadap Indonesia bagus. Kalau target ini tercapai berarti akan mencatat rekor baru lagi," katanya.

Ia juga mengatakan, selama 2011, Indonesia akan menggelar sekitar 600 event berskala internasional yang dapat dimanfaatkan untuk menarik kunjungan wisman.

"Kami berusaha mendistribusikan berbagai event ini ke berbagai daerah dan mereka (daerah) menyatakan siap," katanya.

Jero Wacik yakin bahwa perkembangan pariwisata di Indonesia 2011 menunjukkan perkembangan positif.

"Salah satu indikatornya adalah saat tahun baru, laporan dari berbagai daerah menunjukkan perkembangan baik. Tidak ada kejadian kriminalitas yang signifikan. Ini indikator bagus," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA